Dicari Blogger Otomotif Yang Baru & Lebih Kreatif!

Jakarta, 25 Agustus 2010. Beberapa pertemuan SL.com dengan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) dalam obrolan santai (non-formal) sempat terlontar sebuah kalimat pendek penuh penasaran, “yang ikut acara ini  siapa saja? Koq blogger yang muncul masih itu-itu lagi? Siapa nih blogger yang baru, diperkenalkan dong..”

Sepertinya pihak ATPM tersebut sedang mengharapkan kehadiran blogger baru untuk meramaikan acara. Hal ini juga pernah terlontar pada pameran IIMS 2010, dimana ada ATPM yang bikin perlombaan menulis buat blogger tapi yang ikut koq sangat minim. Tak itu saja, ada ATPM yang mengundang blogger untuk hadir dalam launching  produk baru di ajang IIMS 2010 lalu, tapi yang ikut hanya 3 orang blogger otomotif. Terus yang lain mana nih?

Blogging adalah satu social media yang kini semakin berkembang, dan ini dirasakan oleh kalangan industri  bahwa peranan seorang blogger sebagai pewarta media dan informasi cukup berpengaruh, karena hasil liputannya dapat dilihat melalui internet secara cepat. Serius.. peran blogger sebagai pewarta media online kini semakin diterima oleh sejumlah industri, ATPM dan banyak pihak lain yang tak dapat disebutkan satu-persatu.

Memang aktifitas blogging disebut sebagai sarana social media, tapi blogging (ngeblog) sangat beda dengan Facebook (FB) dan Twitter, karena media FB lebih banyak bermain foto, dan artikel yang ada disana bukan disebut sebagai ngeblog. Kalaupun ada artikel di FB, itu pun terbatas buat member friends, group, atau page fans, yang pasti FB bukan ngeblog. Lain lagi Twitter cuma bisa nulis maximum 144 kata, dan ini cocok sebagai “media connection” dan bermain dengan link, yang ujung-ujungnya buat link ke alamat blog.

Pengalaman SL.com sebagai seorang blogger, awalnya sebagai penggemar touring, yang kemudian menulis kegiatan touring,  dan menampilkan foto-fotonya. Sejalan dengan waktu, sumber dan bahan penulisan artikel semakin berkembang dengan banyak ragam jenis peliputan. Hal ini karena banyak belajar dari kegiatan wartawan, bahwa ternyata kalau mau membuat sebuah artikel menarik harus dicari sumbernya. Harus kreatif, mau keluar dari ruangan, menjauh dari meja/kursi tempat duduk sekarang, banyak jalan-jalan meliput kegiatan diluar.

Akhirnya SL.com memilih khusus bidang konsentrasi otomotif, yang semula hanya meliput dab menulis artikel otomotif roda dua, kini sudah ikut meliput kegiatan otomotif roda-empat. Maka tak heran, SL.com sering bertemu dengan teman-teman wartawan otomotif dimana saja dalam setiap kesempatan. Barangkali sebutan sebagai Independent “Blogjournalist” akan lebih tepat buat diri SL.com, karena faktanya dilapangan SL.com berperan sebagai blogger, sekaligus pekerjaan journalis, soalnya pake acara interview dengan nara sumber.

Dari pengalaman tadi, ternyata menjadi seorang blogger tak harus pandai menulis. Semuanya bisa dipelajari dengan sendirinya.  Kalau SL.com awalnya hanya belajar secara otodidak bagaimana menjadi (serupa) dengan wartawan, tapi berutunng memiliki media sendiri, sehingga semua harus diolah sendirian (independent). Sampai sejauh ini keberadaan blog ini tetap sebagai independent, blogger, alias dikerjakan sendiri, dan tidak memihak kemana-mana. Lagian, nggak pakai nama perusahaan.

Kemudian bagaimana dengan soal penggunaan komputer, katanya orang blogger itu adalah orang-orang IT yang canggih. Ah.. itu sih salah informasi, sebenarnya menggunakan komputer untuk ngeblog sangat mudah. Semua bisa dilakukan dengan cepat dengan klik sana dan klik sini melalui media internet.  Apakah harus bisa cepat mengetik? Ternyata tidak juga. Sampai saat ini SL.com masih ngetik keyboard pakai 11 jari, alias jari telunjuk kiri dan kanan, cukup dua jari saja. So, maksud dari paragraf ini ingin menjelaskan bahwa semua orang bisa ngeblog atau menjadi seorang blogger.

Yang menarik, dan ini khusus buat para komentator blog yang biasanya rajin menulis komentar panjang-panjang di blog orang, sebenarnya bakat menulisnya untuk media blog sudah ada. Anda disini tinggal create blog melalui www.wordpress.com dan selanjutnya analisa/pendapat-nya diulas sendiri di halaman blognya sendiri, maka jadilah sebuah artikel yang menarik.

Akan lebih baik artikel tadi di kondisikan dengan hasil pengamatan di lapangan, atau buat konfirmasi atau wawancara singkat dengan nara sumbernya. Wah.. pokoknya bakal makin asyik menuliskan opini pribadi di halaman blog sendiri sekaligus belajar menjadi pewarta masyarakat (citizen journalism).

Pernah ada yang bertanya ke SL.com, “Om.. saya sudah buat blog.. tapi gimana caranya supaya bisa ikut acara test-ride motor dan sebagainya?” Jawabannya adalah blog anda harus punya reputasi dulu agar bisa dikenal oleh pihak industri otomotif dan ATPM.

Nah.. gimana caranya? Caranya adalah sangat sederhana, anda hanya diminta menulis artikel otomotif yang sebanyak-banyak-nya. Minimal satu atau dua artikel per hari-nya, dan ini dilakukan secara konsisten dan bukan dengan cara copas (copy-paste). Karena nantinya bakal ada artikel tertentu yang bakal hits dan dikenal oleh industri otomotif. Kalau ternyata isi dan kualitas artikel blog tersebut disukai oleh kalangan industri, maka biasanya pihak ATPM akan melirik blog anda.

Buat mereka yang merasa “jadi blogger sudah lama”, dan “merasa tak berkembang”, nah.. bagian yang ini silahkan melakukan review sendiri. Bisa jadi hal ini dikarenakan, jumlah artikelnya kurang banyak, atau memang kurang menarik. Entahlah.. cuma anda yang tau sendiri jawabannya.

Kalau anda berkenan mau pindah ke sebuah bidang baru, misalnya sekarang mau masuk ke dalam dunia otomotif, paling tidak ini harus dibuat menjadi sesuatu lebih menarik, serius, dan konsisten dalam meliput event dan menulis artikelnya. Yang pasti jangan terjebak dan mengulang kasus lama, atau melakukan aktifitas ngeblog dengan sebutan iseng-iseng. Bagi yang bikin ngeblog iseng-iseng, hasilnya pun iseng-iseng.. setuju kan?

Just your info, industri otomotif memang  saat ini sedang mencari blogger baru dan/atau blooger yang lebih kreatif, serta  mau konsisten terjun meliput kegiatan di bidang otomotif, bukan sebagai blogger otomotif campur aduk yang nggak karuan.. 🙂

Well.. bagi mereka yang benar-benar mau serius ngeblog dibidang otomotif, dan bukan jadi blogger copas (copy-paste) atau blogger Feed RSS (Really Simple Syndication), silahkan perkenalkan nama blognya dan link URL-nya. Siapa tau blog anda bakal berkembang dengan pesat, serta menjadi perhatian bagi kalangan industri otomotif. Silahkan.. ayo ramaikan blogger otomotif, apakah roda dua atau roda empat, atau mau ngeblog untuk kedua-nya.

Ayo.. dicari blogger baru! Tinggalkan nama blog dan link URL-nya anda di kolom komentar ini, sekalian sebutkan bidang kosentrasinya. Semoga info ini berguna untuk semua pihak.. 🙂

Please follow and like us:

52 thoughts on “Dicari Blogger Otomotif Yang Baru & Lebih Kreatif!

  1. Pengen ….
    Tpi…. terkendala waktu untuk observasi Lapangan ….. Maklum cuma seorang karyawan 🙂 ….

    • ini sih pengalaman saya dulu yg jg pernah jadi karyawan.. tapi gimana caranya keluar nggak jadi karyawan lagi.. xixixixi.. 🙂

  2. Soalnya yang diundang cuma itu-itu saja. Hari kerja pula. :mrgreen:

  3. hmm…
    pengen, tapi masih belum pede sama tulisan sendiri..masih kacau balau, ngga terstruktur… kadang ada ide tapi gatau cara nulisnya…maklum, ane ngga pernah sekolah tinggi2.. :mrgreen:
    ternyata gampang2 susah untuk jadi seorang blogger yg serius….

    blog ane : http://nunoe25.wordpress.com/

  4. ekojuwono says:

    kalau saya sendiri ngeblog gara2 dapat artikel menarik di otomotifnet.com tapi setelah 1 minggu kemudian artikel tersebut tidak dapat saya temukan. akhirnya kalau ada artikel yg menarik dan tidak perlu simpan di flashdisk ya dicopas dan ditempel dengan menyebutkan sumbernya dan jika berasal dari blog orang lain biasanya saya meminta ijin terlebih dahulu. Dan ternyata artikel tersebut berguna juga bagi orang lain. Jadi saya tidak sehebat oom Stephen tapi kalau oom berkenan berikut url saya :

    ekojuwono.wordpress.com

    terima kasih

  5. komen ane gak keluar -_-‘

  6. dan kenapa yang sering diadaain test ride hanya diibu kota, coba kalo didaerah atau paling ngga kota-kota besar selain ibu kota juga ikut diadain…saya yakin jumlah reviewer dari blogger otomotif daerah yang tidak diundang untuk diajak test ridepun pasti tidak kalah maknyuss dari bloger ngetop ibu kota…he..he..he.. 😀
    Ayo pihak ATPM-ATPM lokal ada yang merasa tertarik untuk ngadain test produk barunya diluar ibu kota??? 😀

  7. wah, pingin seh jd blogger otomotif yang bisa ikut test ride motor atau mobil baru dan meliput berbagai acara yang diadakan ATPM terkenal. walaupun masih terkendala soal waktu. Biasanya hari sbt atau mgg baru bisa keluar..hhehe

    perkenalan neh blog saya yang membahas mengenai Berita Otomotif dan bisnis Online :
    http://erickgunawan.com

  8. heheh sptnya commentnya kena spam bro stephen..

    perkenalan blog ane di erickgunawan.com
    blog yang membahas mengenai berita seputar otomotif dan bisnis online..

  9. Kalo yg berada di pusat informasi (Jabotabek) gt mungkin mudah saja mengakses informan, tapi kalo yg di daerah2 cuma ngandelin berita dari situs berita ato dari blog yg udah ada. bakal keteteran ntar om

  10. acaranya kebanyakan hari kerja, giliran hari libur gag diundang… beuh.. 🙁

  11. pengin belajar ngeblog ah..

  12. Blog ttg Kuliner-kuliner yang worth to Ride for. http://www.riderskuliner.co.nr

  13. hadeerrr..

    konstentrasinya bingung mau bilang apa. yg jelas campur-campur. tapi masih kurang aktif.. 😀

    *tetepberusahajadibloggeryangbaik*

  14. menurut ulasan di atas, blog ku kayaknya masuk kategori iseng yah?

  15. Peran Netral seorang blogger yang masih kurang di diri ini Om…

  16. May be latter bang…. eheh…

  17. muda2han masuk kriteria…lagi nyusun bahan..mgkn klo da siap langsung di publish…klo mo join nanti gmn ni pak..

  18. aku ngeblog udah lumayan lama … tapi belum ada kesempatan kopdar di dunia nyata sama koboi … yah mungkin next time bisa meramaikan wajah2 baru koboi mas …..

    my blog : daddynaeva.wordpress.com

  19. menyusul..muda2han masuk kriteria..lagi mempersiapkan beberapa artikel..he he

  20. […] banyak teman. Yang paling penting mendapatkan networking, dan menjalin kerjasama dengan ATPM. Ayo.. dicari blogger otomotif baru dan lebih […]

  21. Salam kenal mas Stephen….
    Perkenalkan blogger new bie, maklum baru nongol kemarin, asik juga blogging…. apalagi bisa update kayak 3 besar blogger otomotif….
    Monggo kunjungi lapak ane….

    http://cbr250r.wordpress.com/

  22. mulai keracunan lagi nih bang, niat lagi ah, sambil cek dompet buat nyari kamera murah meriah :ngakak

    bang step saya mau tanya kalo misalnya saya ada waktu luang terus mau ikutan suatu even launching produck itu nyari infonya kemana yah????

    • Event otomotif di negara kita ini sangat banyak sekali..

      Gabung aja ama group2 otomotif di facebook, apa saja, pasti nanti kita akan dapat undangan. Paling enak memulai peliputan dari kegiatan anak2 klub/komunitas motor/mobil, kopdar, baksos, sowan, mubes, ultah, touring, dll.

      Atau liat info dari koran, tabloid, majalah, apa saja, di catat tanggalnya, datang sendiri, liput sendiri, nanti bakal ketemu juga dengan teman2 blogger otomotif lainnya. Hal ini berlaku juga di kota-kota besar di daerah.

      Event launching product baru dari ATPM, biasanya kita dapat undangan, karena ATPM sekarang men-seleksi siapa aja yg mau diundang. Kalau mau, jangan lupa hadir di JMCS (Jakarta Motor Cycle Show) bulan Nov/Dec 2010 ini. Bikin artikel yang banyak, upload foto yg banyak, interview narasumber.. Kalau ini motivasinya dari hobi, pasti semangat!

  23. mantabh…. kalo aku bisa ga om???

  24. saran aja.. bukan hal yang baru. blogger buat aku dan banyak teman-2 adalah hobby dan pekerjaan sampingan. sehingga kalau atpm mau bikin acara yah bikinnya habis pulang kerja aja atau weekend.

  25. Dhika_dhuar says:

    Wah, liat artikel SL.com yang satu ini jadi bikin saya berniat buat jadi blogger otomotif juga, khususnya perkembangan industri motor di sini….

  26. wah blogku masih campur bonsai, habis biar ada sejuknya setelah beberapa kali ulas otomotif tongolinbonsai biar ijo.

  27. namanya juga Bonsai Biker

  28. mantep nich programnya. tapi sayang ane ga begitu paham dunia otomotif. hehehe tapi, dgn program kyk gini, moga2 dunia otomotif indonesia tambah rame.

    Sukses..

  29. […] Menurut panitia, tercatat ada 175 tulisan selama periode tersebut yang masuk, tapi yang terseleksi menjadi kandidat pemenang sesuai dengan kriteria dewan juri hanya 30 artikel. Namun demikian, pemenang utama lomba tulis dan fotografi Bajaj Pulsar 135LS 2010 diputuskan hanya hanya lima orang saja, yaitu: 1. Seputar Indonesia : Wahyu Sibarani 2. Motor Plus Tabloid : Eka 3. Bikers Magazine : Amir Hamzah 4. Detik.com : Bagja Permana 5. Blogger : Stephen Langitan 6. Fotografi : majalah R2- Dimas Aryaseta SL.com akhirnya teringat dengan artikel ini yang telah mengantarkan SL.com menjadi pemenang perlombaan ini, padahal kalau mau dilihat artikel tersebut sebenarnya tidak apa-apanya, masih banyak koq warung tetangga, alias blogger otomotif lainnya yang piawai menulis dan punya pengunjung lebih rame dari warung ini. OMG.. hanya Engkaulah Yang Maha Tahu dan Maha Pengasih, dan ternyata rejeki itu tidak jauh dari SL.com . Menurut agenda, semua pemenang berhak menonton F1 Racing Singapore pada 26 September 2010 yang akan datang, dengan perjalanan dimulai dari dari hari/tanggal Sabtu 25 s/d Selasa 28 Sept 2010 dan kabarnya panitia akan menyediakan allowance senilai USD 500. Lumayan atuh.. itu duit mah bisa buat belanja oleh-oleh. Hehehe.. Terima kasih yang sebesarnya-besarnya kepada PT Bajaj Auto Indonesia, serta PT Filament Indonesia khususnya Ibu Manda yang sudah mengundang para blogger otomotif ikut serta dalam acara perlombaan ini, dan akhirnya SL.com bisa terpilih menjadi salah satu pemenang utama. Nah.. buat kalangan blogger jangan pernah putus asa, ini bukti dan sebuah contoh hadiah dari ATPM yang cukup menarik sebagai “Independent Blogger”. Ayo Dicari Blogger Otomotif Yang Baru, dan Lebih Kreatif! […]

  30. hahay…..bloger dicari???? xixixi…emang ilang diculik yak??? ah…ungkapan becanda lho….sebenarnya seorang blogger nulis itu sesuai kata hati…nah kalo senengnya ama motor dah pasti ganti oli aja juga diceritain….dan mereka juga gak butuh2 amat yang namanya eksistensi……tapi anehnya mereka suka balapan ato race dalam berbagai hal di sesama komunitas…seperti botd,alexa ato page rank…….ini menurut pendapat pribadi ki kolor ijo loh…………

  31. Rohmad si pelaut says:

    mboh……q gak mudeng kang

  32. Hebat!!! bro SL.com selain bisa menghasilkan tulisan yang menarik ternyata juga bisa menjadi motivator bagi rekan2 lain utk menjadi lebih kreatif.

    Sukses terus SL.com !

  33. icalbrown says:

    kepengen tapi ngga sempet 🙁
    mungkin tekadnya masih kurang 🙂

    imho, dari sekian blog yg gw kunjungi, blog ini yg paling oke,
    bahasanya dan tulisannya enak banged, high quality deh,
    terpapar rapi dan runut, matang sekali 🙂

  34. Hadir….
    Blogger otomotif emang ga ada matinya ya… 🙂

    Salam
    http://shuenk.wordpress.com/

  35. Jadi pengen ngeblog juga.
    Tapi sayangnya keterbatasan saya domisili di riau.
    Sedangkan blogger otomotif jamaknya di ibukota (pulau jawa)

  36. hmmm, kalo blog saya gimana tu om,,, di

    http://otomercon.wordpress.com

  37. […] ingat isi dari suatu artikel di SL.com. Berikut saya kutip […]

  38. […] otomotif walaupun campur aduk dan gak konsisten kurang tajam dan mengena  , kalo kita kutip dari sl.com …sekarang mau masuk ke dalam dunia otomotif, paling tidak ini harus dibuat menjadi sesuatu lebih […]

  39. terima kasih banyak atas informasinya,
    moga sukses selalu.
    jika ingin tau profil saya silahkan kunjungi..
    click this

  40. wah maksih atas infonya….numpang new bee ini….

    ngak apa2 telat lihat inpoNya….

  41. wah maksih banget..

    tapi sayang aqu baca artikelnya telat…

  42. salam kenal pak…
    barangkali ada kesempatan berkenan mampir ke blog saya, lebih-lebih kalau berkenan memberikan saran dan kritiknya, terima kasih banyak…

    maaf barangkali oot, untuk ikutan koboi caranya bagaimana ya pak ? mohon infonya barangkali sedang sempat…

    trims…

    r1
    amzas.wordpress.com

  43. Thanks, jadi nyadar kalo musti banyak belajar.

  44. bagi2 info. hati2 terhadap penipu ini.

    Wendy Djohan
    hp: 08997445520

    facebook si penipu
    http://www.facebook.com/wendy.djohan?sk=info

    bila ditawari bisnis online dia jangan percaya atau beli barang2 yang dia jual.kali ini dia mungkin lagi bangkrut jadi akhirnya pelanggan setia pun kena tipu memang dasar manusia gak diuntung.

    sekedar berbagi info thanks

  45. Salam sua buat team stephenlangitan, masih ingat saya saat team panjenengan mampir di PT ASTRA HONDA HSO SEMARANG ?

Leave a Reply