Soft Launching Yamaha New Jupiter MX

28 November 2010. Tadi siang (Minggu 28/11/10), Dyonisius Bety selaku Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menggelar acara buat kalangan media/jurnalis, bersama dengan sejumlah undangan blogger otomotif. Tak lain acara tersebut adalah perkenalan atau soft-launching motor terbaru dari YMKI, yaitu Yamaha New Jupiter MX 135cc.

Acara digelar di dalam tenda putih, namun sayangnya berlangsung secara bersamaan dengan balapan “Yamaha Cup Race 2010” putaran terakhir di kawasan PRJ Kemayoran Minggu (28/11/10). Tentu saja, suara motor yang lagi balapan mengganggu acara tersebut, sehingga penjelasan yang diberikan oleh Pak Dyon (nama akrab Dyonisius Bety) sudah tak terdengar lagi. Dalam sesi tanya jawab, setiap orang yang ingin bertanya terpaksa harus maju kedepan dan berbicara langsung (seperti orang berbisik) dengan Pak Dyon.

Singkat kata, sebenarnya motor Yamaha New Jupiter MX sudah dilihat oleh publik secara pameran motor JMS 2010 yang lalu, kemudian sebagian besar wartawan otomotif sudah menjajal langsung motor ini (test-ride) di Sirkuit Sentul, Bogor hari Kamis 25 November 2010, dan sayang sekali kalau SL.com tak ikut serta didalam acara test-ride tersebut karena memang yang diundang test-ride khusus buat para wartawan saja.

Menurut catatan SL.com sesuai penjelasan Dyon, bahwa keunggulan dari Yamaha Jupiter MX setelah keluaran pertama di tahun 2005 adalah dari performa mesin yang tahan lama, kuat dan tak ada gesekan. Motor ini mampu memberikan performa secara maksimal di kelasnya dengan kekuatan mesin 135cc karena teknologi “DyAsil Cylinder”, sehingga Jupiter MX 2010 tetap kuat dan handal dikelasnya.

Kata Dyon, Yamaha New Jupiter MX 2010 merupakan pengembangan motor dari generasi sebelumnya yaitu Jupiter MX. Kekuatan mesin motor ini masih diakui oleh para insinyur Jepang (Dyon sambil menunjuk salah satu pria Jepang yang duduk disebelahnya) bahwa keunggulan Yamaha New Jupiter MX terletak pada teknologi “DyAsil Cilinder”. Sejak pertama kali Jupiter MX diproduksi tahun 2005, motor ini sudah menggunakan teknologi ini dan terbukti handal.

“DyAsil Cilinder” kini menjadi salah satu part terpenting dan menjadi bagian standar dari pabrikan Yamaha memproduksi motor andalan yang kini sudah diterapkan pada beberapa motor Yamaha yang lainnya. Tak heran, jika YMKI berani memberikan garansi lima tahun untuk mesin, karena mesin tak perlu bore-up (asalkan motor masih dalam kondisi standard atau mesinnya belum pernah di oprek).

Menurut cerita dari rekan-rekan wartawan yang sudah melakukan test di Sentul, ternyata motor baru Yamaha MX ini bisa langsung dipacu hingga kecepatan 110 Km/jam pada track lurus. Kemudian melibas tikungan dengan kecepatan rata-rata 70 Km/jam. Motor ini sangat tepat buat bikers yang menginginkan performa motor yang tangguh dan memiliki performa kecepatan.

Soal desain, silahkan dilihat sendiri dari foto-foto yang ada. Desain futuristik adalah salah satu keunggulan dari New Jupiter MX dengan lampu kecil didepan dan memiliki lekukan lancip. Yang menarik, bagian depan motor Yamaha selalu punya kemiripan dengan mata burung elang, dan ini terlihat sangat kental di motor new Jupiter MX. Sedangkan model fairing kayaknya masih sama dengan konsep Jupiter MX seri sebelumnya. Bagaimana dengan lekukan-lekukan bodi motor ini? Silahkan pandang sendiri, siapa tau bodi motor ini punya kemiripan dengan gadis bahenol idaman. 🙂

Soal harga ternyata belum bisa dijelaskan oleh Dyon, katanya masih dalam survey. Kemungkinan besar harga jual resmi bakal diumumkan pada tanggal 1 Januari 2011 mendatang. Demikian pula soal peluncuran ke pasar, baru dilakukan jika harga jual sudah didapat, berarti Yamaha New Jupiter MX bakal beredar di pasaran bulan Januari 2011 yang akan datang.

Menurut SL.com ini merupakan langkah marketing jitu atau strategi bisnis perusahaan untuk menghabiskan stok model lama, atau menunggu reaksi pasar dan kompetitor, atau juga menunggu kehadiran sang pembalap MotoGP Jorge Lorenzo ke Indonesia. Rasanya bagi Yamaha peluncuran motor baru tanpa kehadiran sang pembalap MotoGP terasa kurang afdol. Bagaimana yang lain-lainnya? Silahkan berikan komentar anda.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

25 thoughts on “Soft Launching Yamaha New Jupiter MX

  1. mmm mau tanya pak SL…
    bebek ini ada bagasinya apa enggak ya?

  2. alternative says:

    kok depannya kek vega zr ya… imo 😀

  3. meet_hana says:

    135 cc.. kompetitif sekali dari segi performa, tapi semoga saja bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan yang macet.. persaingan segmen bebek makin ketat.. masing2 TPM musti berinovasii

  4. meet_hana says:

    135 cc.. kompetitif sekali dari segi performa, tapi semoga saja bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan yang macet.. persaingan segmen bebek makin ketat.. masing2 ATPM musti berinovasii

  5. Sayang harus nunggu Januari 2011
    Mas numpang copas sedikit gambar saat launchingnya…
    Terima kasih Banyak

  6. […] Copas dari Mas Stephen Langitan LikeBe the first to like this […]

  7. d r o c a says:

    Persaingan dalam dunia otomotif ya emang begitu adanya, salah satunya ya dengan cara peluncuran Yamaha New Jupiter MX, yang menghadirkan Lorenzo sebagai bintang tamunya…….

    Semoga aja bisa bersaing secara sehat y……

    🙂 🙂 🙂

  8. modelnya biasa aja……….nga ada yg menarik

  9. wah motornya keren,apalagi sudah 5 speed dan rem blakang menggunakan cakram,tp kalo jupiter mx dari 4 speed bis jadi 5 speed,
    apakah vixion jg bisa dari 5 speed jadi 6 speed????

  10. powerpuffgirlz says:

    Tetap ga suka, boleh kan??hoho…performa belum teruji…

  11. Aank wijaya says:

    semua ada miumannya yang bermerk….
    tapi bapak yang atu itu minumnya banyak banget!!!!
    pake lteh lagiii..
    ttng motornya…,,,,byasa ajha cuman yang diganti tu depannya doang!!!!,,,,,blakangnya kayak dulu!!!

  12. Dulu ky ikan hiu, skr ky burung elang, keren sih 5 speed
    cuma katanya dulu mau dibikin rem belakang cakram, tp di foto kok jadinya tromol ??
    apa mau dibuat 2 edisi? ky mx cw dulu??

  13. masih berasa aneh liat jupi..

  14. mau tanya pak SL.

    ini new jupe mx irit ga??????

    apa bisa di bandingin keiritannya dengan supra x?

  15. aldo TAHER says:

    Mudah2an harga gk naik terlalu banyak ato klo bza turun harga spt NMP..yamaha semakin didepan..

  16. […] di keramaian “Yamaha Cup Race 2010” putaran terakhir. Pada saat itu, juga berlangsung acara soft-launching Yamaha New Jupiter MX di PRJ Kemayoran Minggu (28/11/10). Terlihat beberapa partner dan mitra Yamaha ikut meramaikan […]

  17. semoga masyarakat bisa bedain mana yang irit,nyaman dan aman

    hehehhe

    salam one heart!!!

  18. Siganugaya says:

    kayaknya keiritannya masih kalah sama supra…

  19. pertamax dah,i like new jupiter mx 2010,emang jauh perbedaannya sama yang lama,pokoknya new jupiter mx 2010 sport habis dah.

  20. om SL

    hemat jo ini jupiter mx baru??

    kage ini blum riki 100 meter so abis bensin…

    hehhe

  21. Kenapa sekali kali ga bikin promo di luar negeri, seperti di Timor Leste??

  22. WArnanya cuma 4?? MAsih ada warna lain ga??

Leave a Reply