#2 Enjoy Pangkor Island Malaysia

402018_297494760307349_1296493241_n
14 Oktober 2010
. Kehadiran SL.com dan rombongan “Malaysia Brotherood Ride 2010” boleh sangat ceria, karena setelah bermain aneka lomba di pantai Pangkor Island Beach Resort (lihat artikel ini), kemudian kami disuguhkan jalan-jalan naik speed boat mengitari beberapa sudut pulau di bagian barat Pulau Pangkor.

Terbiasa dengan kendaraan sepeda motor, kini giliran kami harus naik boat yang terbagi dalam dua grup atau dua speed boat yang keduanya berlaju dengan kencang menghamtam ombak Selat Malaka. Jujur saja, ada rasa takut  boat akan terbalik atau tenggelam, tapi untung saja kami diharuskan pakai pelampung “live vest” sebagai standard keselamatan naik boat.

Rasa cemas mulai berubah menjadi terheran-heran ketika kami menjauhi Teluk Belanga dan hotel tempat kami menginap. Dari kejauhan Pangkor Beach Island Resort terlihat sangat indah dan situasi ini sama seperti yang ada dihalaman website ini. Wah.. memang benar pantai hotel tempat kami menginap bernama Puteri Dewi Beach sangat indah.

Setelah itu boat yang kami naiki menuju wilayah Coral Bay di pantai Pulau Pangkor yang juga disana ada beberapa titik lokasi batu-batuan yang menarik. Ada batu mirip kepala naga, kepala buaya, kaki binatang, kemudian batuan  yang ada p0hon-nya dimana masing-masing punya cerita unik. Penjelasan diberikan oleh seorang guide yang juga ber-status sebagai boat driver.

Rombongan Malaysia Brotherhood Ride 2010 @Pulau Pangkor Malaysia

Penjelasan satu-persatu diberikan oleh boat driver dengan Bahasa Inggris yang lancar, dan setiap titik penting yang perlu dilihat, maka boat akan berhenti dimana kami perlu mendengarkan keterangan yang diberikan oleh guide tersebut.

Tak terasa udara panas saat itu dapat dikalahkan dengan sejuknya pemandangan alam sisi barat Pulau Pangkor, kemudian kami mengitari dua buah pulau kecil, yaitu Pulau Giam dan Pulau Mentangor yang berada di Teluk Nipah.

Info Ringkas Pulau Pangkor

Pulau ini terletak di Pantai Barat Semenanjung, di dalam wilayah Perak Bumi Bertuah. Lokasi ini memang dikenal sebagai pusat wisata di wilayah Perak yang sedang berkembang pesat sebagai lokasi wisata dunia. Memang ada banyak terlihat para wisatawan asing yang datang menginap, bermain di pantai, hingga berjemur di pantai berlama-lama.

Peta Pulau Pangkor Manjung Malaysia

Menurut referensi yang ada, warga Pulau Pangkor jadi makmur karena keberadaan industri pariwisata dan industri perikanan yang telah dikembangakan sejak lama. Beberapa warga memiliki budi daya ikan segar yang berkualitas yang dikirim ke pasar Kuala Lumpur dan Singapura. Selain itu hasil laut yang terdiri dari makanan dingin beku, ikan kering, ikan bilis dan makanan ringan (satay fish) juga menjadi ciri khas Pulau Pangkor Malaysia.

Satu lagi aspek wisata yang lagi popular di Pulau Pangkor adalah ialah wisata alam hutan. Pulau Pangkor memiliki kekayaan alam hutan yang terawat dengan flora dan fauna yang beraneka ragam. Maka tak heran ketika SL.com jalan-jalan dengan boat, masih banyak terlihat hutan yang sangat terjaga dan tidak dijamah oleh manusia.

Pulau Giam

Usai jalan-jalan dengan speed boat, kami semua turun di Pulau Giam untuk berenang dan makan siang. Pulau Giam ini sangat kecil, dan disana ada bagian pantai putih bersih yang sangat terjaga, dan asal tau saja luas pantai yang bisa dinikmati hanya seperempat dari lapangan bola.

Pulau Giam Pangkor Malaysia

Lumayan sangat privasi, disana tak ada bangunan, atau penjaja sekalipun. Yang datang ke Pulau Giam harus diantar dan ditunggu dengan boat, kalau tidak silahkan nyeberang sendiri dengan cara berenang sejauh 200 meter ke pantai Pulau Pangkor (Teluk Nipah).

Hampir semua peserta “Malaysia Brotherhood Ride 2010” terlihat sangat menikmati alam pantai pasir putih dan kami pun berenang di pantai Pulau Giam, yang menghadap ke Teluk Nipah. Kami tidak saja hanya berenang dan ikut berjemur, tapi kami juga makan siang yang sudah dipersiapkan oleh hotel dimana kami menginap (disana tak ada warung). Rupanya makanan catering ini memang khusus disediakan untuk rombongan MBR 2010.

Pulau Giam Pangkor Malaysia

Secara kebetulan SL.com melihat kedatangan sebuah boat kecil dengan penumpang hanya 3 orang, dan yang turun ke Pulau Giam hanya seorang wanita khusus untuk berjemur dipantai Giam. Setelah cukup lama ia berjemur, wanita ini kemudian dijemput oleh pria yang mengantarnya. Kalau saja wanita ini tak dijemput, maka ia bakal menjadi penghuni pulau Giam (kisah seperti di film saja).

Sebagai catatan, perjalanan tour Visit Malaysia bersama rombongan “Malaysia Brotherhood Ride 2010″ terselenggara atas kerjasama dari Malaysia Tourism Promotion Board dan Majalah WTR (World Tour Rider) serta dukungan dari para sponsor.

Please follow and like us:

4 thoughts on “#2 Enjoy Pangkor Island Malaysia

  1. […] 2010. Artikel ini adalah lanjutan dari “Enjoy Pangkor Island Malaysia” Part 1 dan Part 2. Kenapa judulnya disebut enjoy? Karena memang SL.com bersama dengan rombongan “Malaysia […]

  2. Naik speed boat yang berlaju dengan kencang d Selat Malaka dibandingkan naik sampan, enak mn y???
    Masalahny cm pernah nyoba naik sampan. whaha…..

  3. […] Ride 2010” atau MBR 2010 di hari ke-delapan tepatnya Kamis , 14 Oktober 2010 dengan rute dari Pangkor Island, menyeberang ke Lumut, selanjutnya naik motor dari Lumut menuju pabrik motor Motor Modenas di […]

  4. […] pembaca blog sudah baca`artikel sebelumnya dengan judul “Enjoy Pangkor Island Malaysia” Part 1; Part 2 dan Part 3. Semoga artikelnya […]

Leave a Reply