Audi Optimis Jualan Mobil Di Indonesia

22 Januari 2011 (SL). Hari Jumat (21/1/11), SL.com datang ke “Audi Lounge” di  Plaza Indonesia Extension, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta ikut acara bincang-bincang dengan pimpinan PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku ATPM Audi di Indonesia. Dijelaskan oleh Andrew Nasuri, selaku CEO PT GMM bahwa pertumbuhan ekonomi nasional kini sedang membaik, maka Audi akan menargetkan penjualan mobil premium Audi sebanyak dua kali lipat pada tahun 2011 dari tahun sebelumnya.

Optimisme ini merupakan momentum tersendiri di tengah pertumbuhan penjualan Audi di dunia yang mencapai kenaikan sebesar 15% pada tahun 2010 atau mencapai 1.092.400 unit. Andrew mengemukakan rencana marketing Audi di Indonesia di dalam acara pertemuan dengan sejumlah media massa di Jakarta kemarin.

“Kami optimis dapat meningkatkan penjualan tahun 2011 sebanyak dua kali lipat dari target tahun sebelumnya, yaitu dari 200 unit menjadi 400 unit. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri untuk PT Garuda Mataram motor yang sampai sekarang tetap dipercaya menjadi distributor tunggal Audi di Indonesia,” kata Andrew Nasuri.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada konsumen atas kepercayaannya terhadap Audi,” tandas Andrew yang saat itu memperkenalkan jajaran staff Audi, antara lain Wanny Bhakti Marketing & PR Dept. Head, Herry Noveriono Marketing & PR Supervisor, Imelda Muhidin General Manager, dan Adhy Setiadhy Head of Aftersales Dept.

Andrew menambahkan untuk mencapai terget penjualan tersebut Audi akan menerapkan prinsip delighting the customers, di mana setiap konsumen akan mendapatkan produk terbaik dengan teknologi advance dan pengalaman berkendara serta pelayanan pasca penjualan yang melebihi ekspektasi mereka.

“Sudah menjadi ciri khas Audi yang selalu mengutamakan kualitas dan kenyamanan dalam setiap karyanya. Apalagi saat ini Audi global menerapkan strategi marketing dengan konsep soft-marketing, yaitu Customer Delight Brand Experience,” ungkap Andrew.

Di kantor pusat Audi di Ingolstadt, Jerman penjualan tahun 2010 juga mengalami peningkatan, yaitu sebesar 15% atau mencapai 1.092.400 unit. Pencapaian tahun 2010 itu sekaligus melebihi target penjualan perusahaan, dan menjadi rekor terbaik Audi dalam sejarah penjualan.

Di China, Audi berhasil menjual 227.938 unit, sementara di Amerika Serikat untuk pertama kali tembus di atas 100.000 unit. Di pasar Eropa juga mencatat prestasi yang sama, dengan berhasil memposisikan diri sebagai pemimpin pasar mobil premium. Sampai dengan November 2010, total penjualan Audi di Eropa Barat dan Timur mencapai 643.300 unit.

Adapun di Asia Pasifik angka penjualan mencapai 276.200 unit pada tahun 2010, meningkat 38,8% dibanding tahun 2009 yang membukukan penjualan sebesar 199.003 unit. Sedangkan di Indonesia, Audi mencapai pertumbuhan 32,7% selama tahun 2010.

Produk Unggulan Audi

Audi merupakan manufaktur kendaraan premium yang selalu berinovasi dengan teknologi terbaru. Benang merah ini terlihat pada setiap produk Audi, termasuk produk unggulannya, yaitu A6 yang mendapatkan penghargaan sebagai “Best of All Classes“ yang diberikan DEKRA, organisasi pengujian mobil dalam Faults Report 2011 di Stuttgart, Jerman pada bulan Desember 2010.

DEKRA memberikan penghargaan kepada model mobil dengan tingkat kesalahan terendah setelah menempuh jarak tempuh tinggi, sehingga terlihat kualitas mobil tersebut untuk jangka waktu panjang. Dalam rangka mempersiapkan Faults Report 2011, DEKRA akan menggunakan indeks pendeteksian kesalahan terbaru dengan menambahkan indeks “considerable defects“ selain indeks yang sudah ada sebelumnya, yaitu “no relevant defects“ yang menjadikan evaluasi tersebut semakin ketat dan tepat.

“A6 berhasil memenangkan posisi pertama selama tiga kali berturut-turut oleh DEKRA, sebuah organisasi di Jerman yang khusus menangani pemeriksaan kendaraan, pengujian para pakar, sertifikasi, perlindungan terhadap lingkungan, dan kualifikasi. Oleh karenanya kami sangat yakin dengan kemampuan Audi A6 untuk mendongkrak volume penjualan Audi di Indonesia,” jelas Imelda Muhidin, sebagai General Manager PT Garuda Mataram Motor dalam presentasinya.

Imelda juga mengatakan bahwa A6 akan menjadi salah satu kontributor besar penjualan Audi di Indonesia. Untuk memberikan tampilan Audi A6 yang ada sekarang serta memberikan fungsi yang lebih maksimal bagi penggunannya, maka diberikan beberapa tambahan pada Audi A6 yang dijual saat ini.

Beberapa tambahan tersebut antara lain S-line eksterior, lampu LED baik depan maupun belakang, Bi Xenon headlights dilengkapi jet washer, Servotronic dan electro mechanical parking brake, Multi Media Interface dilengkapi dengan CD player dan 2 SD card (Audi Music Interface). Selain itu, jenis ban dan velg 245/40 R18, 10 spoke star design dan multifunction steering wheel in 3-spoke design juga menjadi keunikan serta menambah value for money dari Audi A6 saat ini.

A4 , sedan premium yang kental nuansa sporty adalah produk unggulan Audi lainnya. Unsur sporty tersebut tampak semakin jelas dengan tampilan lampu depan xenon yang dilengkapi dengan LED daytime running light, grill, bumper depan, dan jok berbahan kulit. Sedan ini hanya mengkonsumsi 4,4 liter bensin per 100 km , sehingga termasuk irit. Fitur-fitur inovatif yang terdapat pada A4 antara lain Audi Drive Select untuk berkendara sesuai dengan keinginan dan suasana hati dan fitur Multi Media Interface dan electromechanical parking brake.

Berkat keunikan dan superioritas yang dimilikinya, A4 meraih banyak penghargaan bahkan sebelum mobil ini diluncurkan. Penghargaan yang pernah diraih adalah Germany Most Popular Car Award –“Our Car Award“ (April 2008), Europe’s Auto 1 Trophy dari Autobild Germany (Maret 2008), Best Car Award dari Auto Motor und Sport (Januari 2008), Auto Trophy 2007 dari Auto Zeitung (November 2008), dan Golden Steering Wheel Award dari Bild Am Sonntag (November 2007).

Sepak Terjang Audi di 2011

Strategi global AUDI AG dalam pengembangan produk dan teknologi tentu harus juga diimbangi dengan kebijakan Audi di Indonesia dalam memenuhi komitmen untuk delighting the customers di Indonesia. Salah satunya adalah kebijakan pelayanan pasca penjualan yang lebih baik daripada tahun sebelumnya.

“Mulai tahun 2011, layanan pasca penjualan akan berlaku sampai dengan tiga tahun dari sebelumnya hanya dua tahun atau sampai dengan batas 60.000 km. Peningkatan pelayanan ini adalah bentuk komitmen Audi dalam memberikan kenyamanan bagi para pelanggan premiumnya,” demikian disampaikan Adhi Setiadhy sebagai Head of Aftersales Department PT Garuda Mataram Motor.

Menurut data Gaikindo, perkembangan distribusi mobil nasional tahun 2010 dari penjualan wholesale adalah sebesar 765.108 unit dari sebelumnya hanya 486.460 unit. Penjualan retail juga mengalami peningkatan signifikan yaitu dari 489.369 unit di tahun 2009 menjadi 745.804 unit di tahun 2010. Ini menunjukkan industri otomotif Indonesia masih sangat menjanjikan.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

One thought on “Audi Optimis Jualan Mobil Di Indonesia

  1. Luar biasa jg optimisnya Audi, menargetkan penjualan mobil premium sebanyak dua kali lipat pada tahun 2011 ini dari tahun sebelumnya….
    Yang duitny lebih, silahkan 🙂

Leave a Reply