The Champion of Autoblackthrough 2010: SKEV1 ABBALS

6 Desember 2010. Inilah dia pemenang “The Champion of Autoblackthrough 2010” yaitu mobil “KEV1 ABBALS” milik Sendi yang merupakan proyek kolaborasi antara keindahan pengerjaan body, audio mumpuni, serta mesin listrik. Mobill ini dipilih oleh dewan juri “Autoblactrough Final Battle 2010” yang berlangsung di JCC Senayan (Minggu 5/12/10).

SKEV1 memiliki nama panjang “Signal Kastem Electric Vehicle 1 (SKEV1)” telah menyingkirkan King Nominee yang lain berkat detail pengerjaan body yang luar biasa ditunjang teknologi mesin listrik karya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

“Mobil ini penggeraknya seratus persen tenaga listrik. Jadi energy yang disimpan di dalam baterai Lithium dipakai untuk menggerakkan motor listrik ” ujar Abdul Hapid salah satu anggota tim dari LIPI yang turut mensuplai tenaga gerak mobil ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, “Baterai yang kami pakai untuk mobil ini jenisnya 96 volt 200 ampere hour. Jadi untuk satu kali isi (charge) bisa menempuh jarak 160 sampai 200 km”. Sebagai informasi satu kali charge normalnya memerlukan waktu 4 jam namun dapat disetting menjadi 1 jam untuk sekali isi ulang baterai listriknya.

Untuk baterai yang dipakai merupakan Lithium terbaru yang memakai teknologi nano jadi kemampuan energy densitifnya bisa lebih tinggi dibandingkan dengan baterai basah (litesit). Keunggulan baterai ini kecepatan pengisian baterai bisa satu jam sementara yang litesit paling tidak butuh enam sampai sepuluh jam untuk satu kali isi ” ujar Abdul Hapid menjelaskan.

Seluruh sistem pengisian baterai mobil terbilang sangat mudah karena tinggal colok dan seluruh penggunaan baik itu berap jarak yang sudah ditempuh maupun sisa jarak yang dapat ditempuh semuanya terdisplay pada indikator di dashboard.

“Keunggulan lain dari mobi ini ialah menggunakan regeneratif braking jadi kalau saat melalui jalan menurun, mobil akan secara otomatis mengisi baterai” imbuh Abdul Hamid lagi. Menyelaraskan mesin listriknya dipasanglah transmisi manual 5 percepatan yang mampu menghasilkan tenaga hingg 52 Hp dan torsi 156 Nm berikut kecepatan maksimum di angka 6500 rpm.

Lanjut berbicara seputar body seluruh pengerjaannya diserahkan kepada Andre punggawa Signal Kastem. Mobil ini menggunakan rangka kastem bueprint serta struktur tubular space frame dari baja setebal 4 mm. Untuk bagian-bagiannya dari mulai kap mesin dan fender menggunakan bahan logam ukir (metal crafted) serta beberapa unsur karbon.

Total panjang mobil ini ialah 390,5 cm, lebar 260 cm, sementara tinggi sudah mencapai 96,83 cm. Untuk interior, mobil ini juga dihias unsur karbon dengan dashboard komplit yang dapat menunjukkan kapasitas baterai, voltase baterai, kecepatan motor, odo meter, cycle analys, spy glass, dan juga GPS serta kamera pandang belakang keluaran Alpine.

Pengerjaan audio SKEV1 diserahkan sepenuhnya kepada bengkel Audiopro yang mendapat suplai full audio dari Alpine. Spek rincinya ialah headunit Alpine IVA-W502E, 5 buah monitor Alpine TME-S370, 4 buah subwoofer Alpine SWR-1042, 2set Alpine SPR17S, 2 buah amplifier Alpine PDX-F6 dan dua buah amplifier Alpine M12.

Sederet keistimewaan inilah yang membuat juri dari NCCA menganugrahkan gelar the Champion of Autoblackthrough 2010 dan berhak membawa pulang Grand Prize senilai Rp 200 Juta.

“Perasaan saya sangat senang sekali karena bisa memenangkan the Champion di final battle Djarum Black Autoblackthrough 2010 dan nggak bisa dijelaskan dengan kata-kata dan pastinya ke depan saya akan bangun lagi mobil yang beda tentunya dan belum pernah ada seperti sekarang ini di Indonesia dan menunjukkan sebuah modifikasi lain lagi yang luar biasa ” ujar Sendi penuh rasa bangga.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply