Wisata Kiarapayung Jatinangor Sumedang Jabar

19 Desember 2010. Pengalaman baru SL.com yang senang berwisata saat mendapat kesempatan berkunjung ke lokasi wisata “Bumi Perkemahan Kiarapayung” di Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sebagai patokan, ingat saja pusat makanan terkenal “Tahu Sumedang”, yang terletak diantara Kota Bandung dan Cirebon, Jawa Barat.

Dengan mobil dari Tol Cileunyi, kita akan melewati jalan utama Jatinangor yang terkenal dengan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Universitas Padjadjaran (UNPAD) di Desa Hegarmanah dan Desa Cikeruh, Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN) di Desa Cibeusi, dan Universitas Winaya Mukti (UNWIN) di Desa Sayang.

Memasuki kawasan wisata Bumi Perkemahan (buper) Kiara Payung Jatinangor, maka anda kita melihat lebih dulu halaman Universitas Padjadjaran (UNPAD) yang berada di sebelah kanan jalan.  Lokasi wisata ini berada pada ketinggian 900 Mdpl (meter dari permukaan laut) dan sebagian besar wilayahnya terletak di Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat.

Udara di sekitar Buper Kiarapayung lumayan sejuk dan dingin, karena daerah ini berada di kaki Gunung Manglayang (1.650 Mdpl) dan berhadapan langsung kerah timur dengan Gunung Geulis (1.281 Mdpl). Konon, nama Kiarapayung berasal dari bahasa Sunda, yaitu kiara (pohon) dan payung (bernaung). Wah.. dengan udara yang sejuk dan alam pegunungan yang eksotik di sekitar Kiara Payung memang terlihat sangat indah.

Menurut sejarah, wisata Buper Kiarapayung pernah dipakai kegiatan Pramuka, yaitu Jambore Nasional 2006. Saat kita masuk kawasan ini, dipintu gerbang melihat tugu tunas kelapa yang cukup besar. Ketika SL.com datang ke lokasi ini pada hari Sabtu-Minggu (11-12 Desember 2010) akses jalan untuk kendaraan bermotor sangat baik, aspal mulus dimulai dari persimpangan Jatinangor dengan jarak tempuh sekitar 5 Km. Kondisi jalan menanjak dan sebelum mencapai kawasan Buper Kiarapayung, kita akan melihat pintu gerbang Lapangan Golf Jatinangor di sebelah kiri jalan.

Terus mau ngapain di Buper Kiarapayung?

Karena udara disekitar wisata Kiarapayung cukup sejuk, maka tempat ini memang sangat pas buat mereka yang lagi mencari pemandangan alam, olahraga sepeda gunung (mountain bike), piknik bersama keluarga,  camping ground, trekking, photo hunting, atau bikin acara outing yang biasa digelar oleh perusahaan. Disana ada banyak lapangan besar yang bisa dipilih untuk melakukan berbagai aktifitas outdoor. Ketika hujan turun, di Kiarapayung ada beberapa shelter untuk berlindung yang bisa menampung sekitar 25 orang.

Nah, akses jalan ke lokasi wisata Buper Kiarapayung Jatinangor sangat mudah dan cepat. Bagi anda yang datang dari Jakarta dengan mobil, cukup melintasi jalan tol Cikampek, Padalarang, dan terus ke jalan tol Bandung Selatan sampai ke Cileungi (paling ujung). Dari pintu gerbang tol Cileungi sudah dekat, hanya butuh waktu sekitar 15 menit. Di Jatinangor ada banyak hotel besar, dan restoran yang bisa dipakai sebagai transit sebelum berlanjut ke kawasan wisata Buper Kiarapayung.

Menurut beberapa literatur, untuk berwisata di Jatinangor punya beberapa tempat bersejarah, antara lain menara jam atau Menara Loji yang terletak di kampus UNWIM yang dibangun tahun 1800-an. Dulu, menara tersebut berfungsi sebagai sirene yang akan berbunyi pada waktu tertentu dalam kegiatan perkebunan karet “Cultuur Ondernemingen van Maatschapij Baud” milik Baron Baud, seorang berkebangsaan Jerman.

Kemudian ada Jembatan Cikuda yang dikenal dengan jembatan cincin. Dulu jembatan tersebut digunakan sebagai jembatan rel kereta yang menghubungkan jalur kereta dari arah Tanjungsari ke Rancaekek. Jembatan Cincin dibangun oleh perusahaan kereta api Belanda yang bernama ‘Staat Spoorwagen Verenidge Spoorwegbedrijf‘ tahun 1918.

Tak salah lagi, jika PT Astra Honda Motor (AHM), bersama PT Daya Adira Mustika (DAM) selaku Main Dealer Honda Jawa Barat bikin acara “Honda Bikers Day 2010” sebagai ajang gathering klub dan komunitas bikers Honda, serta main dealer tingkat nasional dengan tema “Brotherhood In One Heart” di Buper Kiarapayung, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat pada hari Sabtu-Minggu 11-12 Desember 2010 yang lalu.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

14 thoughts on “Wisata Kiarapayung Jatinangor Sumedang Jabar

  1. Keren banget nih acara…Gwa dah bisa ngebayangin ky gimana acara’y trus segede apa acaranya & serame apa acaranya…cuman 1 jawabannya ????
    Keren banget, salut, Gwa acungin 2 jempol bwt Honda bisa ngadain acara gini. Tema Brotherhood ngena banget dah
    :2thumbup

  2. Dinginnya udara gunung dihangatkan oleh Api Semangat “Brotherhood in One Heart”…Mantabz :thanks2

  3. BlackVario says:

    Iyak.. keren banget nih event…
    Kaosnya juga bagus, warna merah haha…
    Sukses buat AHM dan DAM…!

  4. Lauren Zoo says:

    Wah wah,,,, sukses buat Honda buat acara yang lebih meriah lagi yah…. Sukses selalu buat Honda!!!!

  5. Asli bagus n keren banget..itu yang gw denger dari temen gw yang kebetulan bisa ikut kesana, pas liat foto2nya SL ternyata beneran deh keren abis dah!!
    Jadi ngiri banget g’ bisa ikut kesana..

  6. knalpot bocorr says:

    denger-denger acaranya keren…ternyata setelah gw liat foto-foto dari temen gw yg ikut….lebih kerreeeen bro….nyesel ane kaga bisa ikut, gak boleh ama emak gw, belum cukup umur katanye :p

  7. tokek belang says:

    Foto2nya mantap, sedikit banyak memberi gambaran mengenai acaranya walau tak sempat hadir..:)
    Walau cuaca sejuk tapi mustinya makin menghangat dengan pertunjukan sexy dancer kan??hahaha..Keren dah acaranya Honda!

  8. Cub Woman says:

    waahhh…kereenn, banyak games dan cetak rekor MURI pula. Tahun depan harus lebih seru dari tahun ini ya. Sukses buat PT. Astra Honda Motor dan PT. Daya Adira Mustika.

  9. Lauren Zoo says:

    Serasa pingin ikutan tp ga juga ahahahaha…

    yang penting lakukan terus HBD smp akhir hayat

    Sukses browww

  10. Baca artikelnya ajah udah serasa ada di Bumi Perkemahan Kiarapayung….

    Udaranya sejuk, dingin…..

    Pemandanga yang menyejukkan….

    Wow wow wow…

    :thumbup :travel :ngacir2

  11. krenz bangett acaranya nih gwe .. gak bisa

  12. Moch. Djarkasih says:

    Tolong info lokasi gathering buat company group dengan jumlah peserta 150 orang

  13. untuk pemesanan tmpat gimana caranya??? saya bis menghubungi kemana?thanks

  14. […] seluruh daerah di penjuru tanah air. Setiap tahunnya sejak dari Pantai Pangandaran  tahun 2009, Kiara Payung,  Sumedang tahun 2010, Gunung Bromo tahun 2011, Candi Prambanan  tahun 2012, Pantai Anyer tahun […]

Leave a Reply