Apapun Motor Anda, Bisa Dipakai Buat Freestyle

Jakarta, 13 Agustus 2010. Ada yang bertanya sekaligus minta pendapat kepada SL.com, jika saya mau jadi stuntrider, kira-kira motor atau jenis apa yang paling cocok dipakai untuk freestyle? Wah.. untuk menjawab pertanyaan ini sih gampang sekali, ya hampir semua merek motor, serta jenis apa saja bisa dipakai buat freestyle.

Jawaban ini terkait dengan penglihatan SL.com dalam ajang kompetisi freestyle “U Mild U Biker Festrack 2010” dan “The 1st Jambore Freestyle Indonesia” pada pekan lalu di Lanud Juanda Lama Surabaya (Sabtu & Minggu 7-8 Agustus 2010). Saat itu kompetisi freestyle mendapat dukungan dari “Indonesian Freestyle Association” dan ATPM motor PT TVS Motor Company Indonesia.

Pada kompetisi freestyle tersebut, SL.com melihat sendiri ada banyak jenis dan merek motor yang dipakai oleh teman-teman stuntrider Indonesia, karena dari pihak panitia sudah menyediakan kelas kompetisi yang beraneka ragam, antara lain kelas motor matik (skutik), kelas bebek, kelas sport, kelas pemula matik, kelas pemula bebek, kelas beregu matik, kelas beregu bebek, kelas beregu sport, kelas profesional, hingga kelas super extreem (kelas bebas dan paling konyol).

Yang Penting Punya Nyali Kuat!

Sebagai contoh, lihat empat foto ini yaitu aksi paling konyol dan berani dari  stuntrider Edwin Gulla (20 tahun) asal Manado, dimana ia adalah pendatang baru  dengan akrobatik balik badan dan berdiri diatas jok motor. Pada awalnya ia belajar dari kelas bebek dan sekarang sudah meningkat dikelas motorsport.

Untuk pembuktian motor di kelas bebek dan kelas sport, saat itu PT TVS Motor Company Indonesia menyediakan ajang khusus menggunakan motor TVS untuk freestyle, yaitu bebek TVS Neo 110 cc dan sport TVS Apache RTR 160cc. Disini terbukti, jika motor bebek dan motorsport dalam kondisi standard, bisa juga dipakai buat freestyle yang menantang.

Dalam acara jambore freestyle kemarin hampir semua jawara stunrider Indonesia menjajal motor TVS tersebut tanpa ada hambatan, walaupun motor sudah digeber habis, diangkat, dipelintir, diinjak-injak, boncengan rame-rame, hingga di-putar-putar bikin para penonton yang pusing sendiri.

Semua Jenis Motor Bisa Freestyle

Selain dari pada motor merek TVS diatas, pada umumnya hampir semua merek motor memang dipakai oleh para stuntrider Indonesia dalam berkompetisi, sebut saja antara lain merek/jenis Yamaha Mio, Suzuki Spin, Honda Revo, Yamaha Jupiter, Honda GL Pro, Yamaha Vxion, Kawasaki Ninja 150, Kawasaki Ninja 250R dan jenis motor lainnya.

Untuk selengkapnya silahkan dilihat sendiri foto-foto yang ada di gallery dibawah ini. Apapun motornya ternyata bisa dipakai buat ajang freestyle. Anda mau coba?

So, bagi pemula yang serius ingin menjadi seorang stuntrider, sepertinya sejak dari sekarang anda sudah pilih motor apa saja, bahkan motor yang ada dirumah sebenarnya itu sudah bisa dipakai untuk kegiatan freestyler.

Kalau pun masih penasaran, silahkan datang pada setiap acara freestyle yang kini semakin berkembang dan ada dimana-mana. Klub dan komunitas freestyle kini juga sudah banyak dengan ragam nama. Cuma satu syarat utama, anda harus punya nyali yang kuat!

Tips Aaron Twite

Aaron Twite, stuntrider asal Amerika yang lagi berkunjung ke Surabaya kemarin, dalam obrolan santai dengan SL.com memberikan tips  singkat bagaimana menjadi stuntrider yang berhasil, antara lain dikatakan:

“Untuk jadi stuntrider berhasil, anda harus disiplin dan konsisten berlatih, juga rajin ikut berkompetisi dimana saja untuk mendapatkan jam terbang. Anda belajar dari mereka yang sudah berpengalaman. Jenis motornya, apa saja yang anda miliki saat ini. Namun syarat yang lain, anda harus punya gaya sendiri, gaya yang unik, gaya stunt yang beda dari yang lain, jadilah anda sebagai diri anda sendiri! Stuntrider Indonesia sudah oke tinggal selangkah lagi Go Internationl!” ujar Aaron dengan kalem.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

6 thoughts on “Apapun Motor Anda, Bisa Dipakai Buat Freestyle

  1. Pesan yang menarik banget dari stunt rider : BTW Pertamax

    Mimpi Yang Aneh: Berkendara dengan Honda Scoopy
    http://motorkencang.wordpress.com/2010/08/13/mimpi-yang-aneh-berkendara-dengan-honda-scoopy/

  2. Semua Jenis Motor Bisa Freestyle kuncinya harus punya nyali, rajin berlatih dr mreka yang berpengalaman, bgsnya punya cirikhas n gaya sendiri n tmukan magic moment mu….sukses deh jd Stuntrider!!!!

  3. aank wijaya says:

    ga mau aahhhh……….ntr rusak lagi motorx!!!!!!!

  4. Om,Saya Jay..Saya belajar freestyle sendiriaan..trus motor Saya Honda Blade,kl di Jakarta komunitas freestylenya ada dimana ya…mohon infonya Saya mau ikutan gabung,gak enak kl maen hanya sendirian,kl jatuh gak ada yang tolongin..hehehehe,tolong ya Om Infonya Trms

  5. andriy jokey Ninja says:

    Maaf boss tpi ko motor new ninja saya brat bgt bwt freestyle….saya butuh masukan nih…please replay postingan saya ke andri.crosser@gmail.com

  6. abysany jmc thebongoclub says:

    om,saya aby
    saya tertarik skali dgn freestyle,tp saya gk taw gmna cara nya supaya motor saya gampang buat freestyle
    mohon info nya ya om

Leave a Reply