GT Radial BMW Alta Touring Championship 2010

8 Desember 2010. Anda berminat ingin ikut balapan mobil? Jika tertarik, tak ada anda salahnya anda bergabung dengan ajang balapan “Indonesia Touring Car Championship” yang kini kerap meramaikan “Indonesia Series of MotorSport (ISOM)“. Balapan tersebut telah berlangsung sebanyak enam seri untuk tahun 2010 di Sirkuit Sentul Bogor.

Salah satu seri balapan “Indonesia Touring Car Championship” yang khusus hanya untuk mobil BMW, adalah kelas “GT Radial BMW Alta Touring Championship” yang sudah selesai menjalankan 6 Seri ISOM. Selama tahun 2010, balapan di sponsori oleh pabrik ban terbesar di Asia Tenggara PT Gajah Tunggal Tbk dengan merek GT Radial. Kelas ini melombakan balapan dalam dua kelas, yaitu Open dan One Make Race (OMR). Ternyata, ada puluhan pembalap BMW telah bergabung di ajang ISOM 2010 dan ini cukup menarik untuk disimak.

Tak heran, selama 6 seri ISOM 2010 yang digelar, ternyata ada 17 pembalap BMW terjun di kelas OMR dan 5 pembalap di kelas Open. “Memang banyak juga para pemilik BMW yang hobi balap, namun mereka enggan disejajarkan dengan para pembalap kelas Master. Maka dari itulah, saya bersama dengan Alta Racing Management mengadakan BMW E36 One Make Race,” kata Andre Dumais, sang promotor di sela-sela acara Racer Gathering GT Radial BMW Alta Touring Championship 2010 (Minggu 5/12/10).

Menurut Andre, balapnya ini jauh lebih murah. “Dengan dana sekitar Rp 180 juta kita dapat mobil dengan spesifikasi balap. Sementara, untuk ikut kelas-kelas lain di luar ini, dibutuhkan minimal Rp 300 juta,” katanya. Agar balapan ekonomis dan balap tetap seru, promotor memperketat peraturan. “Kami memakai ban GT Radial sebagai sponor, serta suspensi, dan velg yang sama,” tambahnya.

“Saya merasa balapan lebih ketat dan seru karena kami menggunakan mobil BMW, serta ban GT Radial Champiro SX1 R17 yang  punya performa baik, dan menggigit. Selain itu kami pakai velg dan suspensi yang sama. Kemampuan setiap pebalap telah diuji di sirkuit Sentul dalam setiap serinya,” kata Posma Panggabean dari Tim GT Radial Motul Alta Racing.  Bagi sang juara umum OMR bisa menggondol hadiah senilai Rp 30 juta.

Perusahaan ban kenamaan tanah air sekaligus produsen ban terbesar di Asia Tenggara, PT Gajah Tunggal Tbk (GT Radial) kembali menunjukkan komitmen untuk memajukan olahraga otomotif lewat dukungannya terhadap beberapa drifter muda yang akan ikut serta berlaga dalam gelaran bertajuk Drift Bash Challenge 2011 yang seri keduanya akan dilaksanakan pada hari Sabtu (kualifikasi) dan Minggu, 4-5 Maret 2011, di Sirkuit Gokart Sentul.

Berbekal produk-produk GT Radial yang sudah teruji di sirkuit balap yakni GT Radial Champiro HPX, Champiro HPY dan Champiro SX1, 12 drifter muda yang berada dibawah GT Radial Drift Team siap untuk berkompetisi di jalur sirkuit yang cukup menantang di Sentul. Para drifter yang akan berlaga dengan membawa bendera GT Radial ini antara lain Rhenadi Arinton, Rio Saputro, Dhika CS, Demas Agil, Dean Zen dan Danny Ferdito, yang pada seri Driftbash Challenge sebelumnya sudah mulai menunjukkan potensi yang mumpuni.

Arijanto Notorahardjo, GM Marketing PT Gajah Tunggal Tbk, menyatakan bahwa para drifter ini juga diberikan kesempatan untuk latihan yang diselenggarakan oleh GT Radial di Sirkuit Sentul sebelum mengikuti kompetisi agar kemampuan mereka lebih terasah. Harapannya, olahraga drift yang merupakan kegiatan positif untuk anak muda ini terus berkembang, dan mampu menghasilkan drifter yang berprestasi hingga dapat disandingkan dengan drifter-drifter internasional.

PT Gajah Tunggal Tbk yang baru saja menerima penghargaan dari Ikatan Motor Indonesia sebagai sponsor pendukung kerjurnas otomotif 2010, dalam acara IMI Awards pada tanggal 24 Februari 2011, ingin lebih memajukan dunia otomotif dari segala aspek. Tahun 2011 ini, selain terus mensponsori kegiatan olahraga otomotif, PT Gajah Tunggal Tbk juga ingin terus membangun komunikasi dengan komunitas-komunitas otomotif serta masyarakat pada umumnya, lewat safety campaign dengan memberikan pengetahuan mengenai keselamatan berkendara, yang di awali di kota Samarinda beberapa waktu yang lalu.

“Balap ini sendiri menjadi alternatif primadona guna meningkatkan perkembangan olahraga otomotif nasional,” kata Arijanto Notorahardjo, General Manager Marketing PT Gajah Tunggal Tbk yang dikenal sebagai produsen ban GT Radial yang punya komitment ingin mengembangkan dunia balap dan otomotif nasional.

Andre sendiri mengakui bahwa balapan ini telah direstui oleh pihak BMW Indonesia. “BMW Indonesia terlihat cukup antusias dengan balapan ini. Saya pun harus membuat laporan secara rutin ke pada BMW Indonesia,” ungkap Andre, yang berencana akan menggelar balapan serupa di musim 2011. Yang jadi pertanyaan, apakah BMW Indonesia ikut menjadi “panas” karena hadirnya OMR Mercedes-Benz C-Class Touring Car Championship? Yuk.. kita lihat saja ISOM tahun 2011 mendatang, dimana tampaknya sirkuit Sentul akan semakin bergairah!

Info lengkap tentang Alfa Racing Team, kontak langsun melalui email [altaracingteam@gmail.com] yang berkantor Graha Mustika Ratu Suite 707, Jl. Gatot Subroto Kav.74-75, Jakarta, Indonesia.

  • CEO: Jean Andre Dumais
  • Managing Director: Posma Panggabean
  • Technical Director: Andre Timothy
  • Race Director: Nicky Tjonadi
  • Financial Director: Sandy Soper Rachmat
  • Executive Officer: Teddy Suteja
  • Racing Committe: Taqwa, Rikza S.A
  • PR & Marketing: Risa Miranti, Danra Madjadi, Bambang

PHOTO ALBUM

Please follow and like us:

Leave a Reply