Sekilas Spek Suzuki Hayate 125

2 April 2011. Dari foto disamping ada dua spek yang bisa diulas, yang pertama spek motor Suzuki Hayate 125 dan kedua tentang spek model (artikel terpisah). Sesuai video dan presentasi yang dipaparkan jajaran direksi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di acara jumpa pers hari Kamis (31/3) ada beberapa hal yang perlu diketahui khalayak ramai soal motor baru Suzuki Hayate 125. 

Yang pertama kenapa Suzuki Hayate 125 harus menggantikan Suzuki Skywave 125? Ada apa dengan skutik Skywave? Padahal secara spesifikasi mesin dan sasis tak jauh berbeda. Selain itu nama Skywave 125 kan sudah familiar di telinga orang Indonesia.

Press Conference Suzuki Hayate 125 di Suzuki Sunter @Kamis 31/3/2011

“Memang sih buat sebagian besar dari masyarakat Indonesia nama Skywave (baca=skaiwev) sudah cukup familiar. Tapi buat kebanyakan orang, nama Skywave tadi agak susah dilafalkan oleh banyak daerah. Malah bisa dipelesetkan jadi Skaiwif,  Skewef. Nah, dengan nama Hayate jadi lebih mudah diucapkan oleh orang Indonesia,” jelas Setiawan Surya, GM Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Kemudian apa arti nama nama Hayate? “Hayate itu menggambarkan sesuatu yang cepat, ya maksudnya yang cepat,” tambah Setiawan yang didampingi oleh Morio Omanyuda, Managing Director Marketing 2W dan Rudjojo Nirjana, Sales Director 2W.

Bicara soal nama brand motor Suzuki, selain dari pada Skywave yang sydah ganti nama jadi Hayate, tercatat sebelumnya nama Smash juga sudah berganti nama jadi Titan (Tiada Tanding), atau Shogun yang kini lebih menonjolkan nama Axelo-nya. Kabarnya, motor Suzuki Spin akan pula mendapat giliran ganti nama.

Bicara soal spek dari Suzuki Hayate 125 dijelaskan melalui video, antara lain menonjolkan faktor keamanan pengendara yang menjadi begitu penting. Fitur keamanan Suzuki Hayate 125 bisa dikatakan terlengkap, antara lain mesin Hayate 125 tidak akan dapat dihidupkan kalau standar sampingnya belum dilipat. Yang menarik, Hayate mengklaim sebagai pelopor teknologi Automatic Headlamp On (AHO) di Indonesia.

Faktor keamanan yang lain, adalah rem cakram di roda depan yang digunakan untuk pengereman optimal di lalu-lintas perkotaan. Untuk lampu rem belakang menggunakan lampu rem ganda dan lampu sein belakangnya dengan posisi yang lebih sporty, serta menambah rasa aman berkendara.

Susuki Hayate 125 mengusung kapasitas mesin 125 cc, 4 langkah, SOHC, silinder tunggal dengan teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material). Dengan teknologi SCEM, blok mesin alumunium menjadi lebih awet tahan lama. Suzuki menyatakan irit BBM karena bobotnya menjadi lebih ringan, tahan gesekan dan melepas panas lebih cepat. Akibatnya mesin bekerja lebih efisien dan pembakaran lebih sempurna.

Transmisi Hayate menggunakan teknologi Super CVT (Continuously Variable Transmission) untuk akselerasi lebih halus tanpa hentakan. Sementara untuk sistem pendinginan mesin yang optimal digunakan teknologi SJCS (Suzuki Jet Cooling System). Teknologi PAIR (Pulsed Secondary Air Injection) juga diterapkan untuk mengurangi emisi gas buang dan telah memenuhi standar emisi EURO 2.

Secara desain, memang Suzuki Hayate terlihat lebih sporty dan stylish dengan tampilan speedometer, lampu sein belakang dan depan, pijakan penumpang belakang yang berlapis krom serta lampu rem ganda yang terinspirasi dari motorsport Suzuki GSX-R.

Kesan mewah Hayate bisa dilihat dari desain lampu depan ganda, lampu senja warna biru, cover stang kemudi berkesan 3 dimensi, roda 16 inci yang besar, sporty casting wheel, serta pelindung kaki bagian dalam warna biru metalik (hanya tersedia untuk varian warna brilliant white dan black metallic).

Suzuki Hayate tersedia dalam empat varian warna pilihan, yaitu brilliant white – metallic matt stellar blue, summer red, macho bright blue dan titan black – metallic matt stellar blue. Fitur kenyamanan Suzuki Hayate, antara lain memiliki bagasi bawah jok berkapasitas 17 liter. Dengan kapasitas besar tersebut, bagasi HAYATE bisa memuat helm full face (dalam posisi miring). Selain itu, dua rak depan yang dapat memuat buku ukuran saku, botol minuman ringan dan barang-barang lainnya.

Terdapat pula pengait tas belanja di antara kedua rak depan untuk membawa belanjaan. Lubang kunci kontak yang terintegrasi dengan kunci jok juga memudahkan pengendara saat membuka jok sehingga tidak perlu lubang kunci terpisah. Nah, untuk menebus semua fitur Suzuki Hayate 125 diatas, pembeli harus bayar harganya Rp 14,3 juta (OTR Jakarta).

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

4 thoughts on “Sekilas Spek Suzuki Hayate 125

  1. Power Depok says:

    Good good good…….ko Suzuki munculin yang Bebek Bebek doangan….yang motor Laki nya dong di turunin gitu di Indonesia….he he he he….kalo gak ya luncurin Thunder 150 gitu…he he he….sukses ya tuk Suzuki….

  2. meet_hana says:

    nama Hayate juga lebih jepang sih dibanding nama Skywave yang bule banget.. hehe..
    tapi kayanya masih kurang lebar deh jarak dek depannya.. kalo buat ibu-ibu yang bawa belanjaan agak ribet..

  3. Ngelihat Fitur Standar Samping Otomatis, bagasi n kapasitas max tangki bensinnya mirip2 dengan Spacy
    Nah yang bedanya agak jauh itu ada di harga, klo kaya gini kemungkinan bakal seret nih di pasar…

  4. dian endah says:

    kenapa di iklan motor suzuki hayate memakai irfan bachdim sebagai bintangf iklannya?
    trus apa konsep dasar iklan suzuki hayate ini?
    konsep editingnya seperti apa sih?

Leave a Reply