Driftbash 2011 Seri-2: Rio Saputro Juara Pertama

7 Maret 2011. Drifter Rio Saputro (GT Radial Drift Team) pemenang pertama di kelas expert  “Driftbash Indonesia Challenge Seri-2” di Sirkuit Sentul Karting, Bogor yang bertarung dengan Dean Zen hari Minggu (6/3/11). Rio SB, demikian namanya di mobil Nissan Cefiro bercorak kuning jadi juara pertama di ajang final tandem battle dengan rekan satu tim, Dean Zen (GT Radial Drift Team).

Dalam lomba tandem yang saling menempel ketat, kedua drifter harus mampu mengambil celah untuk mendahului dengan skill seorang drifter, dimana mobil bergerak miring, apalagi ketika masuk tikungan. Unik dan seru, hanya saja pada loba terakhir Dean Zean mengalami masalah yang bikin mobilnya jadi pelan menjelang tikungan terakhir.

Akibatnya, Dean dengan mobil BMW E36 323i berwarna putih ini terlihat mengurangi kecepatan, maka tak ayal lagi terjadi sedikit senggolan dan Rio pun dengan Nissan Cefiro kuning-nya tetap melaju hingga garis finish. Setibanya Rio digaris finish, penonton sejenak terdiam menunggu pengumuman dari panitia, apakah kemenangan Rio sah atau sebaliknya, tapi akhirnya Rio diputuskan menjadi pemenang, sekaligus juara pertama ajang “Driftbash Indonesia Challenge Seri-2.”

Untuk posisi ke tiga, diraih oleh pembalap muda TB Deyang dari Total Drift Team. Kemenangan Dean diuntungkan karena sang lawan drifter Adwitya Amandio (Dio) dengan mobil Nissan Silvia S15 mengalami masalah pada as roda belakang yang menyebabkan lomba kedua tak dapat dilanjutkan. Problem as roda setelah Dio (Achilles Drift Team) bertarung lawan Rio (GT Radial Drif Team) dalam babak empat besar.

Usai bertarung dengan Dio, akhirnya Rio masuk final ketemu dengan Dean Zean (sebelumnya Dean Zean bertarung melawan TB Deyang). Sementara itu perbaikan as roda belakang Dio tak kunjung selesai, akhirnya panitia memutuskan Dio gugur dan TB Deyang yang menjadi juara ke-tiga.

Keunikan dari ajang Driftbash Indonesia Challenge Seri-2 ini adalah, lomba drifting berlangsung di lintasan balap karting, yang biasa dipaka untuk balapan Go Karting. Memiliki trek dengan banyak tikungan, dan parahnya wilayah ini memang sering diguyur hujan. Terbukti, acara final tandem sekitar pukul 15.00 WIB sempat diguyur hujan, maka ini merepotkan peserta drifting harus cepat mengganti jenis ban basah.

Namun demikian, para drifter mengaku puas dan senang dengan karakter lintasan yang ditawarkan panitia Driftbash Enterprise yang berbasis di Malaysia ini. Dengan memilih lintasan di Sentul, setidaknya pada drifter memiliki pengalaman baru, karena sebelumnya dirfter sudah terbiasa berlomba di parkir barat JIExpo PRJ Kemayoran, Jakarta.

Album photo ini menyajikan penampilan Rio Saputro sedang berlomba di putaran final melawan Dean Zen. Selanjutnya Rio masuk paddock disambut oleh keluarga. Rio juga menerima ucapan selamat dari Cristopher Chan selaku President Director PT Gajah Tunggal Tbk, serta para pimpinan GT Radial lainnya yang hadir di Sentul melihat langsung ajang drifting ini sepanjang hari.

Hasil Lomba Driftbash Indonesia Challenge Seri Ke-2:
1. Rio Saputro dari GT Radial Drift Team
2. Dean Zen dari GT Radial Drift Team
3. TB Deyang dari Total Drift Team

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

Leave a Reply