Ford Indonesia Laporkan Penjualan Q2 2011

14 Juli 2011. Lagi, PT Ford Motor Indonesia (FMI) bikin acara pertemuan dengan kalangan media termasuk SL.com. Pertemuan kali ini dengan topik “Ford Q2 Media Roundtable” bertempat di Smoking Joe’s BBQ & Lounge, East Tower Mega Kuningan, Jakarta (14/7). Ya, pertemuan ini adalah soal laporan kinerja penjualan PT FMI yang cukup menggembirakan di Indonesia. 

Dalam presentasi singkat yang disampaikan oleh Will Angove selaku President Director PT Ford Motor Indonesia bahwa hasil penjualan Ford selama kuartal kedua bulan April–Juni 2011 merupakan hasil yang terbaik dengan penjualan ritel secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 194 persen.  Angka ini dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2010 lalu, menjadi 4,505 unit.

Penjualan kuartal kedua dari PT Ford Motor Indonesia yang bagus ini karena didukung oleh kesuksesan penjualan All-new Ford Fiesta yang terus berlanjut, serta kuatnya penjualan dari seluruh lini kendaraan Ford, dengan masing-masing jenis kendaraan mencatat kenaikan hingga dua digit.

FMI menyelesaikan kuartal kedua 2011 ini dengan mencatatkan penjualan pada bulan Juni sebagai penjualan bulanan terbaik kedua yang mengalami peningkatan hingga 160 persen dibandingkan dengan tahun lalu menjadi 1,554 unit.

Kesuksesan yang terus berlanjut ini memberikan dukungan kepada Ford dalam meraih peningkatan pangsa pasar secara keseluruhan di bulan Juni sebesar dua kali lipat dibandingkan dengan setahun yang lalu, menjadi 2,2 persen. Sebagai catatan, total penjualan Ford untuk semester pertama 2011 mencatat angka 7,642 unit.

Sukses Ford Fiesta Terus Berlanjut

Ford Fiesta yang terkemuka secara global ternyata mampu melanjutkan keberhasilannya yang luar biasa di Indonesia dengan mencatat pejualan sebesar 713 unit pada bulan Juni, hal ini merupakan bulan ke-empat dimana Fiesta terus memecahkan rekor penjualan bulanannya dan menutup kuartal kedua dengan total penjualan sebesar 1,932 unit.

Will Angove, President Director PT Ford Motor Indonesia bersama Ford Fiesta @Gandaria City 9/6/11

Adapun total penjualan khusu Ford Fiesta selama semester pertama 2011, tercatat dengan angka 3,302 unit. Sukses penjualan ini didorong oleh model Fiesta yang memikat konsumen, baik dari model, desain, teknologi, dan warna yang ditawarkan. Selain itu, PT FMI bersama seluruh jaringan Ford secara konsisten menggelar event-event road show, antara lain Ford Fiesta Celebration secara serentak di berbagai shopping mall ternama.

Fiesta yang terus menerus meraih penghargaan kembali memenangkan dua penghargaan bergengsi pada kuartal kedua ini, dengan dinobatkannya Fiesta sebagai ‘Debut Car of the Year’ dalam Frost & Sullivan Indonesia Automotive & Transportation Awards 2011 serta “Rookie of the Year” dari majalah Otomotif dalam penghargaan tahunan mereka.

“Kesuksesan Ford Fiesta yang luar biasa benar-benar mendorong transformasi brand kami sebagaimana Fiesta terus memikat hati konsumen di Indonesia dengan sejumlah cara yang berbeda. Sebagai yang terdepan di kelasnya, Ford Fiesta telah menetapkan sebuah standar baru dalam hal desain, kualitas, keamanan, efisiensi bahan bakar dan teknologi canggih yang diharapkan oleh masyarakat dari sebuah mobil kecil,” ungkap Will Angove.

Kekuatan Penjualan Ford Ranger, Everest, Escape & Focus

Rekor penjualan kuartal yang diraih oleh FMI juga didukung oleh kuatnya penjualan diseluruh lini kendaraan Ford. Terutama dari pencapaian Ford Ranger yang handal dan terpercaya, yang tetap menjadi best-selling FMI selama kuartal kedua dan mencatatkan penjualan kuartal Ford Ranger terbaik kedua yang pernah diraih dengan mengalami kenaikan penjualan sebesar 75 persen dari tahun lalu, menjadi 1,962 unit di kuartal kedua ini.

Ford Everest mencatat kuartal kedua sebagai salah satu penjualan kuartal terbaiknya dengan meraih lonjakan penjualan sebesar 58% menjadi 482 unit. Ford Escape dan Ford Focus juga memberikan kontribusi pada rekor kuartal kedua ini dengan penjualan masing-masing meningkat sebesar 15% dan 76%.

Ford Ranger dan Ford Focus TDCi juga mendapatkan pengukuhan dari Otomotif awards sebagai yang terbaik di kategori masing-masing: Ranger pada kategori ‘Mid Pickup’ dan Focus TDCi untuk kategori ‘Diesel Hatchback’.

“Kami telah mengalami setengah tahun pertama yang luar biasa, rekor kuartal kedua ini dapat dicapai berkat kerja keras dari seluruh tim FMI. Kami berharap momentum ini dapat terus berlanjut sebagaimana kami juga akan terus melanjutkan pencapaian rencana One Ford kami, menumbuhkembangkan bisnis kami, dan selalu meningkatkan pengalaman layanan pelanggan kami yang terdepan,” lanjut Will Angove.

Jaringan Dealer Ford Terus Bertambah

FMI juga terus memperluas jaringan dealer Ford selama kuartal kedua dengan membuka Ford Pemuda di Rawamangun, Jakarta, yang menambahkan jumlah dealer resmi Ford secara nasional menjadi 35 dealer. Hingga akhir tahun 2011 ini, FMI berencana akan membuka dealer Ford baru di Cirebon, Kudus, Batam, Tegal, Tangerang, Bekasi, dan Cibubur.

Dalam pertemuan dengan kalangan media ini dan turut hadir menemani Will Angove, yakni Bagus Susanto selaku Sales & Marketing Director PT Ford Motor Indonesia dan Lea Indra selaku Communications Director PT Ford Motor Indonesia.

Ford Ramaikan IIMS 2011

Oh ya.. Ford sudah menyiapkan 5 mobil terbaru untuk lima tahun kedepan. Kabarnya ada dua unit baru untuk tahun 2012 yang siap dijual di Tanah Air. Nah, bagaimana pula untuk ajang pameran Indonesia International Motor Show 2011 ini? Yang pasti PT FMI bakal meramaikan pameran bergengsi ini dan buka selubung sebuah mobil yang paling anyar. Silahkan datang sendiri ke IIMS 2011 dari tanggal 23 Juli s/d 31 Juli 2011.

Leave a Reply