Michelin Resmikan PT Michelin Indonesia

6 April 2011. Pabrikan ban asal Perancis yang pernah terkenal sebagai pemasok ban tim balap MotoGP dan Formula One secara resmi umumkan PT Michelin Indonesia disaksikan oleh wartawan otomotif termasuk SL.com sebagai undangan. Acara peresmian PT Michelin Indonesia tersebut berlangsung di Shangri-La Hotel, Jakarta tadi siang (6/4/11). 

Secara produk, brand, maupun logo Michelin memang sudah sering terlihat di berbagai bengkel ban terkenal di Indonesia. Selama ini produk ban Michelin memang didatangkan oleh importir ban Sinar Baru yang kemudian didistribusikan ke banyak outlet yang sudah tersebar diseluruh Indonesia.

Nah, kehadiran perusahaan PT Michelin Indonesia yang sudah punya staff sebanyak 40 orang dan berkantor di Wisma Pondok Indah 2 Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V-TA, Jakarta 12310, diharapkan akan mampu melakukan langkah strategis perusahaan yang menguntungkan, dan tentunya akan mengembangkan penjualan ban merek Michelin di Tanah Air.

Alasan utama Michelin membuka kantor resmi di Indonesia, dan ini bukan lagi sebagai representative office, adalah untuk memenuhi trend permintaan ban radial di Indonesia yang menjadi salah satu keunggulan produk Michelin secara global. Selain itu, adalah waktu yang tepat bagi Michelin saat ini hadir di Indonesia karena pertumbuhan produksi kendaraan yang mencapai lebih dari 70% sepanjang 3 tahun terakhir seiring dengan infrastruktur transportasi.

Managing Partner Michelin Group, Mr. Jean-Dominique Senard

“Indonesia merupakan salah satu negara yang cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan negara lain di kawasan ASEAN, kami berharap dapat menjadi bagian dari masa depan industri otomotif Indonesia dengan menyediakan produk ban berkelas dunia,” ujar Managing Partner Michelin Group, Mr. Jean-Dominique Senard asal Michelin Perancis yang secara khusus datang ke Indonesia untuk acara peresmian PT Michelin Indonesia.

Peresmian cabang ini pun akan membuat Michelin semakin dekat dengan konsumen Indonesia yang mana sebagian masyarakat Indonesia sudah mengenal nama brand Michelin sejak lama.

“Dengan peresmian kantor kami yang baru di Indonesia (red=PT Michelin Indonesia), hal ini menandakan pencapaian Michelin di Asia Tenggara, sehingga memungkinkan kami untuk mempercepat perkembangan brand kami di Indonesia. Kami ingin membangun kerjasama dengan lebih dari 50 dealer yang profesional, serta memperkuat relasi dengan jaringan dealer,” tambah Mr. Senard.

Dalam acara tanya jawab dengan wartawan, Mr. Senard tidak bicara sendirian, ia didampingi oleh Mr. Frederic Patrice VINCENT selaku Managing Director Southeast Asia & Oceania Michelin Siam Co. Ltd yang berkantor di Bangkok Thailand. Selain itu hadir juga Mr. Jean Pierre KOPP selaku Country Director PT Michelin Indonesia. Sebagai penterjemah dibantu oleh Nora GUITET dari Indonesian French Chamber of Commerce and Industry.

Mr. Jean-Dominique Senard diapit oleh Mr. Frederic Patrice VINCENT (kiri) dan Mr. Jean Pierre KOPP (kanan)

Belakangan diketahui bahwa ban Michelin yang selama ini beredar di Indonesia, maupun penjualan untuk tahun mendatang, semuanya diproduksi dari negara Thailand. Sebagai catatan, bahwa fokus utama penjualan ban Michelin di Indonesia untuk pangsa pasar ban alat berat mining truck & heavy equipment, serta commercial light truck. Hal ini diakui oleh Mr. KOPP bahwa klien terbesar Michelin di Indonesia antara lain PT Trakindo Utama, PT Buana Niaga Nusajaya, dan Mileria Nauli International.

Terus bagaimana dengan pasokan atau penjualan untuk kendaraan penumpang pribadi, apakah Michelin jualan ke pabrikan ATPM, jualan ban roda dua, atau after market sales? Apakah Michelin mau kearah sana?

ALBUM PHOTO

2 thoughts on “Michelin Resmikan PT Michelin Indonesia

  1. […] Indonesia sebagai perusahaan PMA (penanaman modal asing) baru dibuka pada tahun 2011 yang lalu (artikel launching PT Michelin Indonesia). Jadi, tak heran jika Indonesia memang baru pertama kali ikut serta dalam program MPE ini.Acara […]

  2. […] Melalui sosok bernama Bayu tersebut, MI kini memiliki kekuatan penjualan ritel ban sepeda motor, dimana sebelumnya PT MI hanya berfokus pada penjualan ban kendaraan roda empat dan ban commercial truck/bus. Sebagai catatan bahwa PT MI resmi hadir untuk publik Indonesia dimulai pada tanggal 6 April 2011 (artikel ini). […]

Leave a Reply