Jalan-jalan Ke Batu Caves Kuala Lumpur

10 Oktober 2010. Bisa jadi kunjungan SL.com ke Malaysia khususnya hari Sabtu 9 Oktober 2010 adalah hari yang cukup melelahkan. Hal ini bukan karena lelah akibat naik motor, tapi karena ada banyak tempat wisata yang perlu dikunjungi bersama rombongan “Malaysia Brotherhood Rider 2010” atau MBR  2010.

Lagi pula, kedatangan SL.com ke Malaysia memang atas undangan resmi dari Malaysian Tourism Promotion Board dimana seluruh tiket pesawat dan akomodasi sudah diatur oleh Kantor Kedutaan Malaysia di Jakarta. Artinya disini, SL.com hanya tinggal pergi dan ikut saja seluruh program acara yang sudah disusun, termasuk berkunjung ke Batu Caves yaitu tempat suci umat Hindu di Kuala Lumpur. Loh.. emang ada apa sih sampai harus berkunjung ke tempat suci umat Hindu di Batu Caves? Apa yang menarik disana?

Pertanyaan ini sempat terlontar oleh SL.com ketika lagi berada di dalam bus yang mengantarkan rombongan MBR 2010 jalan-jalan keliling Kuala Lumpur, apalagi pada hari itu udara lagi panas, walaupun bus sudah pakai AC yang cukup dingin. Rasanya males banget mau keluar bus, karena terik matahari yang menyengat.

Walah.. ternyata ketika sampai di lokasi Batu Caves yang terletak di negara bagian Selangor, sekitar 13 km dari kota Kuala Lumpur, ternyata baru sadar ada anak tangga yang konon jumlahnya sebanyak 272 yang harus dilewati untuk sampai ke lubang gua sebagai tempat ibadah suci umat Hindu di Malaysia.

Mau tak mau dengan rasa penasaran SL.com berjalan seorang diri menaiki tangga sebanyak 272 ini. Rasa capek tentu saja ada, tapi semangat dan penasaran jauh lebih kuat ketimbang rasa capek.

Pemandangan pertama yang paling menarik adalah melihat patung Dewa Murugan yang menjulang tinggi sekitar 43 meter. Kabarnya patung Dewa Murugan ini merupakan patung dewa Hindu yang tertinggi di dunia dimana setiap tahun sekali pada bulan Februari biasanya diadakan festival Thaipusam di Batu Caves. Jangan tanya soal acara festival tahunan ini.

Menurut cerita, biasanya pada saat acara festival Thaipusam, cukup menyeramkan, karena ada beberapa atraksi yang cukup aneh, seperti orang dalam keadaan kesurupan, serta orang yang ditempel semacam paku dibadannya dan ditarik-tarik.

Tak itu saja, bahkan juga ada orang yang ditancap dengan panah mukanya tembus dari pipi kiri ke pipi kanan. Pada saat festival ini berlangsung, Batu Caves akan menjadi lautan orang.

Ketika sudah masuk kedalam Batu Caves, disana terlihat ada gua utama dan satu gua kecil.  Rupanya titik akhir perjalanan belum berakhir dan harus masuk kedalam gua dan disana masih ada sejumlah anak tangga yang harus dilewati. Namanya juga mencari pengalaman, maka SL.com meneruskan perjalanan ini sampai bosan selama di dalam gua Batu Caves ini.

Kesimpulannya, Batu Caves sangat menarik dan ajaib karena bisa melihat lempengan batu gua yang mana ribuan orang juga bisa masuk kedalam gua. Ini merupakan gua besar dan dipakai sebagai tempat suci bagi umat Hindu. Yang bikin heran, siapa sih orang yang pernah menemukan Batu Caves ini?

Sepanjang perjalanan menaiki 272 tangga, ada banyak monyet yang berkeliaran dengan bebas. Mendadak seorang turis asal Jepang berteriak minta tolong, dan rupanya botol minuman soft-drink-nya telah dijambret oleh seekor monyet. So,  pesannya, jangan bawa makanan atau minuman atau barang berharga karena bisa dijambret oleh monyet.

Jika anda lagi melancong ke Kuala Lumpur, silahkan dicoba berkunjung ke Batu Caves. Lumayan buat olah-raga mendaki tangga sekaligus mencari pengalaman baru. Yang mau bertapa disana juga boleh.

Pemandangan dari Batu Caves ke arah bawah

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

One thought on “Jalan-jalan Ke Batu Caves Kuala Lumpur

  1. […] Download Image More @ stephenlangitan.com […]

Leave a Reply