Total Solution Dari Panasonic

16 April 2011. Kemarin siang (Jumat 16/4) SL.com memenuhi undangan PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) dalam rangka mengetahui lebih lengkap kondisi pasar, pencapaian, kinerja, target dan produk unggulan PT PGI selama tahun 2011. Singkat kata, SL.com melihat presentasi kinerja perusahaan selama tahun 2011 yang sekaligus peluncuran produk baru dari Panasonic Indonesia. 

Memang sih, kalau kita melihat dekade terakhir, industri produk elektronik telah mengalami banyak perubahan. Lihat saja disekitar kita, hampir setiap rumah sudah memiliki televisi, fasilitas internet, handphone, camera, camcorder, dan belum lagi alat-alat elektronik rumah tangga lainnya. Oleh karena itu, PGI sebagai salah satu industri elektronik pasti mengalami tingkat pergerakan yang pesat, terkait dengan inovasi teknologi dan daya beli masyarakat.

Industri elektronik kini menjadi salah satu motor penggerak perekonomian di berbagai negara, ternasuk negara Indonesia sebagai negara berkembang membutuhkan fasilitas elektronik modern. Menurut catatan PT PGI, bahwa produk elektronik di Indonesia memiliki performa yang balk. Hal ini terindikasi dari nilai penjualan yang selalu meningkat setiap tahunnya.

Berdasarkan data hasil riset Growth from Knowledge (GfK), sepanjang tahun 2010, pasar elektronik di Indonesia mencatat pertumbuhan sekitar 17 persen di banding tahun 2009 dengan penjualan mencapai senilai Rp 83 triliun. Pertumbuhan industri manufaktur untuk produk elektronik juga meningkat, dari minus 2,9% melonjak menjadi 10,4% di awal 2010 dan mencapai posisi tertinggi pads kuartal kedua 2010.

Yang pasti industri elektronik ini diprediksi akan terus mengalami pergerakan positif seiring dengan kemajuan teknologi, pertumbuhan ekonomi, dan perubahan gaya hidup masyarakat yang membutuhkan aneka ragam fasilitas elektronik yang canggih dan modern.

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI), sebagai salah satu pemimpin pasar produk-produk elektronik di Indonesia ikut menangguk pergerakan positif tersebut. “Pada periode 2008-2010, PGI mencapai kenaikan penjualan di atas rata-rata industri sebesar 28%. Untuk tahun 2011 ini, PGI menargetkan pertumbuhan sebesar 32 persen,” demikian ungkap Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia, Ichiro Suganuma melalui presentasi dalam acara press-conference di Ballroom Ritz Carlton Hotel Pacific Place, SCBD (Sudirman Central Business Distric), Jakarta.

Target tersebut, ungkap Ichiro, optimis dapat dicapai mengingat adanya kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan Panasonic dari sisi riset dan pengembangan teknologi produk-produk elektronik yang ramah lingkungan. Pencapaian target ini didukung dengan jumlah service center PGI yang telah mencapai 37 dan kantor cabang yang akan terus bertambah di tahun ini guna mendekatkan diri kepada masyarakat.

Saat ini PGI telah memainkan peran penting sebagai partner masyarakat dalam menghadirkan kemudahan di rumah dan mendukung gaya hidup modern yang ramah lingkungan. Di tahun 2011-2012, PGI akan menghadirkan konsep Total Solution dengan produk andalannya antara lain AC, Viera, kulkas, mesin cuci, lumix, dan lampu.

Khususnya penjualan Viera di tahun 2010 tumbuh diatas 200% dan Lumix tumbuh sebesar 117% dibandingkan tahun 2009. Ichiro Suganuma menambahkan atas peyakinan perusahaan di tahun 2011, antara lain disebutkan bahwa “penjualan Flat TV Panasonic akan terus tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu kami bertekad untuk menjadi leader di pasar Flat TV di Indonesia pada tahun 2012,” jelas Ichiro.

Selain Ichiro, ikut pula pejabat tinggi PT PGI lainnya memberikan presentasi, termasuk Motoki Nakatama, General Manager Marketing Asia Pacific yang secara khusus hadir dan memaparkan beberapa grafik pertumbuhan produk Panasonic ditingkat ASEAN dan ASIA PACIFIC.

Pada bagian penutup acara press conference Panasonic, ikut diperkenalkan produk terbaru Panasonic dari model televisi 3D VIERA, antara lain VT series, ST series dan UT series.

Full HD 3D VIERA–VT 30 Series hadir dengan keindahan gambar yang lebih tajam dan dilengkapi dengan Viera Connect. Dengan fitur Viera Conncet, layanan jaringan sosial, komunikasi, hiburan, informasi kesehatan dan berbagai aplikasi untuk mendownload permainan dapat menikmati dengan mudah dan nyaman. Info lengkap tentang Full HD 3D VIERA-VT 30 ini akan dipaparkan dengan artikel terpisah.

Sementara itu, di ruangan product display terlihat beberapa seri terbaru Camera LUMIX, antara lain Lumix Seri DMC-S, FH, FP, FX, FT dan TZ yang juga ikut dipamerkan. Kamera Lumix DMC TZ20, adalah Compact Camera yang memiliki Optical Zoom hingga 16 X yang dilengkapi dengan lensa 24 mm Ultra Wide-Angle LEICA DC VARIO-ELMAR dan cocok bagi para traveller.

Produk terbaru Panasonic tersebut diatas merupakan “total solutions Panasonic” untuk menciptakan gaya hidup ramah lingkungan (eco life-style). Misalkan, Full HD 3D Neo Plasma memiliki daya tahan hingga 100 ribu jam atau 30 tahun, hemat energi serta terbuat dari material bebas timbal dan merkuri sehingga mudah untuk didaur ulang. Hal ini selajan dengan visi 100 tahun Panasonic Corporation untuk menjadi No. 1 GREEN INNOVATION COMPANY di tahun 2018 mendatang.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply