Test Drive: Ford Fiesta Drive And Action

11 November 2010. Penggalaman baru dari SL.com test-drive mobil hatchback FORD FIESTA milik PT Ford Motor Indonesia (FMI) hari Kamis, 11/11/10 di Sirkuit Sentul, Bogor Jawa Barat. Kehadiran SL.com atas undangan FMI bersama puluhan wartawan otomotif  mengikuti acara test-drive dengan tema “Fiesta Drive And Action“.

Mengingat jumlah wartawan yang ikut lumayan banyak, maka tak salah jika pihak panitia harus membagi peserta kedalam dua group, yaitu group pagi dan group siang. SL.com memilih group pagi dan tiba di paddock Sentul sekitar pukul 08.30 pagi. Udara pagi yang cerah menyambut rombongan bus yang sebelumnya berkumpul di kantor FMI di kawasan Pondok Indah.

Sebelum masuk ke dalam ruangan, SL.com lebih dulu mendaftarkan diri di meja resepsion dengan sambutan gadis-gadis manis Fiesta yang dibalut dengan t’shirt bertuliskan “I Love Fiesta“. Tak ayal terjadi antrian di meja pendaftaran, karena banyak para wartawan terpesona dengan kemolekan dan lekuk tubuh gadis-gadis Ford Fiesta. Wouw.. saat itu terik matahari pagi lagi bersinar dengan cerah dan buat para photographer jelas paling suka dengan iklim ini.

Setelah pendaftaran, lagi-lagi SL.com diberikan kesempatan berfoto di samping mobil Ford Fiesta, dan kali ini SL.com menggaet salah satu gadis seksi Fiesta untuk diajak foto bareng. Seperti biasa, dan harap maklum kalau ini merupakan ajang narsis SL.com.

Telihat ada 4 garasi paddock sudah di sulap menjadi ruangan khusus, lengkap dengan sarana dan fasilitas yang diperlukan, antara lain stage (panggung), kursi, meja makanan, kulkas minuman dingin, dan rungan tersebut full-AC. Tak lupa ada counter “The Coffee Bean” yang siap melayani tamu dengan satu kenikmatan minuman kopi. Luar biasa, ini memang pas banget dengan tema Ford Fiesta: Feel The Difference!

 

Singkat cerita, sebelum melakukan acara test-drive, SL.com dan rekan-rekan wartawan lebih dulu mendengarkan sambutan Will Angove, President Director PT FMI. Selain itu ada presentasi produk Fiesta yang dipaparkan oleh staff PT FMI, serta penjelasan dari perusahaan konsultan “Indonesia Defensive Driving Center/IDDC” yang akan menemani seluruh peserta saat melakukan test-drive untuk semua jenis pengujian. Turut hadir menyaksikan acara ini, Lea Kartika Indra selaku Communication Director PT FMI.

Dari penjelasan staff PT FMI, dan pengamatan langsung dari SL.com, dapat diperoleh informasi seputar kelebihan Ford Fiesta. Bisa disebut Fiesta memiliki banyak fitur dan bisa dibilang masih jarang ada dalam mobil segment B-car untuk merek lainnya, antara lain kaca spion Power Foldable, sistim pengisian bahan bakar Easy Fuel (tanpa tutup), tilt steering, memiliki laci di bawah tempat duduk depan, memiliki Airbag di sisi pengendara, punya sistem anti-lock brake standard dengan Electronic Brake Distribution (EBD), dan juga perangkat koneksi MP3, USB dan AUX-in di semua model.

 

Produk mobil Ford Fiesta yang sudah tersedia di Indonesia (hingga saat artikel ini ditulis), adalah untuk jenis mobil hatchback (5 pintu), sedangkan jenis sedan (4 pintu) dikabarkan akan masuk ke Indonesia nanti di tahun 2011. Sedangkan nama jenis/tipe hatchback Fiesta yaitu: Fiesta 1.4L MT – Style, Fiesta 1.4L MT – Trend, Fiesta 1.4L AT – Trend, dan Fiesta 1.6L AT – Sport.

Untuk tipe Fiesta Trend/Sport, tersedia Electronic Stability Control, airbag di sisi penumpang, fitur Bluetooth, Voice Control dan USB. Sedangkan transmisi otomatis PowerShift dalam enam tingkat kecepatan hanya  tersedia untuk versi Sport 1.6L . Adapun model Fiesta 1.6L AT merupakan jenis/model yang paling tinggi diantara tipe Fiesta yang lain, yaitu mengusung mesin Duratec 4 Silinder DOHC 16V-TIVCT dengan kapasitas mesin 1,596cc. Tipe ini memiliki tenaga kuda 120 HP@6,00 RPM dengan torsi 152 HP @4,050 RPM. Selain itu, Fiesta 1.6L AT secara khusus menggunakan ukuran ban 195/50 dengan pelek alloy R16.

Salah satu kelebihan dari Ford Fiesta, yaitu memiliki Voice Command untuk mengatur radio, telepon dan air-conditioning dan fitur ini hanya ada beberapa merek mobil lainnya dan pada kelas mobil papan atas.  Meskipun Fiesta tergolong mobil kompak, paling tidak Fiesta sudah memiliki banyak karakteristik seperti yang tersedia di mobil premium.  Apalagi, adanya kemudahan mengemudi mobil, serta mulusnya berkendara sambil menikmati interior Fiesta yang mana semuanya juga disediakan oleh mobil dikelas premium.

Ketika SL.com mengamati bagian dalam interior Fiesta, terkesan jika mobil ini memiliki desain interior yang cukup modern.  Apalagi konsole tengah mobil yang modern memiliki tombol-tombol yang sangat intuitif, seperti handphone.  Tombol-tombol pengatur dan penggunaan radio, AC, CD dan sebagainya berada di sekitar konsole dan ini terasa sangat mudah untuk digunakan.

Secara desain, Fiesta memang di desain untuk mereka yang berjiwa muda.  Apalagi Kinetic Design khas Ford membuat Fiesta jadi terlihat sedang berjalan walaupun mobil dalam keadaan posisi diam.  Menurut teknisi FMI, dijelaskan dengan adanya Kinetic Design tadi maka bentuk Fiesta menjadi lebih aerodinamis dan mampu meminimalisasi suara, getaran serta juga meningkatkan efisiensi bahan bakar

Menurut literatur yang ada, bodi Ford Fiesta menggunakan lebih dari 55% baja Boron yang ringan namun sangat kuat. Penggunaan bahan yang ringan memampukan Fiesta menggunakan powertrain yang lebih kecil dan lebih hemat bahan bakar.  Boron banyak digunakan dalam industri, seperti insektisida, kaca, bahan bakar roket dan reaktor nuklir.  Elemen ini juga digunakan untuk memperkuat struktur pesawat ruang angkasa dan peralatan olahraga seperti tongkat golf.

Bagaimana hasil test-drive atau driving experience Ford Fiesta dari SL.com? Nantikan artikel lanjutannya.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

3 thoughts on “Test Drive: Ford Fiesta Drive And Action

  1. […] ini merupakan undangan dari PT FMI bersama puluhan wartawan otomotif  mengikuti acara “Fiesta Drive And Action“. Dalam acara test-drive tersebut, SL.com menyelesaikan 3 (tiga) jenis course yang menjadi […]

  2. […] diuji oleh SL.com di lintasan Sirkuit Sentul (11/11/10). Kehadiran SL.com secara khusus ikut “Fiesta Drive And Action“ atas undangan PT Ford Motor Indonesia (FMI). Dalam acara tersebut, SL.com ikut pengujian tahap […]

  3. […] penampakan wanita cantik & seksi? Walah.. dijamin bakal nggak semangat! Lihat saja acara “Fiesta Drive and Action” dari PT Ford Motor Indonesia (FMI) di Sirkuit Sentul, Bogor hari Kamis lalu (11/11/10). […]

Leave a Reply