Moreno Juara Pertama Kejurnas CCTC 2010 Seri 2

005

7 Desember 2010. Balapan “Mercedes-Benz C-Class Touring Championship (CCTC)“, atau “Kejurnas CCTC” sebagai balapan mobil Mercedes-Benz C-Class terbaru model W204 kembali digelar di Sirkuit Sentul, Bogor (5/12/10). Ini adalah seri ke-2 ditahun 2010, dan Kejurnas CCTC ini masuk agenda “Indonesia Series of Motorsport (ISOM) 2011“.

Untuk event Kerjurnas CCTC 2010 Seri Ke-II diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari pembalap profesional, dan berbagai latar belakang profesi para pencinta dunia otomotif dan balapan. Menurut pengamatan SL.com, tampaknya CCTC seri kedua ini jauh lebih menarik daripada seri pertama yang pernah dihelat pada 10 Oktober 2010 yang lalu.

Pasalnya, selain terjadi peningkatan jumlah peserta dari 21 menjadi 32 pembalap, dan pengumpulan poin sudah diberlakukan. Untuk seri kedua Kejurnas CCTC 2010 ini, balapan dimenangkan oleh Moreno Soeprapto.

Pada seri kedua Kejurnas CCTC ini, PERTAMINA FASTRON resmi ikut menjadi sponsor di mana seluruh peserta menggunakan merek pelumas nasional tersebut. Selain dari Pertamina Fastron, Kejurnas CCTC ini juga didukung oleh GT RADIAL sebagai pemasok ban khusus untuk Mercedes-Benz C-Class. “Ini sebuah kehormatan bagi kami bahwa ternyata Mercedes-Benz One Make Race ini mendapatkan respon yang tinggi dari para pecinta balap, khususnya para penggemar Mercedes-Benz di Indonesia,” jelas Deputy Director Marketing PT Mercedes-Benz Indonesia, Yuniadi Hartono.

Yuniadi menambahkan, bahwa pada seri pertama Kejurnas CCTC hanya diikuti 21 peserta, di mana sebagian besar dari mereka merupakan para pembalap profesional. “Hari ini semakin banyak wajah pembalap nasional berada di balik kemudi C-Class. Ini merupakan sebuah fenomena menarik dan menunjukkan CCTC sebagai sebuah event yang bergengsi,” lanjut Yuniadi.

CCTC yang diselenggarakan oleh Mercedes-Benz Indonesia memberikan sebuah suguhan persaingan seru pada dua kelas, yaitu Kelas C-200 Kompressor dan C-200 CGI. Sederet nama pembalap nasional ikut ambil bagian dalam kelas CGI, antara lain Tinton Soeprapto, Ananda Mikola dan Moreno Soeprapto.

Tidak ketinggalan pembalap Dandy Rukmana, Arso Sadewo dan Tio Sadewo, yang seluruhnya membawa bendera tim “Sentul Auto Stage Racing Team”. Selain itu terlihat team “Northstar Mahaka” dan “Bikers Plus” dan beberapa pembalap privateer ikut serta dalam ajang Kejurnas CCTC 2010 Seri Ke-2 ini.

“Sekali lagi saga katakan, bahwa Mercedes-Benz Indonesia berharap hadirnya nama-nama pembalap nasional yang dapat menyemarakkan kompetisi, serta menunjukkan Mercedes-Benz Fastron C-Class Touring Championship sebagai ajang balap yang berkelas. Mercedes-Benz Indonesia optimis mass depan balap di Indonesia akan semakin meriah bila semakin banyak pembalap yang kembali ke sirkuit,” ungkap Yuniadi.

CCTC merupakan balap touring One Make Race yang hanya melombakan sedan C-Class terbaru berbasis model W204. CCTC hadir sebagai balap mobil premium. Yang pasti, CCTC ikut memanaskan lintasan balap Sentul yang memang dibangun dengan basis Mercedes-Benz C-Class standard pabrik dan lebih dulu dimodifikasi sesuai spesifikasi balap Group N standar FIA. Sementara itu pada bagian mesin, sistem transmisi, dan sistem pengereman masih berstandar pabrik.

“Kami hanya mengubah spesifikasi pada sistem suspensi balap, memasang roll bar, memodifikasi saluran buang (knalpot),” ungkap Yuniadi. Selain itu ia menambahkan, dimensi velg dan ban yang dipakai pada balapan ini juga berbeda dengan model pabrik. Untuk velg, Mercedes-Benz memasang ukuran 17 inci dengan ban merek GT Radial Champiro SX1, dimana GT Radial sebagai Official Tyre event balap ini. Sedangkan pelumas yang merupakan standard untuk kompetisi ini adalah Fastron Gold SAE 5W30 API SN/CF.

Hasil balapan Kejurnas CCTC 2010 Seri 2

Fitra Eri dari tim Top1 GT Radial menempati start terdepan diikuti dua pebalap kakak beradik Moreno dan Ananda. Start bagus sudah dilakukan Fitra, dan ia langsung memimpin dengan manis. Pesaing utamanya adalah Ananda Mikola yang harus masuk paddock karena bermasalah dengan pedal gas.

Balapan semula berlangsung seru, namun sayangnya, balapan dihentikan pada lap 9 karena sebuah kecelakaan diantara dua mobil di tikungan S kecil antara Antyo Widiyanto dan Anto Irianto.  Tak lama kemudian safety car memimpin didepan, dan setelah safety car masuk kembali, akhirnya balapan dimenangkan oleh Moreno Soeprapto (Sentul Auto Stage Racing Team), urutan kedua Rudi SL (Northstar Mahaka), serta  dan ketiga Andrew Haryanto (Top1 GT Radial). Sedangkan Fitra Eri yang semula memimpin balapan sejak lap pertama dikabarkan mengalami masalah “safe mode” di mobilnya, dan ia finish di urutan ke-empat.

PHOTOS

Please follow and like us:

6 thoughts on “Moreno Juara Pertama Kejurnas CCTC 2010 Seri 2

  1. […] bersamaan dengan event Kejurnas OMR “Mercedes-Benz C-Class Touring Championship (CCTC)“ Seri Ke-2 Tahun 2010. Event ini adalah bagian dari “Indonesia of Series of Motorsport ISOM 2010 Seri […]

  2. […] 2011. Yang jadi pertanyaan, apakah BMW Indonesia ikut menjadi “panas” karena hadirnya OMR Mercedes-Benz C-Class Touring Car Championship? Yuk.. kita lihat saja ISOM tahun 2011 mendatang, dimana tampaknya sirkuit Sentul akan semakin […]

  3. […] PLUS Team”. Hal ini terlihat dari salah satu peserta yang ikut dalam ajang “Mercedes-Bens C-Class Touring Championship 2010 Seri ke-2“. Katanya, Biker Plus merupakan sebuah perusahaan yang didirikan untuk mewujudkan seseorang […]

  4. Selamat buat Moreno Soeprapto yang sudah menjadi pemenang…..

    Kemenangannya jangan hanya sampai disini ajah….

    Harus menjadi pemenag di sesi2 berikutnya….

    Okay kay kay…

    :ngacir2 :tkp :request

  5. […] Sebelum balapan dimulai, ketiga mobil balap mereka terparkir dalam garasi khusus dan sejumlah rekan-rekan dari IMI (Ikatan Motor Indonesia) sempat berkumpul dan memberikan semangat, serta foto bersama. Selamat buat Reno yang akhirnya mampu merebut juara pertama event “Mercedes-Benz C-Class Touring Championship (CCTC) 2010 Seri Ke-2“. […]

Leave a Reply