Review Ford Fiesta: Braking System

13 November 2010. Melanjutkan artikel tentang Review Ford Fiesta: Hot Lap & Stability Control, maka disini SL.com berbagi tentang “Braking System” saat ikut test-drive Ford Fiesta milik PT Ford Motor Indonesia (FMI). Acara belangsung hari Kamis, 11/11/10 di Sirkuit Sentul, Bogor diikuti oleh wartawan otomotif, termasuk SL.com.

Test-drive dengan tema “Fiesta Drive And Action” di dampingi oleh para instruktur “Indonesia Defensive Driving Center/IDDC” yang menemami para wartawan dalam uji coba Fiesta tersebut. Demikian pula yang dialami oleh SL.com saat mengikuti Course Braking System. So, apakah Braking System?

Course Stability Control di lakukan pada lintasan balap Sirkuit Sentul, sedangkan  CourseBraking System” dilakukan di  halaman parkir bagian belakang paddock Sirkuit Sentul. Adapun yang dilakukan dengan Braking System adalah pengetesan atau uji coba Fiesta dalam situasi darurat, yaitu rem mendadak. Pada intinya, pengujian rem mendadak ini, SL.com bisa merasakan langsung brake distance, brake control dan stability.

Uji coba rem mendadak cukup menarik, dengan mengendarai Fiesta 1.4L MT yang dipacu dengan kecepatan hingga 50km/jam dan secara tiba-tiba, instruktur berteriak dengan keras “injak rem”, dan secara mendadak mobil merosot, bergeser maju namun kecepatan sudah merendah. Untuk antipasi kecelakaan dan mencegah tabrakan dengan mobil/benda didepan, maka secara bersamaan SL.com secara spontan menggerakkan kemudi ke arah kanan.

Hasil akhir, bodi mobil Fiesta tidak membuang, tidak limbung, tidak selip (ngepot), bahkan kemudi masih bisa diarahkan sambil melakukan pengereman keras. Pengujian Braking System dilakukan pada dua trek, yang pertama di lintasan kering dan yang kedua di lintasan setengah basah (disiram air). Intinya, brake system Fiesta bekerja dengan baik, mendapat jarak pengereman pendek, kemudian masih ada brake control dimana kemudi masih bisa dikendalikan. Dan yang lebih penting adalah kondisi Fiesta tetap aman dan stabil.

Kesimpulan

Fiesta memang aman, nyaman dan stabil. Hai ini sama dengan pengujian Fiesta di lintasan balap Sirkuit Sentul yang sudah diuraikan pada pengujian Stability Control (lihat artikel sebelumnya). Fiesta dibekali dengan suspensi depan independent MacPherson Strut, supensi belakang Semi Independet Twist Beam with Coil Spring. Namun yang lebih penting, Fiesta memiliki fitur canggih ESP (Electronic Stability Program) dan rangka/chassis mobil lebih dari 55% terbuat dari bahan baja Boron, ringan namun kuat.

Keunggulan Fiesta karena adanya perangkat EBA (Emergency Brake Assist) yang mampu mendeteksi tekanan pada pedal ban rem ketika pedal diinjak dengan seketika (mendadak), kemudian Fiesta akan berekasi secara cepat sehingga pengemudi/penumpang mobil akan selamat dari keadaan darurat.

Selain itu, Fiesta memiliki ESP dan Traction Control yang mampu menjaga kestabilan Fiesta tetap dalam kendali pengemudi, khususnya ketika Fiesta melintasi permukaan yang memungkinkan Fiesta sampai kehilangan daya traksi, dimana Fiesta terbukti tetap aman. Pilihan ekstra ini (perangkat standard dengan Powershift) secara otomatis akan mencari situasi yang aman, dan dalam sekejap perangka ESP akan menjalankan tekanan rem ke roda apabila diperlukan.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

Leave a Reply