GT Perkenalkan Ban Khusus Extreme Offroad

30 Oktober 2010. Produsen ban terbesar di Asia Tenggara, PT Gajah Tunggal Tbk memperkenalkan ban khusus untuk offroad, GT Radial Savero Komodo, yang akan melengkapi lini produk GT Radial Savero yang telah menjadi legenda di kalangan Offroader.  Soft Launching ban ini dilakukan pada acara kejuaraan “GT Radial Savero Komodo Offroad Championship (SKOC) 2010“, di Bumi Citra Resort, Jatiluhur, Jawa Barat pada tanggal 29-31 Oktober 2010

General Manager Marketing Gajah Tunggal, Arijanto Notorahardjo menyatakan bahwa Savero Komodo merupakan ban untuk arena lumpur dengan mengadopsi cakar kuku komodo. “Ini inovasi pertama di dunia untuk ban extreme 4×4 mud  traction,” ujarnya. Sedangkan munrut penyelenggara kejuaraan, Moko Karsono, dari PORT (Puspita Off Road Team) berujar bahwa event SKOC tersebut merupakan event pertama dan bersejarah di Indonesia untuk jenis Cross Country 4×4 Rally Adventure.

Kejuaraan yang bersifat open tournament ini menjadi bagian dari komitmen PT Gajah Tunggal Tbk untuk terus mendukung perkembangan olahraga offroad di Indonesia. “Khusus untuk Off Road, PT Gajah Tunggal Tbk sejak tahun 1996 sudah menggelar event seperti ini, GT Radial terus mensupport olahraga otomotif, termasuk offroad,” kata Arijanto.

Adapun event SKOC 2010 ini akan diikuti oleh sekitar 60 peserta, dengan jarak tempuh 150 kilometer. Kejuaraan SKOC 2010 dibagi menjadi dua kelas: Kelas Pro XC 4×4 Rally (Grup T1,T2, dan T3) dan kelas 4×4 komunitas rekreasi. Persiapan kompetisi dimulai sejak Jum’at, 29 Oktober 2010 untuk scrutinering, pengumuman daftar urutan peserta pada ceremonial start.

Hari kedua (Sabtu) kegiatan akan berlokasi di Jatiluhur Water World dan hari ketiga (Minggu) kompetisi akan kembali berlangsung dan berakhir di Ubrug BCR Test Track. Sejumlah nama-nama pentolan rally dan offroad nasional, telah bersiap untuk turut ambil bagian, seperti H. Idoh, Donny SQ, Rio Teguh dan Noor Alamsyah.

Event SKOC ini merupakan one make tire race, dimana peserta diwajibkan untuk memakai ban GT Radial Savero Komodo, bahkan kali ini diwajibkan juga memakai satu ukuran, yakni 31” x 10,5 R 15. Para peserta yang akan membeli ban ini akan mendapatkan harga khusus.

GT Radial Savero Komodo yang diproduksi dalam dua tipe, Extreme dan M/T merupakan inovasi terbaru PT Gajah Tunggal Tbk untuk ban offroad, dalam beberapa tahun terakhir, sekaligus melengkapi produk GT Radial Savero M/T dan A/T Plus yang tidak hanya diminati oleh masyarakat dalam negeri, melainkan juga pasar luar negeri. GT Radial Savero Komodo sendiri dilengkapi pelindung yang dapat meminimalisir kerusakan akibat benda asing yang terpendam dalam lumpur atau bebatuan yang dapat merusak tapak ban. Namun yang paling penting, GT Radial Savero Komodo juga memiliki sertifikasi DOT (Department of Transportation) dari Amerika Serikat, yang berarti tetap memiliki performa yang baik apabila digunakan di jalan raya.

Pada tahun-tahun mendatang, PT Gajah Tunggal akan terus merancang produk-produk serupa dengan harapan  bahwa kendaraan-kendaraan 4×4 seperti yang digunakan untuk perusahaan tambang, perkebunan, kehutanan, serta SUV atau Jip yang sedianya dipakai untuk olahraga offroad kini bisa memakai ban produksi dalam negeri dengan kualitas baik.

Ukuran ban
LI
SR
31×10.50 – 15 6PR TL
109
N
33×10.50 – 15 6PR TL
114
N

Tampilan & Kegunaan

  1. Pola telapak ban lumpur yang kasar dan ekstrem. Dirancang khusus untuk mampu membuang lumpur keluar dari ban.
  2. Bagian bahu telapak yang terbuka lebar. Efektif mencengkeram dan mengevaluasi lumpur.
  3. Bentuk blok bahu yang zigzag. Sangat baik untuk gaya traksi di lumpur.
  4. Alur pembuangan batu hingga ke bahu ban. Mencegah batu-batuan terjebak dan menembus bagian alur ban atau sela-sela blok.
  5. Blok penahan lumpur. Menjaga ban agar tidak selip dan menambah traksi di lumpur.
  6. Cakar dan model sisik komodo. Selain menambah gagah penampilan juga menambah gaya traksi di medan yang berlumpur dalam.

TSA System (Three-Stage Action)

  1. Pada jalan tanah kering: bahu blok yang terbuka dikombinasikan dengan blok tengah yang diperkuat memberikan ekstra traksi.
  2. Pada medan berlumpur yang licin: Bahu telapak yang besar dan terbuka lebar efektif mencengkeram dan membuang lumpur.
  3. Pada medan berlumpur dalam (ekstrim): cakar komodo di dinding ban dan blok penahan lumpur memberikan ekstra traksi di medan yang berlumpur dalam.

Sumber teks & photo: Press Release PT Gajah Tunggal

Please follow and like us:

7 thoughts on “GT Perkenalkan Ban Khusus Extreme Offroad

  1. Mantap…Dilepas ke pasar berapa rupiah bang?

  2. mantaph.. buat rocky independent ane jadi tambah kerent.. het nya ga ada om?

  3. qindre OKLA says:

    wah ini dia nih….yg di tunggu2…semoga kualitasnya baik dan nggak semahahal ban impor.
    Salam gas poll para ofroader

  4. kalo di makassar agennya dimana bro

  5. kalo di makassar untuk agen penjualan ban tersebut …. dimana bro?

  6. RIAN TAMBA PALOPO JEEP CLUB says:

    brapa harganya ya….????

Leave a Reply