Weekend Bersama Honda Jalan-Jalan Ke Bali (Part 1)

29 Juli 2010. Pekan lalu tepatnya di akhir pekan hari Sabtu Minggu 24-25 Juli 2010 beruntung penulis blog SL.com bersama empat rekan-rekan blogger otomotif lainnya bisa mendapatkan kesempatan baik untuk menjajal (test-ride) motor baru keluaran PT Astra Honda Motor (PT AHM), yaitu Honda Revo AT (Automatic) yang baru diluncurkan Rabu, 13 Juli 2010 di Jakarta.

Hanya saja, test-ride motor baru Honda Revo AT kali ini agak berbeda dengan test-ride motor merek Honda yang pernah dilakukan SL.com sebelumnya. Untuk kesempatan kali ini, PT AHM mengajak SL.com jalan-jalan ke Bali bersama empat blogger otomotif lainnya yang dipilih oleh PT AHM sendiri. Jelas ini merupakan sebuah kehormatan bisa bergabung dengan AHM, jalan-jalan dan melakukan pengetesan motor di Bali.

Sesuai agenda SL.com berangkat bersama dengan seluruh peserta (red= blogger) yaitu Bro Rudi Triatmono, Taufik, Adhi Nugroho dan Edo Rusyanto.  Kami berlima ditemani oleh tiga orang staff PT AHM dari Departemen HC3 (Honda Customer Care Center) yang mana departemen ini juga membidangi bidang komunitas.

Perjalananan diawali dengan penerbangan pesawat Garuda Indonesia pukul 07.55 WIB dan setibanya di Bandara Ngurah Rai, Bali kami disambut oleh beberapa orang staff dari Honda Regional Bali yaitu PT Astra International Tbk-Honda. Terlihat sambutan yang hangat yang mampu mengkrabkan kelima blogger dengan seluruh staff AHM dan staff Honda Bali.

Watersport Nusa Dua

Dengan dua mobil yang disediakan, dari bandara Ngurah Rai kami langsung meluncur ke Nusa Dua Tanjung Benoa untuk merasakan sensasi menikmati watersport dan keindahan alam pantai Nusa Dua. Yang menarik, dalam perjalanan dengan mobil,  PT AHM, punya alat modem & mobile router yang stand-by di mobil bagi blogger yang mau menulis artikel.

Alat ini tentu saja dimanfaatkan oleh blogger Rudi Triatmono dan Taufik TMC untuk meng-update artikel blognya. Sementara rekan blogger lainnya cukup meng-update status atau upload foto melalui mobile phone, BBM, facebook atau twitter. Sarana ini sudah sangat membantu dan juga jauh lebih praktis.

Alam pantai Nusa Dua saat itu diliputi oleh awan mendung sehingga  semangat blogger bermain watersport yang telah disediakan kurang diminati, padahal sebenarnya seluruh permainan waterpsort bisa dinikmati, antara lain jet-ski, para-sailing, banana boat, diving and fying-fish. Hanya blogger bro Taufik TMC dan dua orang staff PT AHM yang bersemangat bermain watersport, sementara itu SL.com lebih senang memotret.

Klik ini Pantai Nusa Dua dan Tanjung Benoa untuk melihat suasana permainan watersport dan alam pada saat itu.

Upacara Adat Bali

Sekitar pukul 14.00 hingga pukul 15.00WIT secara pelan-pelan lokasi dimana kami berada di Nusa Dua Tanjung Benoa, terjadi keramaian penduduk setempat yang akan melakukan upacara adat yaitu Ngaben. Info lengkap upacara ini bisa dilihat disini maksudnya SL.com takut salah menjelaskan tentang maksud dan tujuan upacara tersebut.

Saat itu udara cerah, panas matahari dan membantu dalam pencahayaan pemotretan. Klik ini Menjelang Upacara Ngaben karena bisa dilihat bagaimana persiapan menjelang upacara tersebut. Namun, saat upacara mulai berlangsung, SL.com sudah meninggalkan lokasi untuk selanjutnya menuju ke Tanah Lot dengan maksud melihat alam Sunset (matahari terbenam).

Tanah Lot

Hanya saja sayang, ketika kami tiba di kawasan Pura Tanah Lot kami disambut dengan awan mendung. Lagian, kami tiba sudah terlambat pukul 18.30 WIT dimana alam sudah agak gelap. Yang ada SL.com hanya bisa memandang Tanah Lot dari kejauhan. Hujan gerimis dan cuaca gelap membuat perut terasa lapar, dan kami memilih dinner di kawasan Tanah Lot.

Kaca Spion Motor Satu

Dalam perjalanan antara Denpasar ke Tanah Lot ada perhatian yang menarik bagi SL.com selama berada duduk di mobil, yaitu melihat pengendara motor warga Bali banyak yang menggunakan kaca spion motor hanya satu, atau hanya sebelah, tidak menggunakan kaca spion secara sepasang (lengkap).

Kenapa ya? Apa ini ada hubungannnya dengan adat-istiadat Bali? Atau masalah kebiasaan saja?

Menurut obrolan dengan Pak Wayan yang membawa SL.com, Adhi Nugroho dan Edo Rusyanto, katanya karena alasan rumah orang di Bali kecil, artinya motor susah masuk rumah. Kemudian, dulunya kaca spion motor bukan barang wajib, tapi  karena ada UULAJ yang baru maka kaca spion “terpaksa” dipasang tapi cukup satu saja.

Entahlah.. tapi yang pasti jadi menarik untuk di foto dan lihat ini “Kaca Spion Satu Di Bali” untuk melihat foto-foto selengkap-nya.

Test Ride Honda Revo AT

Sesuai agenda, bahwa test-ride motor Honda Revo AT yang dilakukan oleh ke-5 blogger dan ini baru dilaksanakan pada hari Minggu pagi 25/7 dengan rute dari Bayuwangi, Ketapang (Jatim) nyebrang ke Gilimanuk dan selesai di Negara Bali. Singkat kata, ke-5 blogger hanya “mencuri” kesempatan test-ride dari rombongan touring “SMART REVOLUTION JOURNEY”.

Oleh karena itu rombongan blogger ini pada malam itu juga harus menginap di Bayuwangi, maka kami pun harus menyeberang ke Jawa Timur dan lebih dulu melewati pelabuhan Gilimanuk untuk terus jalan menuju pelabuhan Ketapang dan kta Bayuwangi di Jawa Timur. Singkat kata, kami sudah tiba di Hotel Mirah di Bayuwangi sekitar pukul 01.00 WIB dini hari dan hanya tidur beberapa jam karena harus bersiap bangun pagi pukul 06.00 WIB.

Bayuwangi-Gilimanuk-Negara

Minggu 25 Juli 2010 pukul 08.00 WIB kami sudah bersiap dengan seluruh perlengkapan motor, helm, jaket, dan protektor, dan sementara itu kami hanya menunggu rombongan konvoi touring “Smart Revolution Journey Honda Ravo AT” yang akan mampir dan menghampiri ke-5 blogger yang sudah siap menggantikan riders touring yang sesungguhnya. Ini suatu kesempatan yang sangat bagus bisa bergabung.

Suara sirene mobil dan motor polisi dari kejauhan sudah terdengar, dan ke-5 blogger pun sudah bersiap diri untuk mengambil “alih posisi ” untuk melanjutkan perjalanan touring “Smart Revolution Journey Honda Revo AT” menuju Bali via Katapang dan Gilimanuk.

Hanya beberapa saat, kemudian rombongan “baru” langsung diberangkatkan dan kami para blogger masuk dalam barisan konvoi mengendarai Honda Revo Matik yaitu motor bebek tanpa kopling alias bebek matik. Ada banyak hal yang lucu dimana SL.com sempat mencari kopling dikaki kiri, mencari tuas rem belakang di bagian kemudi, kemudian tidak angkat standard sehingga mesin tidak bisa distarter.

Tak lama kemudian kami sudah sampai di pelabuhan Ketapang dan rombongan langsung masuk kedalam kapal feri untuk menyebrang ke pelabuhan Gilimanuk Bali. Hanya butuh waktu 40 menit, tak terasa feri sudah tiba di Gilimanuk dicampur dengan rasa mual karena ombak laut yang menggoyang. Selanjutnya touring dilanjutkan dan saatnya ke-5 blogger menjajal motor Honda Revo AT secara maksimal.

Rute Gilimanuk – Negara, Bali

Sayang, karena touring ini bersifat protokoler, ada aturan main dari pihak panitia, kemudian acara direkam untuk media televisi, maka SL.com tak dapat merasakan touring Honda Revo AT ini secara maksimum. Manuver-manuver touring sangat terbatas dan rute yang dilalui juga sangat pendek, lagi pula ada rombongan besar yang ikut serta, serta petugas touring harus menjaga gerak-gerik ke-5 blogger dengan ketat. Hal ini dapat dimaklumi.

Namun demikian, sensasi touring ini merupakan suatu kesempatan baru dan sangat berbeda dengan event-event sebelumnya. Bagi SL.com hal ini merupakan “fun riding experience“. Selain itu, beruntung jika SL.com bisa melakukan test riding motor Honda Revo AT di luar kota, walaupun dengan kecepatan maksimum hanya 90 km/jam.

Lebih jauh perjalanan touring ini silahkan dilihat pada video ini yang direkam oleh Bro Rudi Triatmono. Terlihat dalam video ini SL.com menggunakan helm warna putih dan sepatu alay putih. Atau lihat hasil jepretan dari kamera SL.com “Motret Sambil Riding Honda Revo AT” yang sudah menjadi kebiasaan SL.com kalau melakukan perjalanan touring.

Anyway terima kasih kepada PT AHM atas kesempatan ini.

Sumber Video:http://triatmono.wordpress.com/


Please follow and like us:

16 thoughts on “Weekend Bersama Honda Jalan-Jalan Ke Bali (Part 1)

  1. liputannya Mantap banget Mas SL,
    Informasinya Mantap Banget,
    Makasih ya Mas SL,
    Honda REVO AT memang Bagus Banget,
    Honda Semakin Di Depan aja neh.
    Bravo Honda

  2. KEDUAXX…..
    tumben masih sepi….

  3. wisnu Broto says:

    tOP Banget dah pak Steph

  4. keren abizzzzzzzz…….. langsung pengen indent nieeeee…..hheheheh

  5. :thumbup sippppp tournya revo..mantap dahhhhhh…..

  6. mau langsung indent ah aku………. tak jual dulu motor lamaku……..heheheheh

  7. Yang namanya jalan2 mang mantap lah… apalg akhir pkan. kapan kapan aqu jugu mau ah jalan2 dengan motor baru…hehe

  8. Jalan2 ya mantaplah lah, pa lagi akhir pkan… kapan kapan aqu jg mau jalan2 dg motor baru qu…

  9. aank wijaya says:

    ya seh pastix enak dung yang nmax jalan2……
    jd pngen kut!!!!!!!!!

  10. :tkp yah jalan- jalan low pakek kaki ya patah dunk…kwkwkwkwk
    low naek revo yang itu baru aku mau…..hueheheheheh ^_^

  11. hahahah…… sukses deh buat pabrikan honda yang selalu mengeluarkan produk produk yang berkualitas…… cayooooooooooo….!!!!

  12. :alay wah cewek- cewek bakal tertarik padaku nie jika aku beli Revo AT………… kwkwkwkwkwkwkwkwk….. sportif abis

  13. wah….. penduduk pulau bali bakal terkagum-kagum nie dengan adanya touring dengan REVO AT di bali….wah wah ….. kreatif abissssssssssss…… ^_^ :recsel

  14. powerpuffgirlz says:

    Keyyyyennn banget…asikkkkk…ikutan dunkkkk…Honda luv u dah…

  15. […] Revo AT pada bulan Juli 2010 (baca referensi juga artikel Weekend Bersama Honda Jalan-Jalan Ke Bali Part #1 dan Part […]

Leave a Reply