Geber Habis Honda New MegaPro!

3 Oktober 2010. Artikel ini merupakan lanjutan dari cerita tentang ajang Touring Honda New MegaPro dengan tema “Brotheroad: Perjalanan Street Fighter Sejati”. Kali ini SL.com dapat kesempatan geber habis motor ini dalam beberapa trek lurus di antara Salatiga, Boyolali, Klaten, hingga Candi Prambanan hari Sabtu (1/10/10).

Namun kesan dan pendapat SL.com masih sama dan tak berubah dengan tulisan yang sudah dimuat soal Honda New MegaPro di halaman ini. Artinya, produk PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki soul sebagai motor streetfighter yang mumpuni, atau layak disebut sebagai motor kaum laki sejati.

Namun, diakui ketika kita bicara soal desain dan model adalah  pilihan yang sulit, setiap orang pasti punya selera yang beda, jadi nggak usah diperdebatkan. SL.com melihat sosok motor ini berjiwa muda karena tampilan shroud yang lebar dan panjang yang menempel di tangki bensin. Namun shroud ini antara enak, dan tidak enak dilihat karena belum biasa dengan model baru.

Tapi apapun modelnya, sekarang mari kita lihat dari sisi mesin dan handling-nya. Kalo untuk mesin Honda New MegaPro, secara jujur memiliki tenaga yang responsif untuk semua tarikan bawah dan atas, hanya saja setiap motor punya nafas, tergantung besaran putaran mesin (rpm). Setiap gigi persneling pasti punya batasan RPM, tergantung gimana kita menggunakannya sesuai dengan medan yang ditempuh.

Dalam touring kemarin, SL.com mencoba semua gigi motor ini dengan tarikan-tarikan yang disengaja, bahkan gigi 4 digeber hingga motor kehabisan nafas dengan speed 110 km/jam. Masuk ke-gigi 5 kecepatan masih bertahan dan sayang medan dan trek jalan umum tak bisa melebihi 110 km/jam. Namun hal ini sudah cukup demi safety riding.

Setau saya, motor ini asli dari pabrik, masih settingan pabrik, dan belum dapat settingan dari tuner atau bengkel luar. Bahkan kondisi motor jelas-jelas masih standard atau gress keluaran pabrik PT AHM yang berada di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Jadi, dapat dimaklumi jika hasil uji coba Honda New MegaPro disebut sebagai hasil standard. Mau dibilang maximum sebenarnya belum, karena motor ini masih bisa dikorek lagi (kalau mau). Mau dibilang motor sudah cukup tangguh, oke juga.

Diantara rekan blogger mencoba beberapa kali saling overtake (nyalip) sebenarnya ini lebih sekedar untuk fun-fun saja. Hal ini pun dilakukan oleh SL.com untuk melepas dari rasa ngantuk dari pada mulut nguap-nguap mulu. Sebagai peserta ikut dengan rombongan atau konvoi resmi yang dikawal oleh oleh Polisi, maka mau tak mau harus patuh sama Road Captain.

Inilah pengalaman pertama SL.com ikut rombongan resmi melibatkan Polisi sebagai pengawal dan sepanjang touring berjalan, pihak Polisi menggunakan alat sirene untuk membebaskan jalan, agar rombongan kami dapat meluncur dengan aman dan nyaman.

Well.. kesimpulan umum motor Honda New MegaPro bisa dibilang well recommended buat dipake harian atau touring. Motor  dengan kapasitas mesin 150CC sudah pakai rem cakram pada ban belakang, jok yang nyaman, stang  motor yang tak membuat rider membungkuk atau rasa capek, sehingga untuk dipakai touring jarak jauh oke banget.

Oh ya.. soal bensin memang tak dicatat oleh SL.com karena bensin sudah penuh. Namun ada info atau referensi dari I Nyoman Kesawa, staff HC3 PT AHM sebagai berikut:

Dari data pengisian sebelumnya (di Tegal)  New Mega Pro hanya butuh 7,15 liter untuk menempuh jarak 363 km (rute Jakarta-Bandung Cirebon-Tegal). Dengan kondisi jalan bergelombang, kombinasi tanjakan dan turunan, ditambah dengan kondisi cuaca hujan dan sebagian lalu-lintas padat.

28 thoughts on “Geber Habis Honda New MegaPro!

  1. Pertamax

  2. cah poerdjo says:

    mantap NMP euy

  3. mantaf….. lumayan irit NMP, desain ga malu2in amat……..

  4. Luar biasa, klo 1 liter bisa mencapai kisaran 45-50 KM untuk type sport irit banget…bener2 lah Honda semakin di Hati dan cocok di kantong. Bravo Honda

  5. Luar biasa, klo 1 liter bisa mencapai kisaran 45-50 KM untuk type sport irit banget…bener2 lah Honda semakin di Hati dan cocok di kantong. Bravo Honda
    :2thumbup

    • Masih kalah ntuh ama Bajaj Pulsar 200 dts-i.
      Kapasitas mesin 200cc dgn bobot kosong motor lebih dari 140 kg (belum ditambah bobot tubuh biker) tp 1 km-nya bisa mencapai 60km-75km.

  6. Stuju skali,, Dg diadakannya perjalanan Street Fighter, maka membuktikan New Mega Pro layak disebut sebagai motor kaum laki sejati…

  7. mantep tarikannya new mega pro…layak dicoba neh

  8. Abis ngeliat kontes mekanik Castrol Power 1 kemaren,, kayaknya New Mega Pro ane pake oli itu aje deh.. Menurut agan-agan semua gimana..?

  9. mantavvvv…

    Honda memang No 1…
    Luar dan dalam Oklahhh…

  10. Luar Biasa. Jadi pengen nih. Honda memang jagonya Sepeda Motor.

  11. Layak sekali Honda New MegaPro ini bilang Motor yang Bagus,
    Jualannya saja saat ini Gila luar biasa,sampai-sampai inden untuk memperolehnya,
    Street Fighter Untuk laki-laki Sejati dan Pemberani.

    Semakin Cinta Neh Saya dengan Produk HONDA…………………
    Karena…………………………
    Semakin Hari……………………….
    Semakin di depan Yang lainnya……………………..

    Bravo HONDA……………….

    One HEART.

  12. udah kehabisan kata2 gw buat honda .
    yg pasti salut bgt buat event ini jd semakin naikin branding honda di mata konsumen dan ngasih smua yg terbaik .
    one heart deh pokoknya 😀 .cmiww <3 <3 <3 <3 <3

  13. Ndeso Kluthuk says:

    Ya, ok lah buat motor baru…. pasti ok,
    cuman apakah dalam jangka panjang kualitas sdh diperbaiki, diatas kualitas Megapro lama yg tankinya cepat bocor, mesinnya jadi kasar n cepet sekali minta ganti rantai keteng….
    time will tell lah….
    smg konsumen tetap diuntungkan…

  14. extensa86 says:

    Honda semakin variatif aja..!

  15. extensa86 says:

    sukses deh buat NMP nya.. Honda semakin variatif..!

  16. meet_hana says:

    bravo NMP!

  17. Aank Wijaya says:

    wuiiiissss….pasti keren banget to acaranya..!!!!
    good luck yah…
    salam One HEART.

  18. motor keren,buat apa ragu? sikaaaattt,,,motor lama gw jual aja

  19. maticmania says:

    Masalah shroud itu cuma kebiasaan kok…Pertama pakai memang risih juga sih pengin nglepas aja..tapi begitu lihat NMP lain lewat & kuperhatikan ok juga tuh…kalau dilepas malah juelek aku lihat juga beberapa yang nglepas :2thumbup

  20. berdasarkan ulasan diatas disebut bahwa motor ini termasuk motor yang irit dalam pengunaan bahan bakar,jadi cocok untuk perjalanan luar kota yang menempuh jarak jauh,jadi “dompet” juga bisa ikut ngirit.
    Honda is the best.

  21. Tekhnologi Honda emang jaminan mutu,desain nya juga keren jadi motor ini bisa disebut “recomended one”.
    apalagi motor ini sudah teruji kemampuannya.
    jadi new mega pro gak perlu diragukan lagi.
    Salam One Heart.

  22. new mega pro cocok untuk perjalanan jarak jauh,dengan desain yang mantab,maka perjalanan jarak jauh tidak bakal terasa capek.
    new mega pro the trully street fighter.

  23. Honda memang memiliki tekhnologi jaminan mutu,desain nya juga keren jadi motor ini bisa disebut “recomended one”.
    apalagi motor ini sudah teruji kemampuannya.
    jadi new mega pro gak perlu diragukan lagi.
    Salam One Heart.

  24. inilah gunanya touring dengan berbagai pihak,jadi penilaiannya lebih objektif..
    dari review yang diberikan semuanya mengarah kepada nilai yang positif tentang new mega pro.
    produk Honda memang berkualitas.

  25. e n c i m says:

    kalo untuk masalah design, kembali kepada selera masing2….

    tapi kalo soal teknologi, NMP lah jagonya…..

    terbukti paling irit lah….

    :iloveindonesia :newyear :request

  26. Salut ama acaranya mas Bro……klo ad acra lagi boleh dong di contec,he ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮. ‎​:p ,saya bru sih pke NMP….januari 2012.salam bickers…..

  27. berapa harga honda mega pro ini?

Leave a Reply