Kenapa Ya Orang Indonesia Suka BBM?

24 Maret 2011. Sebuah hasil studi baru-baru ini mengungkapkan beberapa faktor dibalik kisah sukses BlackBerry Messanger (BBM), yang merupakan sebuah platform komunikasi “social mobile to mobile” yang sangat popular dan menjadi eksklusif diantara komunitas pengguna BlackBerry, baik secara global ataupun lokal. Suka atau tidak suka, hampir semua kalangan kini sudah memiliki alat BlackBerry Smartphone.

Kini pengguna BlackBerry (Bb) sudah mencapai lebih dari 35 juta orang pengguna yang aktif menggunakan layanan BBM di seluruh dunia. Dengan pertambahan 2000 pengguna setiap jamnya, BBM kini sudah menjadi platform jejaring social mobile terbesar di saeluruh dunia. Nah, gaimana sepak terjangnya di dunia yang fenomenal ini?

Apakah fasilitas BBM juga sudah menjadi sebuah tren yang luar biasa diantara para penggemar di Indonesia?

Selama bulan November dan Desember 2010 yang lalu , telah diadakan survey yang cukup mendalam yang sifatnya independent dan dibiayai oleh Research In Motion (RIM), selaku produsen smartphone BlackBerry dengan total responden sebanyak 1125 pengguna di Asia Tenggara. Surveynya adalah tentang penggunaan dan prilaku mereka terhadap aplikasi-aplikasi mobile.

Dari hasil ini mendapat kan kesimpulan para pengguna BlackBerry di Indonesia menggunakan untuk dapat senantiasa berkomunikasi dengan komunitasnya. Para responden juga mengatakan mereka juga merasa lebih mudah terhubung dengan teman-temannya setelah menggunakan fasilitas BBM. Ada 3 fitur BBM yang paling popular di Indonesia adalah, pertama membuat groups dengan kontak di BBM, kedua memiliki tampilan foto atau gambar di BBM, dan ketiga memiliki kemampuan mengirim pesan tanpa ada batas karakter.

Aspek tambahan lainnya dari BBM adalah kemampuannya yang dapat mengundang teman-teman dengan menggunakan PIN / E-mail, dan bahkan tidak dikenakan biaya sepeserpun untuk layanan data ini, yang serta merta kemampuannya yang sangat penting, pengguna dapat mengetahui apakah sebuah pesan yang telah dikirim sudah diterima dan/atau telah dibaca.

Studi ini juga menemukan bahwa para pengguna BBM lebih terhubung dengan keluarga, teman lebih baik dari dengan menggunakan platform instant messaging lainnya. Bahkan lebih dari 50% pesan dikirim melalui BBM setiap harinya dengan ledakan pertumbuhan yang mencapai 500% secara global di 2010, maka tidak mengherankan jika BM mendapat pencapaian tertinggi untuk kepuasan konsumen di semua market dan platformnya.

Semua data yang terkumpul di survey ini sekarang digunakan untuk membantu para pengembang aplikasi lokal di Indonesia untuk pengertian yang lebih baik tentang keinginan pengguna BlackBerry, yang nantinya berguna untuk mengembangkan aplikasi lainnya yang berbasis platform BlackBerry.

By the way, saat pihak RIM juga menawarkan “Blackberry Enterprise Server Service” untuk perusahaan dengan harga mulai dari USS 3000.

BlackBerry Playbook akan diluncurkan pada pertengahan April nanti di Kanada dengan harga 8GB US$ 499,00; 16GB US$ 599,00 dan  32GB US$ 699,00. Semua informasi tersebut diatas didapat oleh Kru SL.com dalam acara jumpa pers BlackBerry yang berlangsung hari Rabu, 23/3/2011 di Jakarta.

Leave a Reply