Ini Dia Tim Yamaha Indonesia Racing

22 Maret 2011. Harapan besar melingkupi “Yamaha Indonesia Racing Team” dalam rangka menjajal ajang balapan Supersport di tingkat nasional dan Asia pada musim balap 2011 ini. Didukung oleh “Indoprom Racing Management” dan “Star Racing”, gelar juara menjadi target tertinggi yang dibidik oleh tim Yamaha Indonesia Racing. So, bagaimanakah dengan persiapan mereka? Yuk, simak berikut ini. 

Dalam acara launching Yamaha Indonesia Racing Team di Jakarta, tadi siang Selasa (22/3) bertempat di Rolling Stones Restaurant, Jl. Ampera Jakarta, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia, Ari Wibisono, mengatakan bahwa Yamaha tidak berjalan sendiri, tapi bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk misi penting ini.

“Yamaha tetap berkomitmen untuk membawa pembalap sampai kemana arah karirnya. Untuk mendukung hal ini kami berkolaborasi dengan Indoprom Racing Management dan Star Racing. Tujuan kami tentunya mewujudkan misi Road to World Champion seperti halnya Yamaha Cup Race,” ungkap Ari di Restaurant Rolling Stones tersebut.

Direktur Utama Indoprom Racing Management, Bambang Asmarabudi, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas partisipasi Yamaha Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Yamaha Indonesia yang telah mendanai proyek ini sebanyak 80 persen. Istimewanya bukan hanya tingkat Asia tapi juga nasional kami mendukung para pembalap untuk mendapatkan pengalaman dan berkompetisi dengan pembalap lain,” sebut Bambang.

Doni Tata Pradita menjadi tumpuan utama di Supersport Nasional 600 cc dan Supersport Asia 600 cc mengusung bendera tim Yamaha Star Racing. Doni sudah mengenyam segudang pengalaman berharga berkompetisi di GP 125 cc dengan wild card di 2006, lalu setahun kemudian menempati peringkat kelima All Japan Championship, di 2008 berlaga semusim penuh di GP 250 cc, Super Sport Dunia 2009 dan Super Sport Asia 2010.

“Tahun ini saya menargetkan juara di Super Sport Nasional dan Asia. Untuk Asia juga minimal lima besar. Saya ingin memperbaiki pencapaian kurang bagus tahun lalu di Super Sport Asia karena kurangnya latihan,” papar Doni.

Sayangnya, menjelang seri perdana Super Sport Asia yang akan digelar di sirkuit Sepang, Malaysia, 28 April-1 Mei, rekan setim Doni yaitu Dimas Eky pembalap muda dan berbakat mengalami kecelakaan mobil pada hari Minggu kemarin (20/3).

“Insiden tersebut terjadi di jalan tol sampai mengakibatkan mobilnya terbalik. Tangan kanannya patah sehingga Dimas harus menjalani operasi di Yogyakarta. Diperkirakan butuh tiga sampai enam bulan untuk pemulihan,” ujar Benny Djati Utomo dari Star Racing.

Untuk sementara, pembalap Hoky Krisdianto menjadi kandidat terkuat menggantikan Dimas. Bahkan jika Hoky berprestasi bagus, tenaganya bisa digunakan hingga akhir musim.

Super Sport Asia rencananya akan ditayangkan langsung melalui Star Sports dan sebuah stasiun televisi swasta Indonesia. Diharapkan dukungan penuh dari masyarakat Indonesia untuk para pembalap “Merah Putih” di ajang bergengsi Asia ini.

Jadwal FIM Asia Championship 2011 (Super Sport Asia)
28 April – 1 Mei : Malaysia
09 – 12 Juni : Indonesia
04 – 07 Agustus / 11 – 14 Agustus : China
08 – 11 September : Jepang
13 – 16 Oktober : China
24 – 27 November / 08 – 11 Desember : Qatar

Jadwal Super Sport Nasional 2011
Lima seri di sirkuit Sentul, Indonesia
14 – 17 April
12 – 15 Mei
21 – 24 Juli
08 – 11 September
01 – 04 Desember

Leave a Reply