Kupu2 Malam Yogyakarta @The Champion Final ABT 2009

7 Desember 2009. Luar biasa! Mungkin ini adalah satu ungkapan spontan yang tersirat kala memandang tampilan menyeluruh dari sebuah mobil Toyota Crown dari klub “Kupu-Kupu Malam Yogyakarta” yang pada akhirnya terpilih sebagai ‘The Champions of DJARUM Autoblackthrough 2009’ di Hall JCC (Jakarta Convention Center) Senayan Jakarta pada 28-29 November 2009 yang lalu.

Tak hanya settingan panggung yang ‘eye catchy’, bersanding dengan satu buah becak keren yang dimodif bergaya senada membuat penampilan mobil kebanggaan Rudy nampak makin istimewa. Jangan harapkan wajah lama Toyota Crown karena ini adalah versi evolusi yang oleh pemiliknya disebut sebagai konsep ‘Unique Sexy Radical Car‘.

Nyaris berubah 100 persen, sang pemilik masih cenderung mendesain mobil ini lebih ke arah sport. “Pada kesempatan kali ini kami dari Kupu-Kupu Malam sengaja ingin menampilkan sebuah karya baru dengan konsep unique sexy radical car. Jadi kami ingin mengaktualisasikan sebuah desain mobil yang mana mobil itu tetap kepada basic lama kita yaitu sport dengan tampang yang garang, unik, tapi seksi seperti konsep kita,” kata Rudy menjelaskan konsep dasar pengerjaan mobilnya.

“Sama seperti tahun-tahun lalu kami mencoba ingin membuat atau mendevelop teknologi di otomotif ini dari unsur-unsur yang terkait dalam sebuah mobil yaitu aspek struktural, fungsional, maupun aspektualnya. Di dalam mobil ini memang agak lain dibanding dengan tahun-tahun yang lalu karena hampir semua konsepnya ‘new ‘ jadi masih barang baru baik body, interior, audio, apalagi mesin,” lanjut Rudy lagi.

Detail bagian mesin memang dirancang untuk jadi yang terbaik dan punya daya sembur dahsyat. Seperti diungkapkan Adi selaku pemasok mesin mobil ini katanya, “Untuk mesin kita rubah pakai type 2JZGTE punya Toyota Supra 3000 cc, polish porting dan untuk blok bawah masih stock”.

Lebih lanjut iapun mengatakan kalau stock asli mesin ini sanggup menyemburkan tenaga 320 Hp dan dalam versi up grade bisa menyentuh angka 800 Hp. Nampak bertenaga mobil ini berhasil mencatatkan angka 190,3 Hp pada transmisi/gear 2 karena ada sedikit masalah jadi gear tidak naik ke gear 3 dan 4.

Sebagai informasi, gearbox yang digunakan pada mobil berkelir biru ini adalah model otomatis kepunyaan Subaru 4E/AT. Mesin sendiri saat ini penempatannya sudah dipasang pada bagian belakang dan tidak diletakkan di depan karena sudah dijejali perangkat audio yang memukau. Sang empunyapun mengklaim jika diibaratkan belajar bahasa ya mobil ini merupakan bahasa yang baik dan benar mulai dari suku kata, intonasi, hingga tanda baca.

Teknik seputar pengecatan pada body berbahan plat di mobil biru ini mengkombinasikan aliran seni rupa kubisme dengan teknologi pengecatan menggunakan cyralic yang oleh pemiliknya ditekankan bukan airbrush. Akan hasil karya hebatnya ini, Rudy punya harapan sederhana, “Semoga mobil ini bisa dinikmati oleh masyarakat luas, publik, dan ‘makhluk-makhluk lain,” katanya sedikit bercanda.

Dan seperti sudah diperkirakan sebelumnya, Rudy dengan Toyota Crown akhirnya sanggup memborong beberapa trophy juara dari banyak kategori berbeda di Final Battle Autoblackthrough 2009. Tak hanya itu iapun dinobatkan juga sebagai The Champions of Autoblackthrough 2009 dan berhak membawa pulang 1 unit Toyota Vios.

Sumber artikel: www.autoblackthrough.com
Fotografer: Rimet

Please follow and like us:

Leave a Reply