Mengenal Ciri-Ciri Pelumas Pertamina Yang Baru & Asli

Jakarta,  5 Desember 2010. Sebenarnya SL.com pernah memuat artikel tentang tips “Menghindari Pelumas Palsu” dan “Karakter dan Jenis Oli Mesin” dan kali ini SL.com ingin memberikan informasi tambahan soal bagaimana kita dapat mengenal ciri-ciri Pelumas Pertamina Yang Baru dan Asli. Info ini perlu disampaikan lagi agar kita terhindar dari pemalsuan pelumas yang makin marak.

Kita ketahui bahwa Pertamina adalah perusahaan nasional terbesar di Tanah Air dan pastinya akan memberikan komitment dengan produk terbaik buat konsumen, dan ini sebenarnya tak perlu diragukan lagi. Namun demikian, kita harus waspada agar kita tidak tertipu, dan berhak mendapat jaminan keaslian, serta kepuasan produk Pertamina.

Maka dari itulah, Pertamina senantiasa ber-inovasi dengan setiap produknya, disamping inovasi kualitas untuk peningkatan mutu atau kualitas pelumas itu sendiri, melainkan juga pada peningkatan inovasi pada kemasan. Nah, jika dapat memahami ciri-ciri yang benar dari setiap kemasan Pelumas Pertamina, maka kita sebagai konsumen akan lebih yakin karena mendapatkan produk yang asli, antara lain kemasan 0,8 liter; 1 liter; dan Galon (4 liter).

Untuk seluruh produk kemasan botol dan galon Pelumas Pertamina, setiap tutup dan badan botol/galon terdapat Batch Number sebanyak 8 (delapan) digit, misalnya: 00632085. Lima digit pertama (00632 – adalah Nomor Batch Blending). Dua nomor berikutnya (08 – merupakan Tahun Produksi). Sedangkan nomor terakhir menunjukkan Lokasi Pabrik Produksi (1, 2 & 3 – Jakarta, 4 – Cilacap, dan 5 – Surabaya/Gresik).

Sebagai produk Pertamina yang berkualitas tinggi yang telah dibuat di Lube Oil Blending Plant (LOBP) dan merupakan pabrik pengolahan pelumas tercanggih di Asia Tenggara, setiap pembuatan Batch Number telah menggunakan sinar laser. Hasilnya tulisan Batch Number di tutup dan badan botol/galon adalah Sama, Sejajar, Rapi, Sama Tebal dan Jenis Huruf/Angka Sama.

Untuk kemasan drum, Pertamina telah menambahkan security atau pengaman. Beberapa pengaman tambahan itu adalah Protect Ring pada tutup drum. Saat tutup drum dibuka akan Rusak, dan tampak Cupseal dalam kondisi baik. Saat dibuka, Cupseal pun akan Rusak. Ketika Cupseal telah terlepas terlihat Plug menyatu dengan Flange. Demikian pula dengan Flange yang menyatu dengan drum. Dengan beragam pengaman inilah Pertamina berusaha meningkatkan, menjamin, memastikan kualitas serta memuaskan pelanggan.

Demi memastikan bahwa produk yang diterima adalah asli, konsumen bisa menghubungi Contact Pertamina Telpon 500 000 (tanpa kode area) atau via email [pcc@pertamina.com]. Selain itu produk-produk pelumas Pertamina yang asli sudah pasti bisa diperoleh melalui SPBU Pertamina, Pertamina Olimart, Bengkel Enduro dan Bengkel-Bengkel Terpercaya di setiap kota.

6 thoughts on “Mengenal Ciri-Ciri Pelumas Pertamina Yang Baru & Asli

  1. Tips yang menarik yang patut kita coba…..

    Jangan salah2 pilih kemasan oli…..

    Yang tadinya mau untung, eh ini malah buntung……

    Hihihihihihi 🙂 🙂 🙂

  2. Good Article om….Tambah lagi ni wawasan, biar kite-kite pas beli oli ga ketipu lagi. Khn jangan sampe yg aspal. klo kite ga tau, 2x ruginya tuh !!!!!
    yang pertama rugi duit yg kedua rugi barang karna palsu, hehehehe
    Thanks artikelnya om
    :alay

  3. Sip…jadi gak bakalan ketipu neh…sekarang memang harus super jeli…banyak yang aspal…thanks Bro

  4. Saya kemarin Sabtu siang harus kecewa, nyari OLInya pertamina FASTRON Dari caruban madiun, ngawi, nyapai sragen gak ada yang punya, kalaupun ada di SPBU petugasnya yang jaga gak ada lagi keluar, gimana….? Petugas lainnya gak berani jual, katanya tanggung jawabnya sendiri-sendiri. Waduh Gimana Kita Beli Bawa Uang Gak Minta2. Selama ini saya gunakan oli enduro yang biasa, saya mau beralih gunakan fastron, Ingin tau rasanya GIMANA gitu?
    Pertamina harusnya buat aturan yg TEGAS buat SPBU untuk jual produk2 Pertamina yang lengkap GITU, ya…. minim satu biji, jadi kita konsumen setia produk oli pertamina gak kecewa, Masak banyak SPBU gak punyak produk pertamina lengkap dari pertamina, SPBU kan cerminan dari produknya pertamina, setiap saya tanya Jawabnya petugasnya SELALU SAMA, “Wah produk itu gak laku mas, Jadi kita Gak JUAL”, jawaban APA itu, konsepnya orang jualan harusnya gak GITU. Saya hanya kasih saran buat PERTAMINA buat aturan yang tegas bagi SPBU2 buat jual Semua produk2 pertamina minim 1 bijilah, Sebab saya lebih Percaya Produk PERTAMINA yang di jual di SPBU/Indomaret dari pada di toko2 OLI, karena saya pernah beli di toko kena yang palsu trus motor saya rusak, pengalaman itu buat saya jadi was2 kalo beli di tko2. Itu saja Saran & Kritik buat PERTAMINA, semoga PERTAMINA semakin jaya, dan menjadi Raja di negeri sendiri.Ok

  5. thanks info-nya..itu sangat membantu!
    ckckck itu penipuan..aku yakin dah banyak yg jadi korbannya. ayo kita ber satu hati untuk semakin waspada.

  6. thanks.. banget bro…

Leave a Reply