New Yamaha Scorpio With Amazing Journey To Bromo

Jakarta, 22 September 2010. Kemarin siang di Ancol Jakarta Utara, Yamaha Scorpio Z 225 diluncurkan oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Hanya saja, tak ada blogger otomotif yang datang meliput acara tersebut. Namun demikian, beberapa blogger bakal ikut serta acara Yamaha yang lebih seru, yaitu Amazing Journey Yamaha To Bromo.

Menurut agenda pada tanggal 24-26 September ini, Yamaha Scorpio Z 225 dan Yamaha Byson bakal menghangatkan suasana Wisata Alam Gunung Bromo yang sangat terkenal dengan keindahan kabut pagi dan gurun pasir-nya. Kedua motor sport Yamaha tersebut akan diuji ketangguhannya dan berhadapan langsung dengan alam Bromo sebagai pembuktian bahwa motor Yamaha adalah motor pejantan yang tanggguh.

Khusus Yamaha Scorpio Z 225 pada prinsipnya mengalami perubahan pada beberapa bagian tertentu dari produksi sebelumnya. Adapun beberapa perubahan yang terjadi pada Yamaha Scorpio Z antara lain:

Sumber foto http://www.dapurpacu.com/ (klik gambar untuk foto lainnya)

Bentuk dan model lampu depan, semula bulat dan kini menjadi lebih futuristik (head lamp multi reflector) yang mengadaptasi desain modern. Kemudian penampilan tangki yang terlihat berukuran lebih besar ditambah dengan sirip (shroud). Selain itu, ada perubahan lain yaitu di bagian belakang, sisi samping motor, knalpot, lampu sein, dan juga spakbor belakang.

Selain itu PT YMKI melakukan perubahan pada karburator yang telah dilengkapi dengan dual katup. Kabarnya dengan perubahan sistem di karburator ini setidaknya akselerasi mesin bisa bertambah lebih cepat lagi. Untuk info teknis lebih lanjut, sepertinya SL.com harus melakukan test-ride sama seperti yang dilakukan untuk Yamaha Byson beberapa waktu yang lalu.

Sedang dapur pacunya, Yamaha Scorpio Z 225 ini masih mengusung kapasitas mesin 223 cc dan ini masih sama dengan produksi sebelumnya, yakni mesin satu silinder SOHC dengan tenaga 18.2 dk pada 8000 rpm. Sedangkan torsinya diklaim bisa mencapai 17.5 Nm pada 6500 rpm. Jadi,Β  motor ini memang sangat cocok buat penyuka touring.

Menurut sebuah sumber, disebutkan bahwa penampilan wajah baru Yamaha Scorpio Z 225 ini merupakan hasil penggabungan tampang dari dua moge Yamaha street fighter, yaitu MT-01 dan FZ 8 yang terkenal di Eropa. Namun demikian bagaimana dengan masalah shock absorber yang sering dikeluhkan oleh konsumen Yamaha Scorpio pada edisi lama? Semoga saja hal ini sudah mengalami perbaikan, dan pengujian motor baru ini memang harus dilakukan melalui alam Bromo.

Yups.. kita tunggu aja berita dari Bromo. Oh ya.. soal harga memang belum dirilis oleh PT YMKI, dan kemungkinan besar informasi ini bakal dikeluarkan pada puncak acara di Bromo.

*SL.com tidak ikut serta ke Bromo karena tabrakan dengan acara ini.

Please follow and like us:

12 thoughts on “New Yamaha Scorpio With Amazing Journey To Bromo

  1. Golput4ever says:

    Luar biasa …. memang rasanya perlu dilakukan test ride untuk pembuktiannya, mudah2an bisa dilakukan mengingat kondisi alam Bromo yang berpasir (kalo tidak ada agenda touring) hehehe….
    Btw … kl shock belakang bermasalah kok YMKI ga melakukan Recall yach untuk model2 sebelumnya ….????

  2. powerpuffggirlz says:

    Aneh yahhh!!! Kok para blogger nggak ada yang mau datang. Mungkin mereka nggak tertarik sama sekali dengan si pio-pio.
    Kalau itu motor bagus…pasti para blogger datang semua.
    Sebaiknya terbuka donk sama publik mengenai shock yang ambless, kalau diam saja, jangan2 emang benar tuhh motor emang bermasalah

    • hehehe.. blogger bukannya nggak mau datang.. sepertinya (imho) emang nggak diundang acara di Ancol.. jadi, harap maklum aja kalau di blog ini sama sekali nggak ada foto2 acara launching Yamaha Scorpio Z 225 yang berlangsung di Ancol tsbt.

      Untuk acara di Bromo memang blogger ada yang diundang, tapi hanya untuk beberapa nama saja (selective).. demikian sekilas info.. πŸ™‚

  3. z rasa untuk touring keknya g sanggup dwegh…
    soalnya bsa keok…

    badan bsa cpat pegellll
    soalnya tlalu m’bungkuk..

  4. para blogger nggak ada yg datang ato gak mw datang bro???.
    ato apakah mereka nggak tertarik sama sekali ??
    Gak Fantastis donk jadinya bro…..

    • blogger nggak ada yg datang karena emang nggak diundang yamaha..
      jadi bukannya nggak tertarik ama scorpio.. ini jgn salah paham bro..
      kalo SL.com diundang, sudah pasti gambar2 TKP bakal ada puluhan di sini..
      :tkp

  5. @golput4ever : mungkin urusan mesin sich memang ndak pernah ada kendala berarti, misalnya tiba2 mati atau yg parah lainnya. Keburukan seluruh scorpio memang ada di shock belakang (yg akhirnya saya harus potong connecting rod sekitar 2/3cm agar tidak ambles). Satu lagi keburukan di scorpio lawas (saya punya 2003) adalah sering nembak kaya koboi, tp berhasil di atasi dg mengganti PAJ.

    Mudah2an bisa diperbaiki di scorpio anyar ini, tapi keliatannya masih belom double disk, humm…..

  6. Derry/donny says:

    persaingan di kelas motor Sport makinn seru……..

  7. Yohannes Kardiyo says:

    saya gak anti Yamaha,tapi memang Merk Yamaha jadi pilihan nomer dua,gak tau,Hati ini sudah susah ninggalin Honda dengan kekurangan dan kelebihannya.Yamaha Bagus,tp secara pribadi belum pernah jalan jauh dengan Yamaha.kalau ketemu dijalan sih sering waktu Touring ke Jogja sendiri.atau pinjam sama adikku yang memang senang Yamaha.Dia Punya V-Ixion,dan pernah coba juga…kesan saya… ya gitu deh..!penampilan Yamaha kian berani,dengan terobosan baru yang sebenarnya hampir jiplak motor sportnya honda untuk bajunya…!mesin….?? tetap berbeda jauh..! konsepnya aja ud beda…!para bro semua saya harap jangan bikin partai honda dan yamaha.kita konsumen,kalau seneng honda berarti punya alasan,begitu juga dengan memilih yamaha..pisssss.

  8. meet_hana says:

    pertarungan seru honda vs yamaha>> new scorpio vs new mega pro

  9. megajelek says:

    mega monyet semakin di depan

  10. Cahaya Surya says:

    kalo dilihat tampangnya mirip Honda Tiger baru yah?? yang versi bromonya,,,, hadeeehh koq Yamaha jadi korban kemiskinan kretivitas gini yah,, πŸ˜›

Leave a Reply