IIMS 2010: Suzuki Luncurkan Suzuki Swift GT3

28 Juli 2010. PT Suzuki Indomobil Sales sebagai ATPM Suzuki ikut pamer teknologi yang diimbangi dengan kebutuhan manusia masa kini.  Hal ini dibuktikan Suzuki dalam acara “The 18th Indonesia International Motor Show (IIMS 2010)” yang sarat dengan produk baru dan modern. Kalau masih penasaran kunjungi IIMS 2010 di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta.

Sebelum masuk pembahasan produk terbaru Suzuki Swift GT3 yang lumayan heboh karena kehadiran dua wanita cantik nan seksi dari FHM Girls, mungkin ada baiknya pahami dulu soal teknologi produk unggulan Suzuki di pameran IIMS 2010 yang bisa diurut sebagai berikut.

K-series Engine.

K-series engine merupakan hasil ‘eco-technology’ teranyar dari Suzuki. Mesin ini merupakan mesin ramah lingkungan dimana menghasilkan emisi gas buang yang rendah dan pemakaian bahan bakar yang efisien dan irit, bahkan memiliki kemampuan untuk di up grade dengan kualifikasi emisi Euro 4 dan sudah memenuhi norma ELV (End of Live Vehicle) dan rendah NVH (Noise, Vibration and Harshness).

(1) K10B

Mesin K10B merupakan mesin generasi terbaru dari seri K-series yang sudah digunakan secara global oleh Suzuki. Mesin K10B digunakan pada produk mobil New Karimun Estilo. Mesin ini berbahan aluminium ringan berkapasitas 996 cc, 3 silinder segaris, sehingga efisiensi bahan bakar bertambah, emisi yang lebih rendah, dan tahan korosi (pelepasan panas di mesin lebih cepat).

Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 68 PS/ 6.200 rpm dan torsi maksimumnya 90 Nm/ 3500 rpm sehingga akselerasi menjadi cepat dan powerful.

Salah satu keunggulan dari mesin ini adalah pengaturan kerja katup secara elektronik dengan Electronic Circuit Modul (ECM) untuk menghasilkan pembakaran yang optimum sehingga menghasilkan tenaga yang lebih optimal, bahan bakar lebih hemat dan sisa gas buang lebih ramah terhadap lingkungan.

Serta teknologi unggul lainnya adalah memiliki Smart Distributor-less ignition (SDLi), yaitu pengapian tanpa distributor. Dengan ini pula, koil langsung pada busi. Injektor yang digunakan sekarang mampu menghasilkan pengabutan dengan lebih baik

Data Spesifikasi K10B

– Type : K10B, DOHC-Injection
– Cylinder : 3 in line
– Number of valve : 12
– Piston displacement : 996 cc
– Compression ratio : 10,0 : 1
– Maximum output : 68 PS/ 6.200 rpm
– Maximum torque : 90 Nm/ 3.500 rpm

(2) K12M

Mesin K12M merupakan mesin generasi kedua dari seri K-series sudah digunakan secara global oleh Suzuki. Mesin seri ini pertama kali digunakan pada produk mobil Splash. Mesin ini berbahan aluminium ringan berkapasitas berkapasitas 1.197 cc, 4 silinder segaris, sehingga efisiensi bahan bakar bertambah, emisi yang lebih rendah dan tahan korosi (pelepasan panas di mesin lebih cepat ).

Tenaga dan torsi pun melimpah sejak putaran rendah, hingga mencapai puncaknya pada 85 PS/ 6.000 rpm dan 113 Nm/ 4.500 rpm sehingga akselerasi menjadi cepat dan powerful.

Sebut saja roker-less DOHC (Dual Overhead Camshaft) di kepala silinder. Lantas pada blok mesin terdapat offset crankshaft dengan low tension rings yang mengurangi gesekan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Optimalisasi blok silinder pun ditingkatkan dengan menggunakan piston yang ringan dengan setang piston tanpa baut. Efeknya, bobot mesin jadi berkurang dan meningkatkan kekuatan mesin. Sedangkan penggunaan teknologi terkini juga diterapkan dengan hadirnya silent timing chain. Rantai timing canggih ini kuat namun tenang, sehingga mendongkrak karakter NVH (Noise Vibration Harshness).

Sementara itu di sektor pengapian, mesin K12M andalan Splash ini juga sudah mumpuni. Karena setiap busi dilayani langsung oleh satu koil, atau disebut Smart Distributor Less System. Sistem ini ditandai dengan hadirnya empat buah coil plug diatas setiap busi.

Sedangkan pada sektor suplai injeksi bahan bakar, dilayani dengan high pressure fuel system. Tekanan bahan bakar yang tinggi kemudian dirangkai dengan teknologi injektor terkini menghasilkan atomisasi bahan bakar dengan lebih sempurna. Dengan kata lain, bensin bisa disemprotkan ke ruang bakar dengan lebih homogen, sehingga oprimal untuk proses pembakaran. Hasilnnya, performa mobil lebih baik namun pemakaian bahan bakar tetap irit.

Data Spesifikasi K12M

– Type : K12M, DOHC-Injection
– Cylinder : 4 in line
– Number of valve : 16
– Piston displacement : 1.197 cc
– Compression ratio : 10,0 : 1
– Maximum output : 85 PS/ 6.200 rpm
– Maximum torque : 113 Nm/ 4.500 rpm

Concept Car ‘R3’

Concept Car ‘R3’ pertama kali dipamerkan di Auto Expo New Delhi tahun 2010. Mobil berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) ini didevelop oleh Suzuki Maruti India.

Karakteristik yang menarik dari desain concept car ‘R3’ ini merupakan generasi baru untuk model MPV dengan tampilan yang elegan dan sesuai untuk kendaraan keluarga.

Desain eksteriornya berbentuk kotak dengan bagian belakang besar. Bagian depan, lampu utama berada di atas dengan aksen LED dan juga terdapat bagian belakang. Concept car ‘R3’ menerapkan knalpot ganda di belakang tiap rodanya yang menyatu di bumper.

Pada interior, paduan warnanya begitu serasi. Didominasi warna krem dan lapisan hitam, serta ornamen hitam mengkilap dipadu trim krom dan aksen biru muda.

Ruang kabin ‘R3’ dirancang lapang di bagian depan dan belakang. Mobil berkapasitas 6 penumpang dengan model tempat duduk tiga baris memliki ruang bagasi sehingga memudahkan untuk memasukkan dan mengeluarkan barang bawaan. Memiliki 2 pintu samping yang saling berlawanan arah sehingga penumpang mudah dan leluasa untuk masuk keluar mobil.

Untuk dapur pacunya masih belum ditentukan. Namun pilihan K-series engine merupakan opsi yang optimal. Mengingat konstruksinya yang berbahan aluminium dapat menghasilkan performa setara mesin konvensional yang lebih besar dengan konsumsi bahan bakar yang jauh lebih irit, dan tentunya emisi yang lebih rendah.

‘Kizashi Sport’

Kizashi (dibaca: Kee-Zah-Shee), atau yang dalam bahasa Jepang berarti ‘sesuatu yang hebat akan datang’. Ya, produk yang merupakan hasil motoring technology dari tim desain handal Suzuki benar – benar akan hadir di stand Suzuki untuk menjumpai pecinta otomotif di tanah air. Menyusul serial Concept Kizashi di tahun 2007, Suzuki mewujudkannya dengan membuat sedan ukuran menengah Kizashi bermesin 2.400 cc.

Dengan tampilnya secara perdana di Amerika pada Juli 2009, Kizashi menandai pabrikan asal Jepang ini untuk pertama kali bermain di segmen sedan sport AWD (All-Wheel Drive) pada 2010. Tampilan visual eksteriornya elegan dan dinamis serta interiornya memberi kenyamanan penumpang.

Reaksi antusias yang begitu besar terhadap Kizashi 2010 ini, berlanjut dengan diproduksinya Suzuki Kizashi Sport 2011. Tampil perdana di New York Auto Show 2010 lalu dengan varian Kizashi GTS dan SLS. Hadirnya Kizashi Sport menunjukkan bahwa Suzuki dapat menghasilkan mobil sport yang mumpuni.

Kizashi Sport menggunakan basis Suzuki Kizashi 2010 yang dibuat di fasilitas baru Suzuki di Sagara, Jepang. Dibekali mesin 2.400 cc, 4-slinder segaris DOHC. Transmisinya manual 6-speed atau CVT (Continuously Variable Transmission). Dengan suspensi depan reinforced dan belakang multi-link membuat handling sangat stabil dan meminimalkan getaran sasis.

Ditambah dengan fitur–fitur menarik seperti: CVT with paddle shift, start/stop button & keyless entry, Tilt & telescopic steering, Bluetooth compatible for phone and music, Dual climate control A/C, cruise control, HID head lamp with washer, auto lamp, auto dimmer rear mirror, ESP & AWD, 6 airbags, parking sensor, 18” wheels, menjadikan mobil ini sangat comfort dan nyaman dikendarai.

Suzuki Kizashi Sport tampak lebih gagah dan sporty pada sisi eksterior, dengan nuansa krom di rumah lampu kabut dan juga pada gril yang rendah, bodi samping bagian bawah pun dihias aksen krom. Di bagian bagasi ditambah spoiler dan peleknya custom 18 inci. Ride height lebih rendah 10 mm guna mendapatkan kombinasi aerodinamika terbaik dan pusat gravitasi rendah agar daya cengkeraman dan handlingnya bagus.

Pada interiornya, Kizashi Sport Interior kental dengan aroma sport, seperti dilengkapi setir, batang tongkat persneling dan rem tangan desain sport dilapis kulit. Begitupun joknya, memberi kenyamanan pada pengemudi, termasuk ketika saat menikung. Konsol tengah tempat fungsi-fungsi kontrol dilapis material karet lembut dengan setrip krom tipis.

Luas pada ruang kabinnya sehingga memberi kelegaan pada ruang kokpit keempat penumpangnya yang dilengkapi 5 buah sabuk pengaman untuk penumpang total termasuk tambahan di belakang.

Untuk sistem keamanan (safety) nya pun telah teruji dimana Mobil Kizashi 2010 telah lulus dengan mendapatkan hasil yang sangat baik yaitu peringkat tertinggi (5 star safety rating) dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) bagian dari Departemen Transportasi AS dalam pengujian standar keamanan (safety) pada uji tes benturan (crash) di bagian depan dan samping untuk semua posisi duduk.

‘Suzuki Swift GT3’

‘Swift GT3’, varian terbaru dari Suzuki Swift hadir untuk pertama kalinya tampil di muka publik bertepatan dengan gelaran IIMS tahun ini. Dengan mengusung tagline ‘Stylebreaker’, mobil ini merefleksikan penggunanya, kaum muda urban modern yang stylish.

Perubahannya terdapat pada tampilan luarnya, yaitu desain sporty body kit, front bumper with fog lamps & LID, rear combination lamp, rear diffuser, extension muffler, dan alloy wheel. Sehingga tampak keseluruhan mobil ini terlihat sangat modern, sporty dan stylish.

Mobil hasil kreasi dari Giorgetto Giugiaro’ Italdesign yang pertama kali diluncurkan dengan versi CBU (CompletelyBuilt-Up) di tahun 2005 di Jakarta. Lalu berselang 2 tahun, versi CKD (Completely Knock Down) pun diluncurkan untuk memenuhi market demand yang meningkat.

Seiring dengan trend yang terus berkembang, awal Swift limited edition diluncurkan bertepatan dengan ajang ‘3rd Jakarta Motor Show’ pada tahun 2006. Swift dibekali tipe limited edition dengan generasi pertama Swift GT. Versi ini terinspirasi dari keberhasilan Swift di ajang reli dunia JWRC (Junior World Rally Championship) tahun 2006 silam.

Dilanjutkan pada 2007 lalu, Swift kembali melakukan penyegaran dengan menghadirkan ’Swift GT2’ dengan tampilan lebih aerodinamis. Hingga terakhir tampilnya Swift GTS di ajang ’17th Indonesia International Motor Show’ tahun 2009 lalu, dengan adanya perubahan minor pada tampilannya yaitu adanya aplikasi center twin pipe muffler dari HKS.

Dengan tampilannya yang kerap berevolusi, interior dan kapasitas engine tidak mengalami perubahan karena di awal produksinya sudah dirancang dengan keamanan dan kenyamanan bagi pemakainya. Dapur pacu 1.490 cc, M15A DOHC dengan teknologi variable valve timing sanggup mengeluarkan tenaga hingga 100 ps sehingga performanya tidak perlu diragukan lagi.

Perangkat keamanan seperti ABS dan EBD, dual SRS airbag menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang Swift. Sedang TECT (Total Effective Control Technology) Body, side impact beam dan juga “Pedestrian Protection” yaitu model front bumper Swift yang didesain sedemikian rupa hingga tidak terlalu membahayakan pejalan kaki ketika terjadi tabrakan.

Swift GT3 tersedia dalam transmisi Manual dan Automatic dengan tiga pilihan warna yaitu cool black metalic, pearl white, dan silky silver metalic. Dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) MT adalah Rp. 186.500.000,- dan AT adalah Rp. 197.500.000,- untuk wilayah Jabodetabek.

Selain Swift GT3, jajaran produk mobil Suzuki, seperti Grand Vitara 2.4, New SX4, APV Arena, Splash, dan New Karimun Estilo turut hadir dengan sentuhan modifikasi ,yang tentunya tampil menarik dan berbeda.

PHOTO GALLERY

FHM GIRLS SUZUKIPART 1 & PART 2


Please follow and like us:

5 thoughts on “IIMS 2010: Suzuki Luncurkan Suzuki Swift GT3

  1. nice car with nice lady…:D

  2. wah kok SWIFT tipenya GT ya tp Horse Power cma 100?
    bknnya klo dah GT tuh paling gak Horse Power di atas 150..
    msh lbh besar HP CRV

    • Rizqi Perdana says:

      Beda CC bro. CRV cc nya 2400, sedangkan swift cc nya 1200. Kalau dibandingkan secara kasar harusnya yang malu CRV karena gak nyentuh 200ps, padahal cc 2 kali lipatnya, dan juga dengan body yang lebih besar dan lebih berat.

      Kalau mau bandingin CRV ya sama Kizashi. Tapi jelas mereka beda kelas. Kizashi sudah pasti menang

  3. […] foto2 sensasional yang bikin heboh IIMS 2010? Di halaman blog ini ada acara pemotretan model dari Suzuki FHM Girls yang terbagi dalam dua bagian. Kemudian, ada acara dari GT Radial Wash Angels yang terbagi dalam […]

  4. om..file utk suzuki fhm..ga bs diliat dr hp ya..thank

Leave a Reply