Subaru All Wheel Drive Experience 2010

Subaru_20101021_016

24 Oktober 2010. Subaru mengajak beberapa wartawan otomotif dari aneka ragam media, termasuk SL.com sebagai blogger dalam acara “Subaru All Wheel Drive 2010” atau “Subaru AWDE 2010” untuk merasakan langsung 8 unit mobil Subaru  pada hari Kamis, 21 Oktober 2010 di lintasan Sirkuit Sentul, Bogor Jawa Barat.

Ini bukan ajang balapan, tapi sekedar mencoba keunggulan, kenyamanan, handling dan kehebatan mobil Subaru dengan mesin boxer tersebut. Apa yang terjadi? Bukan sekedar jalan mencoba, namun beberapa wartawan malah menggeber mobil tersebut mengikuti jalur lintasan balap Sentul. Lumayan seru bisa ikut acara Subaru AWDE 2010.

Kehadiran Subaru (kembali) ke Indonesia merupakan langkah strategi bisnis perusahaan Subaru yang ingin menunjukkan eksistensinya sebagai mobil kelas premium. Gaung kehadiran Subaru di Indonesia dibuktikan melalui ajang pameran mobil IIMS 2010 (International Indonesia Motor Show) yang berlangsung akhir bulan Juli yang lalu.

Waktu itu Subaru mendatangkan sejumlah mobil baru, bikin acara heboh dengan atraksi Subaru Experience and Subaru Challenge. So, jangan heran jika dalam waktu dekat mobil merek Subaru bakal berseliweran di Tanah Air karena jaringan penjualan akan bertambah di beberapa kota (baca juga artikel ini tentang Subaru Serius Garap Pasar Otomotif di Indonesia). Yang pasti Subaru bakal gencar mendorong penjualan meningat pasar otomotif di Indonesia masih terbuka lebar dengan konsumen yang unik.

Subaru All Wheel Drive Experience 2010 (Subaru AWDE 2010) merupakan terobosan baru, bahkan Subaru menurunkan delapan unit mobil terkini, yaitu Subaru STi A-Line, Subaru WRX STi 2.5, Subaru Legacy 2.5 GT, Subaru Outback 2.5i, Subaru Forester 2.5 XT, Subaru Forester 2.0 X, Subaru Exiga 2.0i, dan Subaru Exiga 2.0 GT.

“Semua mobil diturunkan ke Sentul mengingat animo para wartawan yang ingin tau dan mau merasakan kehebatan mobil Subaru karena terkenal memiliki daya cengkeram yang mantap,” demikian ujar Glenn Tan pimpinan Subaru Motor Imaga yang berkantor di Singapura. Pada akhir acara Glen juga pasang aksi dengan mobil Subaru WRX STi 2.5 dengan manuver-manuver seperti pembalap rally.

Seluruh pserta lebih dulu mendengarkan arahan yang diberikan oleh petugas Subaru soal aturan acara Subaru AWDE 2010, yang pasti dijalur lintasan ada banyak cone yang harus dilewati, seperti lintasan “zig-zag” dan menikung tajam dengan kecepatan tinggi. Sebagai tahap pertama adalah acara perkenalan sirkuit, agar paham soal kondisi lintasan.

Belakangan baru diketahui bahwa staff Subaru dari Singapura turun langsung di lintasan Sentul, bahkan Subaru menyewa tenaga ahli “driving training specialist” dari Singapura yang mengatur acara Subaru AWDE 2010 tersebut. Ini menunjukkan keseriusan Subaru untuk menyenangkan seluruh peserta Subaru AWDE 2010 termasuk blogger SL.com.

Seluruh peserta diatur sesuai kelompoknya, tersedia delapan mobil dan sedikitnya ada delapan kelompok. Beruntung SL.com mendapat kesempatan pertama mengemudikan mobil Subaru STi A-Line, yaitu mobil sedan yang bercirikan sport. Menurut petugas tiap peserta dapat 2 lap, dan SL.com dapat 3 lap khusus untuk Subaru STi A-Line warna putih.

Panitia sedikit agak kewalahan setelah menyadari banyak peserta yang ingin merasakan mobil-mobil tertentu, sebut saja  yang dikejar adalah Subaru WRX STi 2.5 (merah), Subaru STi A-Line (putih), Subaru Legacy 2.5 GT (dark grey), dan Subaru Outback 2.5i.

Rupanya jenis mobil ini menjadi incaran bagi semua peserta karena ke-tiga mobil diatas memang baru diluncurkan di ajang pameran IIMS 2010 yang lalu, sedangkan Subaru WRX STi 2.5 (merah) sudah dikenal sebagai mobil rally yang kerap dipakai oleh para perally dunia.

Pengalaman SL.com ikut acara Subaru AWDE 2010 ini hanya sempat menjajal tiga unit mobil, dan sempat pula menjadi penumpang duduk dibelakang untuk dua unit mobil Subaru. Untuk selengkapnya, akan dibuat artikel dan foto terpisah tentang pengalaman SL.com selama berada di dalam mobil Subaru tersebut. Mobil Subaru memang keren!

Satu pengalaman unik dimana SL.com ikut duduk dikursi belakang mobil Subaru Legacy 2.5 GT yang berkelas sederet dengan Honda Accord atau Toyota Camry. Selayaknya duduk dibelakang harus merasakan seperti pimpinan perusahaan, seorang boss, duduk nyaman dan tenang. Namun, pengemudi saat itu adalah mantan pembalap nasional yang mewakili sebuah majalah otomotif.

Usai rehat makan siang, acara dilanjutkan lagi dan setiap mobil diawasi oleh petugas Subaru yang selalu duduk disamping kiri. Namun, hanya sebentar saja pihak panitia sudah mengibarkan bendera merah yang bertanda acara test-drive dihentikan dimana peserta Subaru AWDE 2010 masuk ke pit-lane untuk ikut acara berikutnya, yaitu lomba “zig-zag”.

Walah.. yang ada tuh mobil dibawa kencang walaupun dalam tikungan tajam, ban mobil mendecit tapi tetap stabil karena ban memiliki daya cengekeram yang kuat. Hal ini karena Subaru memiliki “All Wheel Drive” dimana keempat rodanya bekerja secara responsif mencengkeram ke aspal.

Acara terakhir adalah permainan ‘zig-zag” dimana para peserta Subaru AWDE 2010 diminta untuk melewati tiga cone dengan arah maju (drive), dan dilanjutkan lagi dengan arah mundur (reverse), dengan kecepatan sebisanya. Awalnya para peserta masih malu-malu menguji mobil Subaru Forester 2.0 X warna hitam dengan automatic transmission.

Singkat kata, ketika seluruh acara Subaru AWDE 2010 sudah berakhir, belakangan baru diketahui jika SL.com mendapat juara ke-tiga. Lumayan satu  step dibawah mantan pembalap nasional yang jadi juara dua perlombaan “zig-zag”. Hujan turun membasahi kawasan Sentul, dan akhirnya berakhir pula program acara AWDE 2010 yang sudah digelar oleh Subaru Motor Image. Acara juga dihadiri oleh pimpinan Subaru Asia Pacific, Glen Tan.

Nantikan artikel lanjutan tentang pengalaman SL.com mengemudikan mobil Subaru!

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

5 thoughts on “Subaru All Wheel Drive Experience 2010

  1. […] 25 Oktober 2010. Menyambung artikel sebelumnya tentang “Subaru All Wheel Drive Experience 2010” atau Subaru AWDE 2010 sudah disebutkan […]

  2. […] khususnya mobil sport, Subaru Impreza WRX STi 2.5 yang sempat dijajal SL.com dalam acara “Subaru All Wheel Drive Experience 2010” atau AWDE 2010 yang berlangsung si lintasan Sirkuit Sentul, Bogor Jawa Barat (Kamis, […]

  3. […] 27 Oktober 2010. Masih berkaitan dengan artikel sebelumnya tentang “Subaru All Wheel Drive Experience 2010” atau disingkat Subaru AWDE 2010 persembahan dari Subaru Motor Image yang telah dilaksanakan […]

  4. […] 3 November 2010.  Ada yang lupa nih.. waktu SL.com ikut acara “Subaru All Wheel Drive Experience 2010” atau Subaru AWDE 2010 di Sirkuit Sentul, Kamis 21 Oktober 2010. Ternyata di bagian akhir […]

  5. I was initially pretty pleased to find this web-site.I want to to thank you for your time for this excellent study!! I ACTUALLY certainly loving every single little it and I have you bookmarked to look at fresh stuff you post.

Leave a Reply