Driftbash 2011 Seri-2: Sukses!

7 Maret 2011. Menurut SL.com ajang final drifting bertajuk “Driftbash Indonesia Challenge 2011” khususnya Seri Ke-2 yang berlangsung di Sirkuit Karting Sentul hari Minggu (6/3/11) berlangsung seru. Lebih 30 drifter ikut ambil bagian dalam ajang ini yang di kelola Driftbash Enterprise asal Malaysia.

Mengambil lokasi di sirkuit gokart Sentul, Bogor, tentu saja jadi berbeda dengan beda dengan seri perdana yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Apa perbedaannya? Yang pertama dari segi permukaan lintasan, kalau di Sentul banyak tikungan, trek di Sentul lebih panjang, dan di Sentul memiliki kemungkinan curah hujan lebih sering, ketimbang di Jakarta.

Apapun treknya, yang penting drifter harus tertantang, dan siap menjajal trek dengan segala kelbihan dan kekurangan yang ada. Seorang drifter dituntut mampu mengembangkan skill drifting dengan setiap lintasan. Namun demikian para drifter mengaku gembira, dan lebih tertantang senang dengan karakter lintasan yang ditawarkan Driftbash Enterprise.

Adwitya Amandio (Dio), Rhenadi Arinton, Rio Saputro, Dhika CH dan TB Deyang, adalah lima drifter unggulan yang akhirnya mampu menguasai lintasan Sentul tanpa ada hambatan, dan mereka tentu saja harus lolos dulu dalam babak kualifikasi yang berlangsung hari Sabtu (5/3/11) di tempat yang sama. Kehadiran para drifter beraksi dengan seni drifting memberikan kepuasan tersendiri bagi penonton yang duduk di tribune.

Yang lebih menarik adalah melihat pertarungan dua pabrikan ban yang harus diuji melalui skill drifter dan pemakaian ban yang tepat. Lihat saja pada babak empat besar, Dio (Achilles Drift Team) dikenal sebagai drifter unggulan bertemu dengan Dean Zen (GT Radial Drif Team). Sesi pertama Dio berada di depan dengan tampil sempurna. Masuk putaran kedua, hujan lebat mengguyur Sentul dan ini membuat kedua drifter harus lebih hati-hati karena lintasan sirkuit licin.

Menjelang finish mobil Dio ngadat tak bisa bergerak yang akhirnya harus didorong keluar lintasan. Dio dinyatakan gugur karena perbaikan as roda belakang Nissan Silvia cukup lama, dan masalah ini yang menghalangi Dio melanjutkan pertarungan. Bahkan untuk merebut posisi ke-tiga, Dio sudah tak bisa bertarung lagi, alhasil TB Deyang (Total Drift Team) dengan Nissan 200SX langsung terpilih menjadi juara ke-tiga.

Pertarungan babak final, Rio dan Dean Zean (keduaya sama-sama dari GT Radial Drift Team) berlangsung ketat, sempat terjadi senggolan. Namun akhirnya Rio Saputro menjadi juara pertama (selengkapnya di artikel ini). Kemenangan Rio Saputro mendapat sambutuan dari orang-tua, jajaran pimpinan PT GAJAH TUNGGAL Tbk selaku sponsor utama “GT RADIAL DRIFT TEAM“.

“Saya senang bisa menyelesaikan lomba drifting ini. Ini baru seri ke-2 yang digelar Driftbash Indonesia Challenge 2011. Masih ada beberapa seri lagi yang harus diselesaikan.  Namun demikian, saya mengucapkan terima kasih kepada GT Radial yang sudah mendukung saya, dan saya pun beruntung berada dalam tim yang solid, serta memiliki ban berkualitas dari GT Radial,” papar Rio usai menerima trophy kemenangan.

Selain itu, ikut pula pelumas TOP 1 yang ikut meramaikan ajang Driftbash Indonesia Challenge 2011. PT TOPINDO ATLAS ASIA selaku produsen oli TOP 1 di Indonesa juga memiliki tim drifting sendiri “TOP 1 Indonesia Drift Team” yang secara konsisten ikut mendukung penuh perkembangan perlombaan drifting di tanah air sejak tahun 2010 kemarin. Dalam hal ini TOP 1 Indonesia akan tetap mensupport aktifitas olahraga motorsport roda empat ini selama tahun 2011.

Drifter handal seperti M. Hermawan, Soni Riharto, Valentino dan Hadaris Samulia serta beberapa drifter pendatang baru ikut bersaing dengan para senior di dunia drifting, dan mereka ikut berlaga dibawah bendera TOP 1 Indonesia.

Hasil Lomba Driftbash Indonesia Challenge Seri Ke-2:

Di kelas novice, juara pertama dicapai oleh Mico Mahaputra yang peserta paling muda berusia 13 tahun. Juara kedua, Valentino Ratulangi dan  ketiga Regi Fiandisa. Di kelas expert, juara pertama Rio Saputro/Nissan Cefiro/GT Radial Drift Team, juara kedua ditempati oleh Dean Zen/BMW 323i/GT Radial Drift Team, dan juara ketiga adalah TB Deyang/Nissan 200SX/Total Drift Team.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

One thought on “Driftbash 2011 Seri-2: Sukses!

  1. mmm kapan lagi gelaran driftbash yahh… tolong di balas,,, yang kmarin di karting dateng..mo dateng lg cuma gk tau jadwal nya

Leave a Reply