Sosok Yamaha Byson: Macho Street Performer

19 Agustus 2010. Judul diatas merupakan konsep utama dari motor Yamaha Byson yang tadi sore dilihat oleh SL.com di Sirkuit Sentul Kecil (Go Karting), Bogor (Kamis, 19/8). Acara test-ride terbagi atas dua bagian, yang pertama adalah test-ride Yamaha Byson, dan yang kedua adalah mendengarkan presetansi soal teknis motor. 

Acara test-ride ini terbagi dalam dua kelompok, yaitu antara group wartawan, dan group blogger (blogger digabungkan dengan perwakilan dari beberapa klub/komunitas motor). Namun, ketika SL.com melihat motor Yamaha Byson ini, sebenarnya tidak merasakan ada suatu kejutan spesial hingga membuat heran, karena bocoran gambar (foto) dan rumor tentang motor ini sebelumnya sudah beredar luas. Bahkan motor ini sudah lama ditunggu oleh publik.

Dalam obrolan dengan seorang staff Yamaha di TKP (tempat kejadian pengetesan), bahwa sebenarnya PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) sudah lama melakukan riset dan pengembangan motor ini sejak tahun 2008. Jadi, tak heran jika sosok motor ini sudah keburu bocor, bahkan publik pun sudah tau konsep motor ini diambil dari Yamaha FZ 16 yang populer di India (silahkan browsing di mbah google). Namun YMKI melakukan riset secara mendalam, dan secara pelan-pelan melakukan penyempurnan, serta menunggu waktu yang tepat untuk diluncurkan.

SL.com lagi beraksi bersama Yamaha Byson @Sentul 19/8/10

Sesuai judul diatas, bahwa kekuatan sosok Yamaha Byson memiliki karakter sebagai motor sport “Macho Street Performer” dengan kesan muscle (berotot) yang memang sangat cocok buat mereka (para bikers) yang suka dengan  stylish atau “aksi dan gaya”, dan disini bukan untuk bicara soal kecepatan atau ngebut. Hal ini ditegaskan oleh Muhammad Abidin selaku Asisten GM Service PT Yamaha Motor Kencaca Indonesia (YMKI) dalam presentasinya menjelang buka puasa bersama disebuah ruangan sirkuit Sentul Kecil.

Memang benar. Motor Yamaha Byson ini sangat terasa sebagai motor macho street performer yang bisa dilihat dari bentuk bodi yang kekar, menungging, stang yang lebar, tangki bensin besar, lampu modern, spadboard belakang mirip moge, spidometer digital, monoshock, swing arm lebar, pelek racing, bank tapak lebar, dan muffler (knalpot) yang besar.

Sebagai gambaran, mungkin anda sudah sering melihat motor modif  laki dari berbagai merek yang doyan pakai stang lebar, ban lebar, bodi motor dibikin kekar, tangkinya gemuk, dan ternyata memang seperti itulah ciri-ciri khas dari Yamaha Byson. Target pasar inilah yang dibidik oleh YMKI untuk memuaskan konsumen penyuka motor gaya.

Mangkanya nggak salah juga kalau Yamaha pilih nama Byson yang memang sesuai dengan ciri khas binatang Bison yang kekar, besar dan berotot karena motor ini memiliki garis dan desain yang menganut dasar-dasar streetfighter. SL.com pun jadi teringat dengan sebuah artikel yang ada di blog ini, dengan foto yang secara sepintas konsepnya mirip dengan motor Yamaha Byson.

Kemudian, SL.com pun sering pula mendengar modif motor dengan “tangki bensin kondom”, agar tampilan motor jadi besar dan kekar (walaupun kopong) agar penampilan sang-pemilik jadi kelihatan lebih macho, agar percaya diri penuh gaya. Dan ternyata target market dari Yamaha Byson memang diarahkan buat mereka yang suka bergaya macho.

Untuk mendukung soal karakter macho tadi, Yamaha Byson dilengkapi dengan pelek dan ban tapak lebar, untuk ban belakang 120/70-17, sedangkan ban depan 100/80-17. Bahkan SL.com melihat masih ada celah atau ruang pada lengan ayun belakang yang bisa dipasang Ban Battlax ukuran 140 agar motor terlihat lebih lebar dan lebih kekar. Keren!

Didukung dengan monoshock yang adjustable, serta swing-arm yang lebar, memungkinkan motor ini bisa pakai ban tapak yang sangat lebar atau extreem. Wah.. pokoknya pasti keren deh buat mereka yang doyan gagah-gagahan. Yang penting gaya man!

Agar motor tampil modern dan nggak dibilang nggak ketinggalan jaman, maka speedometer Yamaha Byson mengusung model sistem digital. Terlihat jelas seluruh panel spedometer, fuel meter dan odometer dengan angka-angka digital sehingga motor ini  memang pas buat anak muda jaman sekarang yang bernuansa  digital.  Kemudian, motor ini juga menggunakan stang berwarna silver dengan lebar 770 mm, memberikan kesan riding ala bikers sejati. Kaca spion bisa di modif atau diganti dengan ukuran yang lebih kecil atau model runcing agar penampilan tambah oke.

Model headlamp (lampu depan), suspenesi depan, spadboard depan, serta diamter rem cakram (single disc brake) ikut pula mempertajam penampilan sosok Yamaha Byson semakin garang. Ya.. untuk selanjutnya, silahkan saja para pembaca blog mengamati setiap detail dari foto-foto motor Yamaha Byson di foto gallery yang ada dibawah ini.

Selanjutnya bagaimana dengan bagian buntut?

Sebagai motorsport modern menganut konsep ekor/buntut yang nungging dan runcing. Spadboard belakang didesain berjarak jauh dengan ban belakang sehingga kolong jok dapat dilihat dengan jelas. Taillight (lampu belakang) pun oke, bentuknya kecil, dan saat lampu rem menyala, terlihat logo garpu tala Yamaha dengan jelas karena ada cahaya yang muncul dari lampu rem tadi.  Desain jok belakang hampir rata dengan bagian buritan dengan bentuk yang lebih mengecil. Sepasang hanger (pegangan) ukuran sedang di bagian buritan juga terlihat rata dengan bodi.

How about detail spek mesin, pengereman dan suspensi? Yups.. kita bahas besok aja ya.. tunggul artikel lanjutannya.. 🙂

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

19 thoughts on “Sosok Yamaha Byson: Macho Street Performer

  1. wuihh kekernyaaa . . .
    buntutnya keren pula, ngiler dah

  2. Duh… sayang hari kerja yaaahh test nya… kalo hari libur, pengenjuga ikut sekali2… hehehe.. siapa tau butuh rider yang rada ekstrem dikit.. :p

  3. Podium Gan!!!!

  4. wahh… masih kurang macho.. coba kasih mesin 250cc pasti hebat!!!

  5. Overall motor ini sudah bagus, sebagai pembuka jalan bagi motor2 type gambot yang mesinnya juga gambot…(tambahin dikit jadi 250 lah..) so welcome Yamaha Byson!! Photonya mangstab!! gede2.. Makasih Om Step..

  6. mantap…….knalpotnya thu menarik hati……bs dipasang di tiger gk yach…..

  7. ambooiiiiii, jd binun neh mo pilih yg ini atow yg itu y???????
    🙁

  8. ajibb memang..cuman bener juga…coba mesin tambah dikit 250 cc…ah cakep dah…

  9. secara desain mantab…. tinggal nunggu kompar dengan New Mega pro…

  10. gimana kalo di launching juga seri byson dg mesin 250cc?
    minimal pake 225cc si scorpio!

    wew….

  11. […] artikel sebelumnya, kali ini SL.com berbagi cerita test-ride Yamaha Byson di lintasan sirkuit Go Kart Sentul yang […]

  12. sandal jepit says:

    cocok..gagah.

  13. jangan ngiler dulu bro…review dulu, denger2 gm promo mr y nih bilang byson emang jual tampang jd minim fitur……dianggap ok…waduh….kog gitu ya ?

  14. freaKDevil says:

    gan…ane ijin nyomot picnya y (3 Byson)

    tengkyu

  15. mlikibrahim85 says:

    minta gmbarny yg 3D gan,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,tlng kri ke emailku ya gunnn,,,heheheheh

  16. Bro…..Jujur neh……
    Kok keliatannya bro SL wkt nunggangi Byson ………
    kayak nunggangin sepeda ontel yach????
    apa motor-nya kayak gitu yach bro????

  17. Minta tolong dong aku lagi nyari motor tapi bingung mbandingin antara Byson, Vixion, Pulsar yg 135/200/220 atau minerva R150 VX..
    seberapa bedakah keunggulan injeksi dibandingkan karburator?

    Makasih infonya yach….

  18. […] YMKI akan mengusung Yamaha Byson ke Bromo pada tanggal 26 September. Kita ketahui bahwa Yamaha Byson adalah salah satu produk […]

Leave a Reply