Audi A8 Long Wheel Base Bakal Hadir

23 Januari 2011 (SL). Tak berlebihan jika Audi merasa optimis jualan mobil kelas premium di Indonesia. Pasalnya Audi AG berhasil melebihi target penjualan di tahun 2010 dan menjadikan tahun 2010 sebagai rekor terbaik Audi dalam penjualan. Menurut data yang diterima SL.com dari acara bincang-bincang di Audi Lounge (Jumat, 22/1/11) disebutkan bahwa Audi AG sudah menjual unit mobil sebanyak 1.094.200 unit di tahun 2010 yang lalu.

Dengan angka ini Audi mencatat keberhasilan menjual 227.938 unit di Cina sementara di Amerika Serikat Audi berhasil menembus angka penjualan sebesar 100.000 unit. Sedangkan yang lainnya tersebar di negara lainnya, termasuk Indonesia.

Audi menyatakan akan mencetak dua kali lipat penjualan mobil eksekutifnya tahun 2011 ini di negara Amerika Serikat dengan memperkenalkan Audi A7 Sportback dan generasi terbaru model A6 dan A8. Dalam beberapa tahun ke depan Audi AG akan memfokuskan pada teknologi diesel bersih TDI untuk kalangan eksekutif guna semakin mengokohkan posisi Audi di kalangan tersebut.

Audi juga mencetak rekor penjualan di pasar Cina, dengan pertumbuhan lebih cepat daripada yang ditargetkan yaitu sebesar 227.938 unit pada bulan Januari sampai Desember 2010 atau meningkat sebanyak 43,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada bulan Desember, Audi Cina melakukan serah terima 18.186 unit kepada para pembeli.

Di negara Jerman, sebagai pusat pabrikan Audi, sesuai dengan perkiraan bahwa Audi A1 telah berhasil mendongkrak penjualan di akhir tahun 2010. Selain itu, bisnis korporat juga telah berkontribusi dalam meningkatkan penjualan pada bulan Desember. Audi AG berhasil menjual 29.959 unit atau meningkatkan penjualan sebesar 36,4% pada bulan yang sama tahun lalu. Angka penjualan secara keseluruhan untuk tahun 2010 adalah 229.157 unit, sedikit di bawah angka penjualan tahun sebelumnya, meskipun ada kebijakan scrappage dari pemerintah.

Angka penjualan pada bulan Desember juga meningkat secara signifikan di Eropa menjadi sekitar 52.000 unit atau meningkat 18,2% dibandingkan bulan Desember 2009. Dari bulan Januari sampai Desember, Audi AG telah menjual sebanyak 647.600 unit mobil dan membuktikan dirinya sebagai penjual mobil premium terbaik di Eropa.

Di Indonesia, Audi berhasil menjual sebanyak 200 unit pada tahun 2010 di mana penjualan didominasi oleh A4 dan A6. Indonesia menargetkan untuk melipatgandakan penjualan menjadi 400 unit di tahun 2011.

Dalam rangka event The World Economic Forum 2011, Audi akan menurunkan mobil Audi A8 L 3.0 TFSI quattro (Long Wheel Base). Hal ini dipastikan oleh Imelda Muhidin, General Manager PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) Audi di Indonesia. Menurut rencana, event di bulan Maret 2011 tersebut akan menggunakan mobil Audi A8 hanya untuk para tamu Super VIP.

Dijelaskan oleh Imelda, bahwa Audi A8 memiliki body alumunium super ringan serta mesin bertenaga dan sangat efisien. Selain itu, mobil Audi A8 diperkaya dengan sistem MMI (Multimedia Interface), interior elegan, serta lampu depan LED yang menyala sepanjang hari. Hanya saja, bagi kosumen yang ingin mendapat kenyamanan mobil Audi A8 ini, paling tidak harus menebus dengan angka 1.7 M (harga kosong).

“Mobil Audi A8 Long Wheel Base lebih memprioritaskan kepada kepada kenyamanan para penumpang belakangnya. Kami akan menghadirkan mobil A8 ini dengan sistem entertainment, kursi pijat, kursi sliding dan reclining. Jelas, mobil ini memang sangat tepat buat para penumpang VIP yang membutuhkan kenyamanan dan keamanan yang tinggi,” ujar Imelda.

Selain acara The World Economic Forum, Audi dipastikan akan berpartispasi dalam event Java Jazz Music Festival 2011, Maestro Cup Goff Indonesia 2011, dan event pameran mobil IIMS 2011. Sedangkan jaringan penjualan dan Audi Service yang tadinya sudah ada di MT Haryono dan Pantai Indah Kapuk, kini sudah bertambah di Puri Indah dan Bintaro.

Please follow and like us:

Leave a Reply