Sistim Daytime Running Light (DRL)

10 Februari 2011. Coba perhatikan Iklan Yamaha JupiterZ 115cc yang lagi beredar di beberapa media, dapat dilihat sebuah inovasi baru, salah satunya adalah “Safety Headlight System“, atau disebut dengan sistim DRL (Daytime Running Light System). Artinya, lampu depan akan langsung menyala secara otomatis ketika engine-start mulai aktif. 

Apakah ini merupakan teknlogi baru?  Jika lampu depan atau lampu besar langsung menyala bersamaan dengan engine-start di aktifkan, jelas ini salah satu hal yang baru, karena biasanya lampu depan akan menyala setelah pengemudi motor memindahkan tombol lampu secara manual. Hal ini merupakan satu terobosan baru dari Yamaha, dan inipun diklaim oleh Yamaha yang pertama kali di Indonesia.

Dengan adanya sitim DRL ini, paling pabrikan Yamaha sudah menjawab UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dimana fitur Automatic Headlight On (AHO), atau lampu utama motor akan secara otomatis menyala ketika mesin motor dioperasikan atau dihidupkan. Dalam hal ini, sudah dapat dipastikan tidak ada lagi alasan bagi pengemudi motor untuk mengatakan lupa, tidak tau, karena lampu motor akan menyala secara otomatis saat engine-start sudah di posisi on (hidup).

Menurut Paulus Firmanto selaku General Manager Promotion & Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), bahwa sistem otomatis lampu langsung menyala dan dipergunakan sepanjang hari perjalanan motor tersebut, merupakan teknologi Yamaha untuk menjawab kebutuhan dunia otomotif roda dua khususnya di Indonesia. Nantinya, sistim ini  tidak hanya sebatas pada motor Yamaha Jupiter Z, tapi juga akan diterapkan pada merek-merek motor Yamaha yang lainnya.

Menurut Yamaha, fitur ini juga disebut dengan Automatic Headlight On (AHO), atau “Switch ON-Light ON” disingkat SOLO.  “Saat ini kami sedang tahap progress untuk merek-merek motor Yamaha yang lainnya, pokoknya akan nongol juga secara bertahap dipasaran sepeda motor Indonesia,” ujar Paulus tanpa menjelaskan merek motor Yamaha yang dimaksud.

Apa gunanya lampu menyala secara otomatis? Ata kenapa di siang bolong harus pakai lampu? Secara teknis, bahwa cahaya lampu dari sepeda motor dapat membantu para pengguna jalan, masyarakat umum, untuk meningkatkan kewaspadaan. Dengan adanya sorot lampu sepeda motor, maka biasanya para pengguna jalan yang lain akan lebih extra waspada, dan ini jelas dapat mengurangi resiko kecelakaan.

Di negara Eropa dan Amerika, lampu menyala secara otomatis adalah hal biasa. Namun, apakah masyarakat Indonesia sudah bisa menerima kebiasaan menyalakan lampu di siang hari? Apapun jawabannya, hal ini harus dimulai! Sebuah edukasi dan sosialasi yang bisa memberikan dampak positif harus bisa dimulai, walaupun pada awalnya berat. Lihat sejarah penggunaan helm di Indonesia. Awalnya susah, tapi lama-lama sudah terbiasa dan diterima oleh masyarakat luas di seluruh Tanah Air.

Please follow and like us:

11 thoughts on “Sistim Daytime Running Light (DRL)

  1. Yamaha ikut2 suzuki lg pakai Daytime Running Light System
    nga kreatif harus cari trobosan2 baru donk

  2. iya nih..gak kreatif bangedd tau ngak..
    ngekor mulu…

  3. goldenboy says:

    emangnya di mtoro suzuki uda pake teknologi itu ya bro.. kok gw malah baru tau pas produk Yamaha dikeluarin ya? kalo emang bener berarti Yamaha cuma bisa ngekor ya? belakangan produk Yamaha juga ngekor Honda yang uda lama pake penutup kontak otomatis. Yamaha mesti cari terobosan baru biar gak di cap pengekor mulu…

  4. gw malah pernah liat motor cina gak perlu di starter lampunya uda biasa hidup kok. jadi ini bukan hal baru lagi.. ya semoga masyarakat indonesia dapat beradaptasi dengan aturan baru ini, kalo gak ya konsumen bakal pindah ke pabrikan laen yg lampunya masih sistem manual..

  5. Wawan yvc-a says:

    Yamaha tetap di hati. . ,

  6. wa… bsa klo kita gk niat nyalain bisa di matiin manual gk ya… ? kalo bgini truz tekor aki nya 2 bulan paling udh abz… ad untung ad ruginya…

    • iya neh seharusnya yamaha juga memberikan penjelasan apakah mumpuni tuh kelistrikan walaupun lampu utama nyala ketika mesin nyala.

  7. Lau ane blh usul
    Motor2 yamaha yg udah di pasaran jg di perbolehkan memasang teknologi terbru dri yamaha
    Jangan hanya mtor2 yg bru2 dr dealer
    Biar safety riding slalu

  8. ayo…katanya makin didepan…
    jangan ngekor mulu..

    (dibelakang dong…)

  9. Hmm.. well, senang akhirnya ada inovasi baru dr Yamaha. Rasanya sudah lama hanya dengar dominasi 1 brand label merah untuk inovasi fitur dan tekhnologi.
    Ini yg diinginkan konsumen.
    Brand roda 2 dengan fitur2 yg makin memenuhi kebutuhan konsumen. Adu inovasi, oke banget. Black campaign? kasian banget.. heheee.. :thumbdown
    Tp terlepas dr itu, DRL hanya fitur yg memudahkan. Utk brand yg belum menambahkan fitur otomatis, manual pun bisa.
    Yg terpenting adalah kesadaran pengendara utk melakukan segala bentuk pencegahan kecelakaan (safety riding), salah satunya adalah menyalakan lampu kendaraan di siang hari atau DRL itu…
    Setuja..?? hehee.. :afro:

  10. husen nugraha says:

    Kayaknya bukan teknologi baru,jaman dulu waktu saya SMA pake motor honda GL125 pernah saya bikin seperti itu lampu menyala sewaktu mesin nyala,malah system AHO boleh dibilang frustasi pabrikan motor yang belum punya ide untuk menjawab UU pemerintah mengenai lalu lintas,kalau orang dijalan raya sudah pasti kendaraan yang ada dijalan itu sedang jalan bukan sedang nongkrong jadi waspadanya ngga tepat kalau bertanya itu kendaraan sedang jalan ngga ya,namanya dijalan kendaraan ya sedang jalan,kecuali malam hari ngga menyalakan lampu ya salah karena malam itu gelap,jadi menurut saya mending AHO-nya untuk lampu senja saja bukan pada lampu utama,kita akan kebingungan sewaktu masuk jalan kecil yang banyak orang lagi kumpul2,mau mematikan lampu kesulitan ngga dimatikan dimaki2 orang yang akhirnya berujung pada keributan

Leave a Reply