Rafid Topan Sabet Kelas Underbone 115cc

13 Juni 2011. Pembalap muda Indonesia Rafid Topan Sucipto (17 tahun) yang bergabung dengan Yamaha CKJ TJM Racing Team, menyapu bersih podium juara di kelas “Underbone 115 cc Asian Road Racing Championship” putaran kedua di Sirkuit Sentul kemarin (12/6). Topan, siswa SMK Kencana I Tanjung Priok tersebut menjuarai dua race berturut-turut sekaligus mencetak angka sempurna 50.

Di race pertama, Topan tampil cerdik dengan tidak terlibat dalam pergumulan para pebalap lainnya dalam 10 lap yang dilangsungkan. Topan menunggu momentumnya saat lap terakhir dengan menyodok ke depan mencapai garis finish tercepat. Topan berhasil mengungguli seniornya, Hadi Wijaya dan Owie Nurhuda.

Sementara di race kedua, dengan perhitungan yang matang, Topan selepas start langsung jauh meninggalkan lawan-lawannya.

Menanggapi kemenangan ini, Rudi Widjaya, pemilik TJM Racing menyatakan, Topan kini semakin memperlihatkan peningkatannya dalam berstrategi.

”Di balap Underbone, strategi balap sangat menentukan untuk bisa lepas dari kepungan pebalap lainnya. Dan Topan sekarang sudah bisa melakukan tersebut dan tentunya didukung oleh skill dia serta racikan mesin dan kru mekanik tim yang prima,” ujar Rudy.

Ditambahkan Rudy, kematangan Topan salah satunya dari hasil pengalaman balapnya yang terus bertambah di level kejurnas hingga internasional seperti halnya saat dia menjuarai Malaysian Super Series bulan lalu di Sepang dengan menggunakan Supersport 600.

Hasil di seri kedua ini mengantarkan Topan menduduki puncak klasemen sementara dengan poin 75, disusul pebalap Malaysia Shahrill Izzuwan Md Noor dengan nilai 58 dan Hadi Wijaya di urutan ketiga dengan poin 46. Topan juga mencetak rekor baru di Sentul dimana pada saat babak kualifikasi mencatat waktu fantastis 1:57.531 detik.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply