Kenapa ATPM Motor Bikin Acara di BROMO?

22 September 2010. Menurut agenda, ada dua pabrikan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) sepeda motor yang terbesar di Indonesia, yaitu PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) dan PT Astra Honda Motor (AHM) akan ada perhelatan besar di kawasan wisata Bromo yang terletak di Jawa Timur. Yang menjadi masalah kenapa ATPM harus pilih lokasi Bromo? Sebenarnya disana ada apa?

PT YMKI akan mengusung Yamaha Byson ke Bromo pada tanggal 26 September. Kita ketahui bahwa Yamaha Byson adalah salah satu produk terbaru PT YMKI yang pernah dilaunching secara resmi pada tanggal 20 Agustus 2010. Sedangkan lawannya, PT AHM juga akan mengusung Honda New MegaPro ke Bromo pada minggu berikutnya, yaitu tanggal 2 Oktober 2010. Honda New MegaPro adalah salah satu produk terbaru PT AHM yang diluncurkan tanggal 9 Agustus 2010 yang lalu.

Persaingan kedua pabrikan ATPM ini terlihat dengan jelas, dan bagaimana usaha mereka mendapatkan perhatian dari masyarakat luas dengan segudang acara yang menarik dan penuh tantangan. Pada puncaknya kedua ATPM ini akhirnya menuju kawasan wisata Bromo yang terkenal dengan berbagai macam wisata alam yang cukup menantang, antara lain ada gurun pasir, awan/kabut, matahari terbit, udara gunung dingin, dan lain sebagainya.

[singlepic id=1236 w=320 h=240 float=left]Tak heran adanya tantangan dan suguhan alam Bromo yang indah tersebut, maka kedua ATPM saling berebut dan mencuri tempat dengan cepat. Hal ini dimaksudkan agar nantinya konsumen bisa melihat sendiri bagaimana ketangguhan motor baru yang diusung tersebut, dan mudah-mudahan hasilnya bisa menarik perhatian hati konsumen. Kawasan Bromo memang sungguh indah dan penuh tantangan.

Namun apapun yang dilakukan oleh kedua ATPM tersebut jelas punya maksud dan tujuan, selain dari pada acara promosi, branding product, juga untuk menjaga momentum, dan tentunya adalah bisa merebut hati konsumen agar terjadi penjualan. Itulah sisi kehidupan dalam setiap usaha dimana perusahaan harus banyak melakukan cara dan jurus strategi pemasaran jitu. Yang pasti, hal ini adalah sah-sah saja sepanjang hal ini memberi keuntungan bagi konsumen.

Artikel ini tidak membahas soal strategi atau jurus marketing ataupun agenda acara ATPM tersebut selama mereka berada di Bromo, karena soal strategi dan jurus marketing adalah mutlak milik (rahasia) perusahaan yang lagi bersaing tersebut. Kita lihat saja artikel berikutnya yang dapat disajikan nantinya.

[singlepic id=1282 w=320 h=240 float=left]Tapi, karena lokasi acara yang dipilih adalah kawasan wisata Bromo, maka tentu saja hal ini bikin penasaran bagi masyarakat luas khususnya mereka yang belum pernah datang kesana, atau memang ada rencana mau meluncur ke Bromo. Selama kita berada di kawasan Bromo, biasanya kita disebut sebagai orang luar atau tamu. Keberadaan sebagai tamu jelas beda dengan masyarakat yang punya wilayah.

Oleh karena itu rasanya kita perlu extra waspada dengan alam dan penduduk Bromo yang sebenarnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Menurut pengalaman SL.com ada banyak hal yang perlu diketahui karena hal ini menyangkut wilayah dan tanah milik orang. Dibawah ini ada beberapa hal yang perlu diketahui:

Tips ingin melihat alam matahari terbit (sunrise)

Meluncur ke arah Pananjakan dan berangkat dari hotel harus subuh sekitar pukul 04.00 WIB. Sebaiknya ikut dalam rombongan besar dengan cara menyewa mobil Toyota Land-Cruiser yang ditawarkan oleh penduduk setempat.

Jika ingin naik motor, harus dalam rombongan besar dengan catatan adalah antisipasi bahaya gurun pasir Bromo yang bisa bikin motor tak seimbang dan mudah terjatuh. Kemudian bahaya kabut tebal yang sulit ditembus oleh mata. Dan super extra waspada jika dicegat oleh penduduk setempat yang mungkin ketemu dengan orang yang lagi tidak bersahabat. Yang naik motor pakai box, harus dilepas sejak dari hotel.

Tips ingin naik kawah Bromo

[singlepic id=1294 w=320 h=240 float=left]Paling pas meluncur sekitar pukul 07.00 WIB dan siapkan fisik karena nantinya harus melangkah naik tangga yang cukup berat dan melelahkan.  Jika ingin bawa motor dan mobil hanya bisa sampai di lokasi tertentu, dan ditambah jalan kaki karena masih jauh dari tangga kawah. Untuk tips naik motor di sekitar gurun pasir Bromo, selanjutnya baca ulang keterangan diatas.

Tips Sewa Kuda

Harus kuat mental soal tawar-menawar dan bersiap untuk diserbu dengan aneka penawaran.

Tips Selama Di Kawah Bromo

Hati-hati melangkah, dan berlaku sopan dan tertib dengan alam dan penduduk setempat. Kalau tidak, anda akan mudah terpeleset jatuh dan masuk kedalam kawah.

Tips lainnya:

  1. Jangan pergunakan perhiasan/barang berharga lainnya. Lepaskan dan titipkan pada rekan yang tidak ikut serta. Jangan tinggalkan barang-barang berharga tersebut di kamar hotel (bahaya pencurian).
  2. Pergunakan jaket/baju hangat karena suhu udara di kawasan Bromo sangat dingin.
  3. Pergunakan sepatu (sepatu boot akan lebih baik).
  4. Jangan jalan sendirian (jalan terpisah). Usahakan selalu bersama dan bersatu dengan rombongan, sebab adakala (mungkin saja) menjumpai penduduk setempat yang tidak bersahabat.
  5. Selama di gurun pasir dan kawah Bromo tidak ada toilet. Harap ditahan sekuat tenaga rasa keinginan buang air kecil/besar.
  6. Jaga kebersihan dan jangan buang sampah disembarang tempat.

Semoga informasi ini berguna.

Foto yang ada di halaman ini adalah perjalanan SL.com bersama rombongan HTML (Honda Tiger Mailing List) pada bulan April 2006 dengan tema “Road To Unity Tour De Bromo“.

PHOTO GALLERY

[nggallery id=19]

Please follow and like us:

15 thoughts on “Kenapa ATPM Motor Bikin Acara di BROMO?

  1. kopral jono says:

    dari tulisan diatas kok kayaknya orang2 bromo banyak yang tidak bersahabat ya..

    • hehehe.. sebenarnya orang2 bromo nggak ada masalah.. yg jadi masalah adalah perbedaan status sosial.. so be carefull aja kalo lagi berkunjung ke tanah orang… ini berlaku dimana saja..:-)

      • Halo pak, tapi boleh kan ya naik notor di lautan pasirnya menuju bromo tanpa harus sewa Toyota FJ40 disana? Thx..^^

      • Om SL,knp box hrs dicopot dari hotel???,lah trus barang bawaan kita kudu dititip kesiapa klo solo touring?

  2. motor-motor streetfighter tapi di usung ke offroad Bromo, menurut ane rada ga nyambung … baik Byson maupun NMP …

    ah entahlah .. hehehhe …….. beneran mau offroad apa ? :p

  3. Ikut nambahin tips, pengalaman waktu beberapa kali ke Bromo. Bagi yg gak tahan dingin (alergi) sebaiknya bawa obat anti alergi semacam CTM, celestamine dsb. Bisa juga sebelum naik (untuk penghangat badan), makan2an daging seperti sop daging, rawon, sate kambing & sejenisnya.

  4. jeng kelin says:

    jadi pengin ke bromo..
    mantab artikelnya gan langitan

  5. yang penting bisa jalan2 k bromo…….

    naik NMP lebih seru dan lebih asikkkkkk……..

    kalo gak percaya bisa ikutan k bromo bersama NMP tgl 2 Oktober 2010………

    mau coba???????

    🙂 🙂 🙂

  6. wah kita bakal ketemu lagi nich pak, di bromo, bromo emang manteb, 5 kali aku kesana pak, besok mau ngulang lagi,

    masih inget aku to pak? yang dapet grandprize dari ahm pas acara deklarasi koboys di jogja, bisa minta kirim foto yang dicapture pak stehen pas aku nerima hadiah yg diserahin mas taufik tmc? share ke emailku ya pak thank’s

  7. Ini tanda-tanda pake semua elmu marketing udah ngak mempan makanya pake sowan ke gunung segala ? jangan-jangan masih percaya sama mbah dukun ? walah-walah jangan percaya jampe-jampenya.
    Kalau jualan motor di Thailand ke gunung apa ya..? kalau di Jepang masih ada
    gunung Fuji, kira-kira pada ke situ ngak ya.. naik-naik ke salju…gubrak.

  8. wah,jadi pengen berkunjung kesana nih,,naek motor2 yang akan diperkenalkan kira2 kuat ga ya naek ke Bromo?

  9. Aank wijaya says:

    ga tau juga ya…pastinya!!!!!!!!!!!tapi yang namanya anak kembar ya keggemaran dan ksukaanya ya samalah!!!!
    smaan trus brangkatnya…juga hari yang sama yah???

  10. Ikut bagi2 pengalaman Touring ke Bromo nih.

    1. Pertimbangkan kemampuan mesin juga, dulu pas touring kesana pake revo 100 lancar2 saja, entah ke tanjakan, gurun pasir, dsb (gak bawa pembonceng, nak bawa belum tau juga kuat gak)
    2. Untuk urusan cuaca dingin memang perlu hati2 bagi yang tidak tahan dingin, kemaren pas kesana pukul 16.00 udah menggigil dan musti pake jaket kalo keluar hotel.
    3. Melintas lautan pasir kalo udah agak siang (jam 8.00 ke atas) musti hati2, kemaren pas kesana berkali-kali diterpa badai pasir pekat banget…
    4. Terakhir…kenapa Bromo begitu menarik banyak orang? Jawabannya adalah karena memang AMAZING…Pokoknya menikmati pengalaman kesana akan sangat berkesan, boleh dibuktikan.hehehe

  11. Maksud dari “Dan super extra waspada jika dicegat oleh penduduk setempat yang mungkin ketemu dengan orang yang lagi tidak bersahabat. Yang naik motor pakai box, harus dilepas sejak dari hotel”,ini maksudnya apa yah?.Mohon di jelaskan dong.

Leave a Reply