Road To Menara Condong Teluk Intan Malaysia

13 Oktober 2010. Melanjutkan perjalanan touring SL.com bersama “Malaysia Brotherhood Ride 2010”  atau MBR 2010 setelah Bukit Malawati Selangor, maka tujuan berikutnya adalah Lumut di Manjung. Namun sebelumnya kami mampir dulu ke Teluk Intan untuk melihat keunikan Menara Condong yang menjadi objek wisata Malaysia.

Cerita tentang Bukit Malawati sudah bisa di baca melalui artikel ini, sedangkan disini SL.com hanya menyampaikan sedikit info tentang Menara Condong Teluk Intan. Kenapa disebut Menara Condong? Karena menara ini memang condong atau miring ke salah satu sisi dan ini mirip dengan Menara Pisa yang berada di Italia. Tak heran lagi melihat banyak orang yang terkagum-kagum melihat duplikat menara Pisa yang rupanya ada juga di Malaysia.

Perjalanan hari Selasa siang 12/10/10 terasa sangat panas, tapi ini tak menyurutkan semangat para biker MBR 2010 untuk menjajal perjalanan menuju Teluk Intan. Karena setelah Teluk Intan, kami harus menjalani perjalanan menuju Lumut dan selanjutnya menyeberang dengan boat ke Pulau Pangkor wilayah Manjung untuk bermalam disana.

Lagi-lagi soal jalanan di Malaysia memang sangat enak untuk di jajal dengan ragam motor sport apalagi dengan kecepatan tinggi (supaya tidak ngantuk). Saat itu SL.com masih menunggang Kawasaki KLR650 warna biru yang makin lama makin enak dipakai untuk touring jarak jauh, sekalipun dipakai di jalan raya.

Pukul 15.45 (waktu Malaysia satu jam lebih cepat dari Indonesia) rombongan MBR 2010 sudah tiba di Menara Condong Teluk Intan. Terik matahari saat itu luar biasa panasnya, namun SL.com harus jalan kaki mengitari Menara Condong mengamati tingkat kemiringan, dan tentunya sambil memotret menara dari berbagai sisi.

Menara Condong Teluk Intan Malaysia

Dibawah ini adalah ringkasan informasi mengenai Menara Condong yang dikutip dari http://www.mpti.gov.my dengan sedikit mengubah ejaan ke dalam Bahasa Indonesia.

Salah satu dari daya tarik para  pelancong mau datang ke Teluk Intan ialah Menara Condong Teluk Intan. Menara ini dibangun oleh arsitek Cina En. Leong Choon Cheong pada tahun 1892 dan dulunya berfungsi sebagai tangki penyimpan air bagi para penduduk, disamping itu menara juga berfungsi sebagai penunjuk waktu (jam).

Pada masa ini menara ini tidak lagi berfungsi sebagai tangki simpanan air namun jam tersebut masih berfungsi dan akan berbunyi setiap 15 menit. Oleh karena itu, Menara Condong juga disebut sebagai Menara Jam. Kawasan sekitar menara telah mengalami renovasi dengan batu bata merah dan dijadikan sebagai tempat berbagai aktifitas resmi, maupun tidak resmi bagi warga Teluk Intan.

Jalan yang ada di tengah-tengah Bandar Teluk Intan dinamakan dengan Jalan Ah Cheong untuk memperingati sumbangan En. Leong Choon Cheong yang telah mendirkan menara tersebut.

Menara Jam Teluk Intan Malaysia

Menara Jam ini terletak di antara pertemuan dataran segi empat, yaitu Jalan Pasar dan Jalan Ah Cheong dengan Jalan Selat dan Jalan Bandar dikiri dan kanan menara.  Memiliki faya arsitektur budaya Cina, dan berkonsep sebuah “Pagoda”.  Dari luar kelihatan seolah-olah menara jam ini adalah bangunan 8 lantai, namun sebenarnya hanya terdapat 3 lantai saja.

Menara jam ini memiliki 110 anak tangga dan bagunan dibuat dari struktur kayu dan batu. Faktor kemiringan disebabkan karena bangunan tersebut didirikan di atas tanah yang lembut dan disamping itu terdapat beban tangki yang menampung air dan menyebabkannya condong atau miring sedikit ke arah barat laut.

Kawasan Menara Condong Teluk Intan Malaysia

Rombongan Malaysia Brotherhood Rider 2010 di Menara Condong Teluk Intan

Titik Merah: Lokasi Teluk Intan Malaysia

Sebagai catatan, perjalanan touring “Malaysia Brotherhood Ride 2010” terselenggara atas kerjasama dari Malaysia Tourism Promotion Board dan Majalah WTR (World Tour Rider) serta dukungan dari para sponsor.

PHOTO GALLERY

5 thoughts on “Road To Menara Condong Teluk Intan Malaysia

  1. You gave great points here. I did some research on the subject and have found nearly all people agree with your website.

    Sent from my iPhone 4G

  2. […] sebelum kami tiba di Lumut, rombongan MBR 2010 yang datang dari Teluk Intan (setelah melihat Menara Condong) seharusnya mampir dulu di salah satu tempat wisata “Terowongan Sejarah Pasir Salak” […]

  3. Asyik jg perjalanan MBR 2010 k mnara condong, ternyata Menara Condong Teluk Intan Malaysia ini mirip kali sm mnara pisa makany dikatakan duplikatnya menara Pisa….

  4. […] 2010 dengan titik perhentian, antara lain ke Bukit Malawati Selangor & Dorani Home Stay, Menara Condong Teluk Intan, Lumut Perak, dan disambung naik boat ke Pulau Pangkor,  akhirnya semua itu bisa dibalas dengan […]

  5. […] Artikel lengkap tentang review singkat MV Agusta 989R milik Kak Mira yang sempat dijajal oleh MediaSL dapat dilihat pada halaman ini, dan arikel tentang touring Malaysia Brotherhood 2010 dan parawisata Menara Condong Teluk Intan Malaysia ada di halaman ini. […]

Leave a Reply