JMCS 2010: Kawasaki Dominan Dengan Motor CBU

Jakarta, 7 November 2010. Teman-teman sekalian apakah sudah ke pameran motor “Jakarta Motor Cycle Show 2010” atau JMCS 2010? Hari ini Minggu, 7 November merupakan hari yang terakhir (penutupan), dan disana ada booth Kawasaki yang lebih banyak menonjolkan motor-motor CBU (completly built up) sebagai barang display (pajangan).

Sebenarnya motor yang dijual resmi, antara lain Kawasaki Ninja 250R, Ninja 150RR, D’-TrakerX, KLX-250, KLX-150S. Selebihnya adalah motor pajangan. Yah.. namanya juga pameran, jadi memang sah-sah saja PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) fokus pada pameran ketimbang jualan. Namun demikian, motor yang dijual resmi di Indonesia tetap jadi target utama, sedangkan motor-motor CBU merupakan pemanis agar pengunjung JMCS 2010 lebih aware akan nama Kawasaki.

Sebut saja motor pajangan tersebutĀ  antara lain, motor sport Kawasaski ZX-6R & ZX-10R, dan naked bike/street fighter Kawasaki ER6N & ER6F, serta motor cross Kawasaki KSR dan KX85.

Kawasaki D-TrackerX 250cc @JMCS 2010

“Buat para penggemar Ninja, kami menjual limited edition selama pameran JMCS 2010 berlangsung. Hanya saja, PT KMI kali ini tak bikin acara khusus launching atau peluncuran motor baru. Kami hanya ikut meramaikan dan memerkan produk-produk unggulan yang perlu diketahui oleh masyarakat otomotif dunia,” ujar National Sales Manager PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Freddyanto Basuki yang ditemui SL.com hari Rabu 3/11/10.

Diantara sejumlah motor trail KLX dan D’TrackerX, maupun Ninja Series, ternyata motor bebek andalan Athlete dan Edge juga hadir di JMCS 2010 hanya saja kedua motor ini kalah pamor dengan motor Kawasaki CBU. Terlihat dengan jelas antusiasme masyarakat terhadap motor besar ketimbang bebek. Rasa penasaran pengunjung ingin melihat-lihat moge cukup tinggi, mengingat jenis motor tersbeut tidak dijual bebas di Tanah Air.

Motor cross Kawasaki KX-250F bermesin 249cc DOHC dengan Digital Fuel Injection (DFI) merupakan generasi terbaru dari pabrikan Kawasaki Jepang, dan motor ini turut dihadirkan oleh PT KMI di gelaran JMCS 2010. Tampaknya motor ini sekedar buat perkenalan awal, namun demikian jika ada yang pesan bisa saja, karena motor CBU khusus jenis trail sudah bisa dipesan langsung kepada PT KMI. Kabarnya motor cross itu KX-250F akan dibanderol sekitar Rp 70 juta-an.

Kawasaki KX250F diluncurkan di negara Inggris pada 26 Mei lalu, dan salah satu fitur terbaru dari motor cross paling anyar ini adalah sistem suspensi-nya yang menggunakan “Separate Function Fork (SFF)”, yaitu garpu depan memiliki dua fungsi. Pada satu sisi, memiliki fungsi pegas di saat motor melibas track dengan lubang berdiameter besar atau jalanan naik dan turun. Dan di sisi lain, garpu tersbeut juga memiliki fungsi untuk meredam getaran.

Dengan kata lain, garpu ini memiliki dua fungsi yang terdapat di masing-masing tabungnya dan bisa diatur. Garpu kiri memiliki kompresi untuk penyesuaian tingkat kejut pegas. Sementara tabung kanan memungkinkan pengendara untuk mengatur tingkat kemampuan pegas sesuai dengan lintasan yang dilalui. SFF dapat meningkatkan kinerja, memperingankan beban berat yang harus ditopang garpu, serta menghasilkan stiction 25 persen lebih rendah dari garpu biasa.

Kawasaki mengusung tema “Lifestyle with Motorcyle” telihat dengan jelas memiliki kesan tersendiri sebagai motor cross dan motor balap. Selain motor cross, Kawasaki ikut menampilkan motor naked bike yang cukup populer di negara tetangga Malaysia, yaitu Kawasaki ER-6F dan Kawasaki ER-6N yang punya mesin 650cc. Keduanya mempunyai gaya tersendiri sebagai motor laki, sosok 6F adalah sport racing pakai fairing dan windshield, sedangkan sosok 6N lebih condong naked bike atau street fighter.

Masing-masing motor Kawasaki ER punya mesin yang sama, yaitu 2 silinder DOHC, fuell injection dan liquid cooled. Transmisi 6-speed, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 53 kW pada 8.500 rpm dengan torsi 66 nm pada 7000 rpm. Kabarnya, kalau ini jadi mau dijual di Indonesia, Kawasaki ER-6N dibanderol Rp. 230 jutaan dan motor ini peminatnya di Indonesia cukup tinggi.

Bagaimana dengan Kawasaki Ninja ZX-6R dan Ninja ZX-10R. Yang ini sih jangan ditanya lagi soal performance dari motor ini. Luar biasa! Beruntung SL.com pernah menjajal Kawasaki ZX-6R sewaktu ikut acara “Malaysia Brotherhood Ride 2010” yang telah berlangsung di Malaysia, dan hasil liputannya bisa untuk “First Riding Kawasaki Ninja ZX-6R” bisa dilihat melalui artikel ini.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

6 thoughts on “JMCS 2010: Kawasaki Dominan Dengan Motor CBU

  1. amazing, ER6n kalo dibuat versi 250ccnya mungkin laku disini…

  2. Aank wijaya says:

    dari dulu motor yang dikeluarin model sport doang…!!!
    skali-skali yang matic dong..
    apa ga bisa buat model matic????

  3. Mungkin jg ga bisa bikin Mtor Matic,
    atou memng punya targeting sendiri….
    makanya fokus CBU, bs jg…

  4. ER-6N kapan dijual resmi di indonesia…????
    tapi klo harga smp 230 jt ya ngga sanggup,,hehehehhe
    paling engga dibawah 120jt lah..

  5. The Kawasaki KX250F Is a liquid-cooled, 249cc, 4-stroke single-cylinder DOHC, 4-valve powerplant and has a number of refinements that makes that makes this an excellent choice for a top rider. The all new “bridged-box bottom” race-inspired piston which is lighter and stronger is due to supporting ribs that reinforce the piston pin shaft. The new piston has a shorter narrower and shorter piston pin to reduce reciprocating mass, resulting in quicker rev time.

    Read more at Kawasaki KX250F

  6. […] tentang “Ring Of Fire Adventure“. Rasa penasaran bemula ketika SL.com datang ke “Pameran Motor JMCS 2010” yang lalu, ketika itu mampir di booth Kawasaki, disana ada motor Kawasaki D’Tracker […]

Leave a Reply