Sekitar Bangkok Thailand

421791_298154733574685_696604488_n
7 April 2011
. Foto dihalaman ini merupakan hasil jepretan SL.com sewaktu visit ke Bangkok Thailand jalan bersama wartawan otomotif Indonesia. Acara yang digelar oleh PT Ford Motor Indonesia (FMI) ini memang dimaksudkan untuk melihat langsung peluncuran mobil terbaru All-New Ford Ranger di Shangri-La Hotel Bangkok Thailand pada hari Rabu (23/4/11).

Setelah mengikuti rangkaian acara Ford yang sudah diatur, ternyata ada juga acara bebasnya, artinya ada agenda untuk pergi ke salah satu shopping mall di pusat kota Bangkok. Hanya saja SL.com tetap jalan dalam grup, namun ketika sudah berada di sekitar shopping area Siam. Sudah tentu grup terbagi-bagi menjadi 2-3 orang agar masing-masing jadi lebih leluasa sesuai dengan seleranya.

Singkat cerita kota Bangkok sebagai Ibukota Thailand, terasa masih jauh lebih baik dari pada Ibukota DKI Jakarta.

Yang pertama, soal pentingnya sarana transportasi dimana SL.com merasakan “kereta layang” atau skytrain yang sudah modern. Sementara itu di Jakarta masih mengandalkan busway yang lebih sering kena macet. Sedangkan skytrain, adalah kereta pengangkut penumpang yang punya jalur diatas jalan raya, dan rutenya keliling kota Bangkok dengan jumlah gerbong atau kapasitas penumpang yang banyak.

Di Jakarta, harusnya pembangunan transportasi monorel dilanjutkan, tapi ironisnya proyek monorel tersebut cuma sampai tiang pancang.

Jangan bandingkan terminal skytrain Bangkok dengan stasiun KA Gambir ataupun Stasiun KA Manggarai. Intinya perbandingan ini sangat tidak seimbang, Jauh sekali perbandingannya. Silahkan dilihat dari foto-foto yang ada di halaman ini, biarlah foto yang bicara dengan sendirinya.

Bicara soal kemacetan, ya sama saja. Sebagai ibukota negara Thailand, kota Bangkok tetap saja padat dan ada banyak titik-titik kemacetan. Tapi, buat warga Thailand tidak terlalu panik soalnya di kota Bangkok sudah ada transportasi skytrain (lihat foto diatas). Jadi, masalah kemacetan sudah ada solusinya dengan transportasi skytrain. Bicara soal jumlah sepeda motor tak sebanyak dengan kota Jakarta.

Kalaupun mau menggunakan jalan tol, terlihat masih jauh lebih lancar jika dibandingkan dengan Jakarta. Pasalnya lebar jalan tol sangat memadai, dan juga jumlah flyover sangat banyak. Dengan demikian kemacetan dapat terurai karena akses jalan yang lancar. Silahkan dilihat sendiri foto kondisi  jalan tol di seputaran Bangkok di halaman ini.

Yang menarik adalah melihat transportasi sungai, ternyata warga Bangkok benar-benar memanfaatkan sarana transportasi sungai dengan kapal boat atau kapal penumpang ukuran sedang. Hal ini terlihat jelas oleh SL.com dari kamar tidur Shangri-La Hotel, yang memang bersebelahan dengan sungai lumayan cukup lebar. Ngga percaya, silahkan klik view Shangri-La Hotel Bangkok ini.

Hampir setiap lima menit terlihat kapal boat penumpang melintasi Chao Phraya River. Nah, yang satu ini beda dengan Jakarta, dimana sungai-sungai di Jakarta sama sekali tidak dimanfaatkan sebagai akses transportasi.

Demikain pengalaman SL.com sedikit tentang Bangkok.

ALBUM PHOTO

One thought on “Sekitar Bangkok Thailand

  1. tigerpiceks says:

    wahahaha… makasih om …. foto2nya bikin kangen bangkok lageeee wakakakakak

Leave a Reply