GT Radial Drifting 2010: Pertama Kali di Sentul GoKarting

4 Desember 2010. Pertama kali drifting di Sirkuit Go Karting Sentul, Bogor Jawa Barat. Itulah fakta yang terjadi hari Minggu, 28 November 2010 yang diikuti 37 starter untuk memperebutkan hadiah dan gelar juara event “GT Radial JakDrift 2010 Seri-4“. Tak disangka event tersebut, terasa jauh lebih seru ketimbang di PRJ Kemayoran.

Pasalnya, lintasan GoKarting Sentul lebih banyak tikungan, dan uniknya lebar jalan jauh lebih kecil, sehingga para pembalap harus full konsentrasi mengendalikan mobilnya agar tidak keluar jalur. Hanya saja, panitia tidak menggunakan seluruh lintasan, mungkin terlalu panjang. Dari sisi keamanan sepertinya ini lebih baik, karena jika drifter sampai keluar lintasan hanya masuk ke rumput, tidak seperti di PRJ Kemayoran bisa menabrak pembatas tembok yang sangat riskan dan berbahaya.

Sempat terjadi duel yang cukup ketat antara drifter muda Amandio telah menempati posisi pertama pada saat kualifikasi dengan menggunakan Nissan Silvia, dimana ia bertanding secara ketat M Hermawan (Wawan) yang mengendarai Nissan S13 pada saat kompetisi final berlangsung, Dio panggilan akrab untuk Amandio, sayang sempat tergelincir setelah menyengol pembatas lintasan. Pada akhirnya Wawan berhak memborong gelar juara. Lihat artikel podium GT Radial JakDrift 2010 Seri ke-4.

Dalam event ini, terlihat pula pembalap nasional lainnya yang turut meramaikan ajang drifting ini adalah Rifat Sungkar, meski belum mendapatkan posisi yang beruntung namun penampilannya dalam ajang tersebut cukup memberikan detak kagum bagi para penonton di tribun. Yang tak kalah menarik adalah aksi dari Dean Zen yang meluncur dengan menggunakan BWM andalanya dan berhasil menempati posisi pertama dalam kejuaran GT Cup melewati Rhenadi Arinton yang turun dengan  Nissan S15nya.

“Ini merupakan ajang drifting pertama kali yang diadakan di dalam sebuah sirkuit untuk di Indonesia, bahkan yang pertama kali diadakan di Sirkuit Go Kart,” ujar Arijanto Notohardjo selaku General Manager Marketing PT Gajah Tunggal Tbk dan juga sebagai promotor dari acara drifting tersebut. Sebagai sponsor utama, terlihat pula kehadiran beberapa pimpinan (CEO) perusahaan PT Gajah Tunggal Tbk yang ikut turut menikmati sensasi drifting dari awal hingga akhir. Tak sekedar berada duduk dipodium, dengan beberapa tamu VIP ia turun kelapangan sambil dikawal UG seksi.

Bagi GT Radial, event ini merupakan komitment perusahaan untuk memajukan motosport di Indonesia. Tak heran jika GT Radial kini sudah memiliki sebuah tim khusus untuk meramaikan kompetisi drifting yang kini semakin maju dan banyak digemari oleh pencinta otomotif. Animo masyarakat akan drifting kini berkembang dengan pesat, dan keadaan ini tak disia-siakan oleh pihak panita (EO) untuk menyajikan acara drifting kelas wahid di Tanah Air. Tak itu saja, peran sponsor GT Radial maupun partner sponsor, ikut pula meramaikan dengan berbagai kontes Miss GT Radial. Yang beginian malah bikin acara lebih heboh. Tak bawa kamera pasti menyesal habis!

Semoga saja, suguhan drifting diwaktu mendatang bakal lebih atraktif lagi. Tak cuma hanya duduk sebagai penoton, tetap paling tidak bisa ikut merasakan langsung drifting dalam acara eksibisi. Di ajang GT Radial JakDrift kemarin, tampaknya pihak panitia sudah memberikan kesempatan bagi beberapa penonton untuk merasakan secara langsung sensasi drifting dengan duduk disamping para drifter dan melesat di Sirkuit Gokart tersebut. Wuih.. asyik banget tuh! Ditunggu pada event berikutnya.

PHOTO GALLERY 

Leave a Reply