DAIMLER Donasi 50 Bus & Truck Ke Jepang

14 April 2011. Nggak cuma bikin pesta charity, tapi yang lebih penting adalah bikin aksi lansung dan nyata. Nah, buktinya tak lama setelah gempa bumi dan tsunami mengguncang Jepang, Daimler langsung kasih bantuan darurat dalam bentuk dana donasi sebesar 2 juta Euro. Daimler juga mengirimkan 50 unit kendaraan senilai 4 juta Euro kepada Nippon Foundation. 

Nippon Foundation adalah sebuah organisasi keselamatan bencana berkantor pusat di Tokyo, guna mendukung proses pemulihan pasca bencana. Kendaraan-kendaraan tersebut akan dipergunakan sebagai unit pendukung dan operasi pemberishan di timur laut Jepang yang menjadi bagian paling parah terkena dampak tsunami.

Anggota dewan manajemen Daimler AG yang menangani Daimler Truk dan Daimler Bus Andreas Renschler mengatakan, “Ketika kami melihat-gambar-gambar kondisi di Jepang, kami segera menyadari bahwa kita harus menolong penduduk setempat, hampir 13.000 karyawan kami di Jepang, dan Pemerintah Jepang secepat mungkin dengan peralatan berat dan beragam bantuan material lainnya”.

“Kami senang dengan langkah-langkah pertolongan yang kami berikan dapat meringankan beban masyarakat Jepang. Keberadaan Daimler di tingkat global merupakan sebuah keuntungan bagi kami di sini, karena kita bisa mengakses truk-truk Fuso yang diproduksi secara lokal dalam waktu singkat, selain tentunya kami juga mengirim truk-truk Mercedes-Benz dan G-Class ke Jepang,” tambah Andreas.

CEO dan Presiden Fuso dan perwakilan Daimler Group di Jepang Albert Kirchmann menyatakan, “Sebagai perusahan yang beroperasi dalam wilayah global, kami ikut merasakan Jepang sebagai rumah sendiri, dan kami ingin berpartisipasi dalam tindakan penyelamatan dan bantuan usai bencana gempa bumi dan tsunami. Saya bangga bahwa kami dapat menyerahkan 50 unit kendaraan Mercedes-Benz dan Fuso yang dibutuhkan kepada Nippon Foundation dalam waktu singkat. Dengana cara ini kita bisa membantu percepatan pemulihan infrastruktur.”

Pimpinan Perusahaan Mitsubishi Fuso Truk dan Bus Takao Suzuki menambahkan, “Daimler dan MFTBC selalu memiliki ikatan yang kuat selama bertahun-tahun dalam kolaborasi Jerman-Jepang yang telah membuktikan nilainya. Saat kami menghadapi masa-masa paling sulit seperti sekarang ini, kami senang bahwa kami memiliki mitra seperti Daimler di sisi kami, yang seperti diketahui bersama dapat memberikan berbagai bentuk bantuan keuangan dan kendaraan dengan cepat.”

Sementara itu, Kepala Mercedes-Benz Japang Co., Ltd (MBJ) mengatakan, “Mercedes-Benz telah memiliki hubungan erat dengan Jepang dan MBJ sebagai bagian dari masyarakat Jepang yang memiliki tanggung jawab. Lewat penghargaan yang tinggi dan bentuk apresiasi kepada masyarakat Jepang yang telah mendukung kami selama bertahun-tahun, kami bertekad akan mengatasi kesulitan dalam kebersamaan dan melakukan apa yang bisa kita lakukan untuk membantu upaya pemulihan.”

Selanjutnya, Mercedes-Benz Jepang dan Mercedes-Benz Finance akan memberikan sebagian keuntungan untuk didonasikan kepada Palang Merah Jepang.

Daimler percaya bahwa situasi ini memanggil lantaran keahlian kami di bidang mobilitas transportasi. Kondisi itulah yang mendasari Daimler memberikan dukungan 50 unit kendaraan buatan Mercedes-Benz dan Fuso. Dari sejumlah unit tersebut, termasuk di antaranya delapan unit truk Mercedes-Benz Zetro, empat unit Mercedes-Benz Unimog, dan delapan unit kendaraan segala medan Mercedes-Benz G-Class. Sebanyak 30 unit truk dari Fuso Center di Jepang juga termasuk dalam bagian itu.

Seluruh kendaraan akan dilayani di Jepang melalui perwakilan-perwakilan layananan bengkel Mercedes-Benz dan Fuso. Untuk kendaraan Mercedes-Benz akan mulai dikirim besok (13 April 2011) melalui Bandar Udara Stuttgart dalam dua pesawat kargo tipe Antonov-124. Seluruh 50 kendaraan diharapkan akan mulai beroperasi di daerah bencana paling lambat dalam dua minggu ke depan.

Berkat kemampuan daya angkut tinggi, kendaraan Mercedes-Benz dan Fuso sangat ideal sebagai alat distribusi material bantuan dan operasi pembersihan. Dan, karena kelincahan yang sangat tinggi, serta memiliki performa baik di lintasan off-road, kendaraan-kendaraan dapat melakukan pekerjaan maksimal di semua lokasi.

Badan Pekerja Umum serta komite eksekutif Daimler secara bersamaan juga telah mengorganisir kampanye pengumpulan dana untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Jepang. Sejauh ini dari seluruh karyawan telah terkumpul dana lebih dari setengah juta Euro hasil sumbangan lebih dari 10.000 tenaga kerja di Jerman. Seluruh dana hasil sumbangan ini kemudian akan diteruskan ke Palang Merah Jepang.

Please follow and like us:

Leave a Reply