Deklarasi Komunitas Blogger Otomotif Yogyakarta & Sekitarnya

Deklarasi KoBOYS (Komunitas Blogger Otomotif Yogyakarta & Sekitarnya) @Yogyakarta 7/9/10

Jakarta, 9 September 2010. Disela-sela kunjungan SL.com sewaktu ke kota Yogyakarta tanggal 7-8 September 2010 bersama PT Astra Honda Motor (AHM), ternyata ada satu hal yang mengejutkan yaitu pertemuan dengan blogger dan pengunjung blog Yogyakarta. Baik SL.com maupun rekan blogger Taufik TMC, Edo Rusyanto, dan Bro Teddy dari PT AHM tak menyangka jika pertemuan ini bakal heboh dan meriah.

Semula dipikiran hanya silahturahmi biasa, antara penulis dan pembaca blog, tapi ternyata acara yang di koordinasikan oleh blogger wilayah Yogyakarta, yang dipimpin oleh blogger Mas Bro Hadiyanta mampu mengumpulkan sejumlah nama blogger otomotif wilayah Yogya dan sekitarnya. Mereka juga mengaku sebagai KoBOI (Komentator Blogger Otomotif Indonesia).

Kehadiran PT AHM bukan sebagai pencetus, tapi kebetulan gara-gara ada 3 orang blogger KoBOI Jakarta datang bersama dengan AHM ke Yogya dalam rangka menyambut pemudik Honda (Mudik Bareng Honda 2010) di JEC Yogyakarta, dan beruntung jika AHM setuju menjadi sponsor dan membayar restoran,  dan menyediakan aneka ragam souvenir Honda.

Lagi, semula dikira hanya pertemuan biasa yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama, namun ternyata VIP Meeting Room Restaurant PringSewu di Jl. Raya Magelang di booking dan diisi meja/kursi bagaikan rapat orang kantoran. Belum lagi ada spanduk sambutan selamat datang, dan tentu saja barisan makanan prasmanan untuk buka puasa bersama sudah siap dihidangkan.

Ketika SL.com hadir pukul 17.00WIB, terlihat rekan-rekan blogger sudah menunggu di dalam ruangan dengan format meja letter U. Sebuah slide presentasi dan alat proyektor sudah disambungkan ke laptop, terlihat juga laptop rekan blogger Yogya terbuka, dan ini memperlihatkan kematangan para blogger Yogyakarta dalam persiapan acara.

Hal ini jadi mengingatkan SL.com dalam suasana rapat tahunan perusahaan, selayaknya orang kantoran yang mana setiap manager harus kasih laporan semester, buat outlook, dan juga buat business plan ditahun berikutnya. Yang lebih menarik lagi, lokasi ruangan berada di samping sawah yang lagi menghijau. Wah.. ini benar-benar dalam suasana alam pedesaan dan pokoknya ini asli manteb banget!

Cukup panjang untuk menceritakan urutan atau rangkaian acara yang dikemas dengan apik oleh rekan-rekan blogger Yogyakarta dan sekitarnya. Tapi yang jelas, disana ada acara perkenalan, ada acara buka puasa bersama, acara foto bersama, acara kuis dan undian, acara bagi-bagi hadiah, dan acara sharing bagi-bagi ilmu sekitar blogging.

SL.com sendiri kebagian cerita singkat bahwa untuk menjadi blogger yang berhasil adalah menjadi diri sendiri dan perbanyak kontent yang berkualitas. Sedangkan Bro Edo Rusyanto menyampaikan soal perlunya Safety Riding yang diawali dengan games unik. Demikian pula Bro Taufik kebagian bercerita tentang pengalamannya dalam blogging.

Menutup acara pertemuan, akhirnya disepakati untuk membuat “deklarasi” dibentuknya komunitas blogger otomotif wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Hal ini dimaksudkan agar teman-teman didaerah punya komunitas sendiri, dan ini merupakan chapter atau kesinambungan dari KoBOI (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia).

Maka dari itu, nama komunitas ini dibuat dengan sederhana, yaitu KOBOYS (Komunitas Blogger Otomotif Yogyakarta dan Sekitarnya). Sekali lagi soal penamaan adalah bebas dan itu tergantung dari pada masing-masing anggotanya. Tidak ada keharusan, karena ini adalah komunitas yang merangkul teman-teman blogger untuk bisa saling sharing.

Jadi, tak ada ikatan atau kewajiban menjadi anggota, dan yang menjadi anggota KoBOYS adalah mereka yang sudah punya blog dan aktif menulis otomotif, baik R2 atau R4. Eksitensi KoBOYS adalah mandiri (tak terikat) dan lebih meng- kedepankan unsur independensi dalam tulis menulis di blog yang sama sekali tak akan dipengaruhi oleh siapa saja.

Kejadiran ATPM PT AHM memang diakui yang lebih dulu merangkul kalangan blogger otomotif, tapi bukan berarti nama Honda yang lebih dulu diprioritaskan. Lagian, isi dan materi penulisan blog dikembalikan kepada yang punya blog. Yang penting disini adalah, masing-masing pemilik blog paham akan rambu-rambu penulisan, UU ITE, karena blog adalah media  online yang kini bisa dibaca oleh semua orang.

Sebagai apresiasi dari PT AHM, Bro Teddy menyampaikan challenge atau tantangan bagi anggota KoBOYS untuk bisa ikut serta dalam acara “Test Ride Honda New MegaPro” dari kota Semarang ke Yogyakarta, pada tanggal 2-3 Oktober 2010 mendatang. Wuis.. ini bakal rame nih blogger KoBOY akan ikut serta touring bersama Honda New Mega Pro.

Kesempatan ini akan diberikan buat satu orang blogger KoBOYS yang punya blog berkualitas dan konsisten menulis. Blognya akan dinilai oleh 4 orang juri (Bro Taufik, Edo Rusyanto, SL.com dan Teddy AHM).  Penjurian ini dimulai dari sekarang hingga 3 minggu kedepan.

SL.com mengucapkan selamat atas berdirinya KoBOYS, dan semoga makin banyak anggotanya. Semakin banyak teman, semakin luas pertemanan, dilanjutkan kopdar (kopi darat). Acara deklarasi KoBOYS disaksikan oleh Mas Bro Pras koodinator PMHY (Paguyuban Motor Honda Yogyakarta) dengan sejumlah klub motor Honda di Yogya.

Bagaimana dengan wilayah lain? Surabaya, Bali, Makasar, Medan, Pakanbaru, Palembang? Kita tunggu nih.. siapapun blogger yang suka menulis otomotif, silahkan lapor disini. Kita akan deklarasikan secepatnya!

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

16 thoughts on “Deklarasi Komunitas Blogger Otomotif Yogyakarta & Sekitarnya

  1. terima kasih wejangan nya bro! 😉
    terima kasih juga atas gambar-gambar KoBOYS yang mantap! :mrgreen:

  2. heheheh…kumplit banget putunya…xixixi……kalo serius nulis kayak juragan susah dah….tapi minimal gak melanggar etika dan gak masuk delik pidana UU ITE dah cukuplah bagi 5osial.wordpress…matur tengkiu advicenya

    • Makasih Mas Bro Ki Kolor Ijo.. tuh foto apa adanya.. ga ada yg disensor…

      Apa aja bisa dibuat serius asal kita sendiri senang/bahagia.. jangan dipaksakan kalo ada kegiatan yg bikin bete.. hehehe.. :Peace:

  3. alrozzzi coolrider 2 says:

    ➡ haduh, gak kebayang ketemu blogger artis R2 Indonesia… wejangannya itu lhooo… maknyuuusss… kata-katanya menginspirasi, semangatnya luar biasaaa… makasih om SL, makasih AHM, makasih pak Edo, makasih mas Taufik… Bravo KOBOYS

  4. acara yang serba tak terduga. hehehe

    gambare lengkap kap kap.. 😀
    minta ijin ambil gambar yak pak SL. hehe

  5. terimakasih mas bro SL, kita resapi saran dan petuan anda, dan itu secara pribadi, bikin saya semangat. Ijin ambil foto-fotonya sekaligus mungkin ada beberapa yang saya tayang ulang di blog saya.

    tentang Koboys sendiri, saya kira tepat seperti tulisan bro SL, bahwa kita tetaplah chapter dari KOBOI yang di Jakarta, untuk itu kami minta beberapa saran lagi, utamanya tentang susunan pengurus dan seksi-seksinya apa saja yang masih perlu ditambah, minimal sama dengan KOBOI jakarta.

  6. makasih juga om… jangan kapok main ke jogja… 🙂

  7. powerpuffgirlz says:

    Well done buat AHM yang bisa memfasilitasi para bloggers..

  8. koteka man says:

    Nimbrung bro..
    Negeri koteka butuh masukan.Untuk sistem paguyuban motor jika kita ingin merealisasikan di wilayah kami itu kira2 apa ja yang mungkin kita harus perhatiin??
    trus siapo ajo yang harus kami rangkul??
    tengkyu.. salam otomotif

  9. sayangnya ane ngk dateng..ihikss…mohon maaf karena ada keperluan lain dan waktu tak memungkinkan :mrgreen:

  10. […] disambut dengan hujan gerimis sekitar pukul 16.00 WIB. Untuk melepas lelah kami mampir sejenak di Restaurant PringSewu Jl. Raya Magelang, […]

  11. keren nih,ajang silahturahmi para blogger lokal dengan pihak AHM,jadi bisa saling share.
    Ini bukti kedekatan pihak AHM dengan para blogger.
    So keep it up guys.
    Salam One Heart.

  12. tidak hanya sekedar kumpul2,tapi juga sebagai ajang yang mendidik,karena dalam acara ini ada materi mengenai safety riding,jadi semua peserta dibekali bagaimana cara berkendara dengan aman.
    Nice work…
    Viva AHM.

  13. wah ajang tukar menukar ilmu neh,ad materi untuk menjadi seorang blogger,materi safety riding…
    wah komplit banget.
    Salut buat teman2 di Jogja.
    Salam One Heart.

  14. wah ajang tukar menukar ilmu neh,ad materi untuk menjadi seorang blogger,materi safety riding…
    wah komplit banget.
    Salut buat teman2 di Jogja.
    Salam One Heart.

  15. Wow jika saja semua daerah punya forum seperti ini,maka akan banyak hal positif yang dapat dikerjakan.
    Ini merupakan cara yang bagus dalam menciptakan citra postif bagi AHM.
    Good Job.
    Kita tunggu acara berikutnya.

Leave a Reply