AFMOS Afandi Motor Sport Spesialis Yamaha V-Xion

2 Mei 2011. Kisah orang sukses memang punya latar belakang yang berbeda. Nah, yang satu ini perlu disimak, dari seorang pengguna motor Yamaha V-Xion bernama Bro Afandi punya pengalaman ketidak-puasan sewaktu service motor Yamaha V-Ixion di salah satu bengkel resmi Yamaha. Cerita selanjutnya apa yang terjadi gara-gara ia tidak puas dengan bengkel Yamaha? 

Dari pengalaman buruk yang dialami oleh Bro Afandi, maka ia pun mencoba sendiri untuk melakukan servis motornya dengan kemampuannya sendiri. Dengan bekal kemampuannya yang di peroleh saat ia bekerja sebagai mekanik mobil, maka tunggangan kesayangan Yamaha V-Ixion ikut pula mendapat perawatan khusus layaknya sebagai ayah yang merawat puteranya.

Itulah asal muasal berdirinya bengkel khusus Yamaha V-Ixion, Afandi Motor Sport (AFMoS), yang terletak di Jl. Kangkung No. 12 Kebayoran Lama, Jakarta-Selatan. Bro Afandi yang dulunya pernah bekerja sebagai mekanik mobil, maka saat ini ia sudah bisa memproduksi aftermarket parts guna meningkatkan performa mesin V-Ixion nya. Akhirnya dari bengkel ini terciptalah produk GP Filter dan Air Injection (AI) untuk Yamaha V-Xion.

Afandi Motor Sport (AFMoS) di Jl. Ciledug Raya No 58B,  Jakarta-Selatan

Di akhir tahun 2009, Bro Afandi terus mendalami dunia motor dengan memanfaatkan lahan kosong dekat rumahnya di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta. Meski berprofesi sebagai mekanik, dirinya sebenarnya tidak terlalu “gaptek” dengan dunia digital. Ia cukup rajin browsing di internet hingga akhirnya menjadi seorang konsultan di forum Yamaha V-Ixion Club Indonesia (YVCI).

Di forum YVCI tersebut Bro Afandi mulai mempromosikan produknya (GP Filter dan AI), dan dapat respon positif dari para peselancar forum YVCI, tak sedikit pula banyak konsumen atau pemilik Yamaha V-Xion menyerahkan motornya untuk digarap oleh Bro Afandi.

“Seiring dengan bertambahnya pasien, tetangga sekitar rumah sebenarnya rada marah karena kegiatan bengkel ini berisik. Bengkel terpaksa saya pindahkan ke Pasar Motor (Pamor) Kebayoran. Namun berhubung adanya permasalahan dengan manajemen yang berakibat Pamor ditutup, maka sayapun pindah lagi ke jalan Ciledug Raya No 58B di Petukangan Utara (samping Pool taksi Ratax),” jelas Afandi yang akhirnya sudah meninggalkan pekerjaan lamanya.

Bro Afandi

Bengkel yang diberi lebel sebagai Afandi Motor Sport (AFMoS) lebih memfokuskan diri dalam menangani masalah seputar Yamaha V-Ixion.

“Sebenernya bisa aja saya mengerjakan untuk merek lain, tapi saya lebih fokus ke motor Yamaha V-Ixion saja dulu. Lagi pula pasien saya kebanyakan dari teman-teman dari YVCI,” tambahnya yang juga ikut bergabung bersama YVC pada bulan Februari 2010 lalu.

Pelayanan yang diberikan bengkelnya ini cukup variatif, seperti service rutin hingga peningkatan performa. “Semua tergantung konsumen. Mau perawatan rutin atau tune up hingga peningkatan performance kita bisa layani,” ungkapnya.

Bagi konsumen yang ingin akselerasi V-Ixion nya meningkat, AFMoS akan menambahkan part Air Injection dan GP Filter. Menurutnya kedua part ini mampu meningkatkan akselerasi V-Ixion paling tidak hingga 20–25 persen. Tapi kalau mau nambah tenaga kudanya, AFMoS pun siap memuaskan keinginan pasiennya.

Seperti yang sudah dilakukan pada Yamaha V-Ixion milik salah satu pasien tetapnya, yang diubah kapasitasnya menjadi 165 cc dan penambahan tenaga hingga 7 dk. Biaya yang harus dikeluarkan konsumen, tergantung dengan pekerjaan dan part yang akan digunakan.

Untuk service rutin, Afandi hanya mengenakan biaya sebesar Rp 75 ribu pada servis pertama, selanjutnya cukup Rp 50 ribu saja dan untuk servis besarnya kena biaya sebesar Rp 400 ribu. Namun untuk produk GP Filter, Afandi membandrol seharga Rp 120 ribu hingga Rp 200 ribu dan ini tergantung dari jenis motor yang digunakan, karena GP Filter dapat juga digunakan untuk jenis motor manapun. Sementara Air Injection (AI), Afandi membandrolnya dengan Rp 385 ribu dan ini sudah termasuk biaya pemasangan.

“Satu hal lagi jika mau datang ke bengkel sebaiknya telpon dulu karena kadang saya belum datang biasanya sih saya buka dari jam 12 siang – 12 malam tapi saya juga bersedia lembur hingga jam 3 pagi jika Bule (asistenya) tidak ngantuk,” canda bro Afandi.

Afandi Motor Sport, Jl. Ciledug Raya No. 58B Jakarta Selatan  Hp. 0878 8008 1119. Website: www.afmos.net

 

Please follow and like us:

5 thoughts on “AFMOS Afandi Motor Sport Spesialis Yamaha V-Xion

  1. setelah pasang air injection yang harus disetting apanya bro ?

  2. alamat masih sama gan?

  3. Thanx bro afandi atas info yg diberikan via line

  4. Kalo vixion udah make fairing ente nerima gak gan?

  5. Mas affandi,,,
    Terima ganti karet kopling vixion gk..?
    Vixion saya sudah bunyi duk duk

Leave a Reply