Bingung Pilih Motor? Lakukan Test-Ride

23 Agustus 2010. Anda lagi bingung pilih motor? Ya.. semua orang pasti lagi bingung milih motor karena sekarang ini, banyak ATPM menawarkan motor terbaru, dengan desain dan model yang modern, hemat bahan bakar dan sebagainya. Sementara itu, transportasi masal yang nyaman masih belum memadai, maka tak heran jika motor jadi pilihan.

Sangat terasa ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) saling berlomba secara ketat menjual motor, mengingat peluang dan demand sepeda motor di Tanah Air makin tumbuh mengingat jumlah penduduk penduduk makin bertambah. Beberapa ATPM motor punya motor baru dan mereka sangat bersaing dalam model dan harga. Maka inilah persoalan yang bikin bingung konsumen.

Sebagai contoh, sebut saja di kelas motorsport yang terasa  cukup kompetitif, dimana ATPM punya produk dimulai dari kelas 135 cc s/d 200 cc (diatas kelas bebek). Sampai saat ini, sudah ada motor baru jenis Honda New MegaPro 150cc, Yamaha Byson 150cc, Yamaha V-Xion, TVS Apache 160cc, Bajaj Pulsar 180cc, Bajaj Pulsar 135cc, dan Minerva R150VX. Masalahnya konsumen mau pilih yang mana?

Nah, yang paling bijaksana adalah melakukan test-ride sendiri untuk motor pilihannya diantara 2 atau 3 merek. Kalau bisa test-ride untuk semua merek. Hal ini untuk menjawab keraguan, kebingungan, bahkan simpang siur informasi yang berkembang. Minta dealer penjual kasih kesempatan melakukan tes-ride agar kita sebagai konsumen bisa merasakan langsung motor yang dimaksud. Bahkan kita bisa melakukan perbandingan antara satu jenis motor dengan motor yang lain.

Ingat, masing-masing motor punya karakter yang beda, misalnya saja anda lagi bingung mau milih antara Yamaha Byson atau Honda New MegaPro. Keduanya memiliki karakter yang beda. Menurut opini SL.com, Yamaha Byson cocok buat yang berjiwa muda, atau orang tua berjiwa muda khususnya doyan bergaya, dan suka modifikasi. Sedangkan Honda New MegaPro, akan lebih cocok buat pria dewasa, atau kalangan anak muda yang berjiwa dewasa dan umumnya menginginkan aspek kenyamanan dan tak perlu modifikasi macam-macam.

Kalaupun anda masih bingung dengan opini SL.com diatas, sebaiknya lakukan test-ride sendiri, dijamin anda akan mendapatkan jawaban yang pas. Artikel ini sekaligus menjadi PR (pekerjaan rumah) untuk setiap ATPM, dan dealer penjual agar konsumen dapat kepastian tentang produk yang dijual melalui tes-ride. Semoga ajang pameran JMCS 2010 nanti (Jakarta Motor Cycle Show) bakal ramai dengan ajang test-ride.

Semoga informasi ini berguna.

Please follow and like us:

11 thoughts on “Bingung Pilih Motor? Lakukan Test-Ride

  1. Dhika_dhuar says:

    Om Stephen, saya punya pertanyaan.
    Kapan JMCS dilaksanakan?
    Trus dimana letak event’nya?

    Trims….

  2. Rafflesia Bengkulu says:

    Betul.. layanan coba dulu ini agaknya lebih baik ketimbang keluarin produk trus bandingkan dengan produk lain bahkan menjelek2kan produk lain…
    Toh konsumen sangat beragam dan nggak sama keperluannya…
    ada yang pengen motornya irit dan nggak harus ngebut, ada yang pengen speed dan nggak peduli berapa banyak bbm yang harus kepake…
    ada Konsumen melankolis yang nggak suka modif dan ada juga konsumen singuinist yang nggak suka motor standart pabrikan..
    INTINYA ANDA SUKA ES KRIM COKLAT, BELUM TENTU SAYA SUKA ES KRIM COKLAT JUGA…

    heheheh… udah kayak psikolog aja neh…
    Gimana om sl?

    • setuju banget bro.. gagasan artikel ini muncul dari latar belakang kita yang punya selera beda. Sama2 mau makan es krim, tapi pilih rasa beda, bahkan ada orang yg minta porsi gede.. rakus kaleee.. 🙂

  3. setau saya hampir gak ada dealer-dealer AHM & YMKI yang menyediakan fasilitas test-ride untuk calon konsumennya. Om Stephen bisa bantu melacak dealer AHM & YMKI yg menyediakan fasilitas test ride New Mega Pro & Byson?

    • sejauh ini AHM dan YMKI belum ada layanan test ride, tapi TVS sudah duluan. Nah, justru itu.. kalau sudah bersaing ketat gini.. maka masing2 dealer harus bisa kasi kelebihan pelayanan test-ride.. kasi kesempatan konsumen coba dulu!

  4. eric rahardjo says:

    Saya dukung sepenuhnya penyediaan fasilitas “Test Ride” di setiap dealer. Supaya konsumen benar benar bisa merasakan keunggulan berikut kelemahan motor, dan apakah performa yang diharapkan ada di motor tersebut, mulai dari ergonomi, power mesin, dan hal lainnya sebelum membeli. Jadi bisa lebih objektif juga dalam menentukan motor pilihan. Kalau hanya mendengarkan sales yang menjelaskan, rasanya kurang pas, seperti sayur tanpa garam.
    Apalagi di saat sekarang banyak motor baru yang dikeluarkan oleh ATPM penyedia tipe sport seperti TVS, BAJAJ, HONDA, YAMAHA, SUZUKI, MINERVA, dengan kapasitas mesin yang hampir sama, dan teknologi yang baru.

    Kalau ada test ride unitnya, konsumen lebih mantap memilih motor, dan tentu saja semakin sayang pada merek pilihan.

    Wassalam….

  5. Pencari Cinta says:

    Setuju Mas SL,
    Kemarin saya beli di kasih Test Ride Mas SL,
    Dengan Test Ride bisa Memilih Dengan Tepat,
    Akhirnya Pilihan Hati jatuh kepada Honda New MegaPro,
    Enak banget di pakainya,
    Makasih Honda

  6. eh, kok jadi JMSC.. JMCS maksudnya. 😀

Leave a Reply