Kasih Hanggoro Siap Menantang Rally Dakar 2011

26 November 2010. Kembali, dua petualang warga negara Indonesia siap ikut menantang ganasnya “Rally Dakar 2011“. Kedua pria tersebut Kasih Hanggoro, dan Iriatna Yudha Satria memberikan keterangan pers tentang kesiapannya ikut balap Rally Dakar 2011 di Cafe Black Cat, Arcadia Plaza Senayan Jakarta hari Kamis 25/11/10. 

Menurut agenda, Rally Dakar 2011 mendatang ini akan berlangsung selama 16 hari dari tanggal 1 hingga 16 Januari 2011 dengan rute melintasi dua negara Argentina dan Chili dengan total jarak tempuh lebih dari 9000 KM. Kita ketahui bahwa Rally Dakar yang dulunya  disebut dengan Rally Paris-Dakar, sejak tahun 2009 mengambil lokasi ke Amerika Selatan. Sebelumnya sangat populer dengan perlintasan di Gurun Sahara Afrika Utara.

Aang, panggilan akrab Hanggoro sebelumnya pernah ikut balap Rally Dakar Amerika Selatan pada bulan Januari 2010, dan saat itu ia turun dikelas Open Wheel dan mobil single seater (mobi buggy), dan saat itu ia hanya sanggup bertahan hingga etape ke-tiga. Namun demikian, Aang tak merasa kapok untuk kembali mengikuti ajang reli yang terganas di dunia ini dengan satu tujuan adalah membawa nama bangsa Indonesia di kancah rally dunia, sekaligus ingin memberikan semangat, serta motivasi bagi kalangan muda Indonesia, khususnya para penggemar sport dan adventure.

Aang yang punya profesi sebagai dosen di Universitas Budi Luhur Jakarta, bakal tak sendirian lagi ikut balapan Rally Dakar, ia kini mengajak navigator Iriatna Yudha Satria yang dikenal sebagai kepala mekanik Harly Davidson Indonesia untuk sama-sama merasakan sensasi alam dan ganasnya medan di Amerika Selatan, yaitu melewati daerah pegunungan Andes yang memiliki ketinggian hingga 4.000 meter diatas permukaan laut.

Untuk Rally Dakar 2011, Aang dan Yudha turun dikelas T-2 (diesel) dan bergabung dengan Tim EPSILON yang merupakan salah satu tim elit dari Spanyol untuk Rally Dakar. Tim Epsilon ini merupakan salah satu tim yang pernah melibatkan pembalap dunia, Carlos Sainz dan navigator Lucas Cruz. Soal latihan dan try-out, Aang belajar banya dari Lucas Cruz dengan mobil pilihan Mitsubishi Montero V60 tahun 2006 dengan racikan tim balap Spanyol Epsilon. Di Indonesia mobil tersebut lebih dikenal dengan nama Mitsubishi Pajero.

Mobil balap Mitsubishi Montero V60 tahun produksi 2006 tersebut, sudah memiliki spesifikasi balap rally, mengusung mesin diesel 3.500 cc yang dilengkapi turbo dan penggerak empat roda, yang sangat tangguh untuk melibas berbagai macam jenis trek berat. Mobil ini juga sudah dilengkapi engan berbagai peralatan keselamatan, dan alat navigasi GPS standar FIA.  Saat uji coba dibantu oleh Lucas Cruz di markas Tim Epsilon, Spanyol pada bulan Oktober lalu.

Soal target, Aang dan Yudha hanya menargetkan bisa finish di setiap etape. “Kami tak ingin muluk-muluk menjadi juara dunia, namun kami cukup punya target bisa finish di setiap etape. Karena tujuan kami adalah pencitraan nama bangsa Indonesia. Kita ketahui bahwa Indonesia masuk anggota G-20 dan harapannnya adalah nama bangsa Indonesia bisa dikenal dunia dalam dunia balap dan otomotif,” ungkap Aang di depan para wartawan otomotif.

Jadi, menurut Aang bahwa dirinya mengikuti ajang ini balap Rally Dakar adalah membawa rasa nasionalisme nama bangsa Indonesia di kejuaraan dunia olahraga adventure. Dalam sesi tanya jawab, Aang menjelaskan bahwa keikutsertaannya hanya sampai tahun 2011 ini saja, karena untuk tahun 2012 dan seterusnya ia katakan tidak akan ikut serta lagi.

“Alasan berikutnya kami ikut serta di Rally Dakar, setidaknya dapat memberikan  motivasi bagi para pembalap muda yang ingin mengikuti kejuaraan balap dunia dimasa mendatang,” jelas Aang yang tidak melibatkan pihak sponsor. Ia sempat katakan bahwa perjalanan Rally Dakar ini atas biaya sendiri dengan jumlah lumayan besar, secara angka bisa lebih dari Euro 100,000. Nah, kita harapkan Aang dan Yudha bisa sukses menjalani Rally Dakar yang terkenal sangat mahal dan ganas!

Yuk, selanjutnya kita nantikan artikel berikutnya.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

5 thoughts on “Kasih Hanggoro Siap Menantang Rally Dakar 2011

  1. Thanks bro dah sharing artikel.

    Very nice!

    Ciao

  2. di tunggu bang stef liputan selanjutnya. jadi pengen ikut dakkar, 😀

  3. d r o c a says:

    Harumkan nama Bangsa Indonesia di kancah internasional…….

    Siapa yang gak bangga kalau salah satu generasi muda Indonesia mampu sampai finis di ajang rally dakar, hmmmm…….

    Go Go Go….

    🙂 🙂 🙂

  4. Aank wijaya says:

    eiiiitttt…..jangan nantang dong!!!!
    ntar kalah…,,,nangis bilang sama papi mami…
    wkwkwkwkwk…

  5. Alumni UBL says:

    apakah tidak lebih baik menaikan kesejahteran pegawai dan dosen Universitas Budi Luhur, atau membeli buku, komputer bagi mahasiswa yang masih jauh dari harapan,, tks

Leave a Reply