IIMS 2010: Honda ECO CITY Solusi Ramah Lingkungan

23 Juli 2010. Kembali PT Prospek Honda Motor melalui brand HONDA ikut berpartisipasi didalam ajang akbar “The 18th Indonesia Intemational Motor Show (IIMS) 2010” yang digelar pada 23 Juli – 1 Agustus 2010. Pada prinsipnya Honda tetap konsisten dengan tema ramah lingkungan melalui konsep “Honda Eco-City”.

Konsep ini merupakan impian Honda untuk mewujudkan kota-kota yang lebih ramah lingkungan serta menawarkan solusi pelestarian alam untuk masyarakat modern seperti terangkum dalam tema “Eco-Solution for Advanced Modernization.”

“Honda selalu selangkah lebih awal dalam mewujudkan ide-ide yang memberikan solusi bagi pelestarian lingkungan sesuai dengan kemajuan zaman. Solusi yang ditawarkan Honda selama ini telah terwujud melalui produk, pabrik, dealer, serta kegiatan ramah lingkungan,” kata Yukihiro Aoshima, President Director PT Honda Prospect Motor.

Dari sisi produk, Honda selalu menghadirkan produk-produk dengan efisiensi BBM (bahan bakar mesin) dan memiliki standar tertinggi untuk kadar emisi yang bersih. Saat ini semua produk Honda yang dipasarkan di Indonesia telah memenuhi standar emisi EURO 4.

Semua mobil Honda juga diproduksi di dalam pabrik yang ramah lingkungan, yang memiliki konsep Green Factory. Pabrik Honda di Karawang memiliki fasilitas pengolahan air limbah, mengurangi penggunaan mated berbahaya, serta menerapkan efisiensi penggunaan energi sehingga operasinya tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar.

Tak hanya “Green Factory”, Honda juga menerapkan konsep “Green Dealer” untuk seluruh dealer resminya di Indonesia. Upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan di lingkup dealer antara lain dengan penggunaan “Water Based Paint” yang merupakan pertama kalinya di Indonesia. Penggunaan cat berbahan dasar air tersebut dapat menekan kadar VOC hingga sekitar 80% sehingga secara signifikan mengurangi resiko kesehatan bagi pekeqa maupun kerusakan alam sekitar.

Selain mencegah dampak negatif bagi lingkungan, Honda juga telah berperan aktif dalam upaya-upaya perbaikan lingkungan, salah satunya melalui program penanaman pohon yang secara konsisten dilakukan Honda dan dealer-dealernya di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2005, melalui Program Hijau Jakartaku. Honda setiap tahun menyumbangkan sebuah pohon untuk setiap pembelian mobil di ajang IIMS dan telah ditanam di berbagai wilayah di Jakarta. Hal tersebut merupakan bagian dari cita-cita Honda untuk menghijaukan kota Jakarta.

“Inovasi Honda untuk menghadirkan solusi ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat modem tidak pernah berhenti. Hal ini tampak dari display utama yang ditampilkan Honda pads IIMS 2010 kali ini, yaitu sport hybrid Honda CR-Z, mobil kecil ramah lingkungan Honda New Small Concept, dan alat transportasi personal mass depan Honda U3-X,” jelas Aoshima.

Honda CR-Z, mobil pertama yang menggabungkan konsep sport dan hybrid dan telah menjadi salah satu best seller di dunia, akan menjadi display utama Honda di ajang IIMS 2010 kali ini. Selain itu, Honda juga memperkenalkan New Small Concept Car yang merupakan mobil berukuran kompak dengan performs ramah lingkungan.

Booth Honda juga dimeriahkan dengan penampilan Honda U3-X sebuah alat transportasi personal mass depan yang praktis dan mampu bergerak bebas ke segala arah hanya dengan memindahkan bobot tubuh.

Secara total, Honda menampilkan sebanyak 20 mobil, termasuk New Freed yang barn saja diluncurkan pertengahan Juli ini, serta tiga buah versi modifikasi dari Honda Freed, juga tiga buah versi modifikasi modifikasi dari Honda Jazz, dan seluruh line up modelnya.

Seluruh display mobil Honda menempati salah satu stand terluas yang berlokasi di Hall D Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta dengan luas area 1.644 m2. Memiliki desain khusus yang bergaya sebuah lanskap perkotaan yang peduli terhadap efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya alam di lingkungan sekitar kehidupan kita.

Kepedulian Honda terhadap pelestarian lingkungan secara simbolis juga ditampilkan melalui bentuk sebuah daun mahoni berukuran besar yang ditempatkan di tengah-tengah stand Honda. Daun pohon Mahoni (Swietenia Mahagon) dianggap mewakili pelestarian termasuk pohon yang bisa mengurangi polusi udara sekitar 47% – 69%.

Pohon Mahoni yang ditanam di hutan kota atau sepanjang jalan berfungsi sebagai filter udara dan daerah tangkapan air. Daun-daunnya bisa bertugas menyerap polutan-polutan di sekitamya. Sebaliknya, dedaunan itu akan melepaskan oksigen (02) yang membuat udara di sekitamya menjadi segar. Ketika hujan turun, tanah dan akan-akan pepohonan itu akan “mengikat” air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan air. Hal ini sesuai dengan filosofi Honda mengenai pentingnya pelestarian lingkungan dan pentingnya air untuk kehidupan kita.

Di dalam stand Honda, juga terlihat beberapa area yang menunjukkan aplikasi pemanfaatan energi afternatif. Area Eco Lounge menggunakan penerangan yang berasal dari energi solar dengan memanfaatkan 14 panel surya yang ditempatkan di area parkir tepat di bagian luar stand Honda.

Selain itu, ada 4 buah sepeda khusus ditempatkan di berbagai titik di stand Honda, dimana ketika sepeda tersebut dikayuh maka akan membangkitkan tenaga listrik yang kemudian dapat disimpan dan digunakan untuk mengisi baterai telepon seluler.

Stand Honda terbagi menjadi beberapa zona yaitu Zona Honda Jazz yang bertema anak muda, Zona Freed yang bertema keluarga, serta Zona Exclusive untuk model Accord, Civic, City, CRV dan Odyssey yang menggunakan desain lebih mewah.

Sebuah customer lounge yang nyaman dilengkapi dengan fasilitas banking tersedia untuk memberikan pelayanan bagi calon pelanggan maupun pengunjung lainnya. Sementara itu sebuah media lounge yang dilengkapi dengan komputer dan jaringan internet disediakan khusus untuk memudahkan tugas peliputan oleh media massa. Wuih.. lengkap banget nih!

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM mengungkapkan bahwa Honda menargetkan penjualan sebesar 1.500 unit mobil dalam motor show kali ini.

“Dengan diperkenalkannya model-model terbaru dari Honda, jajaran produk kami yang telah dikenal dengan sangat balk di tengah konsumen, serta berbagai penawaran menarik kami berharap produk-produk Honda akan menjadi primadona di IIMS 2010,” jelas Jonfis.

Agenda Booth Honda

Honda menampilkan serangkaian acara menarik selama penyelenggaraan IIMS 2010 ini. Acara utama di panggung Honda adalah demo teknologi mobilitas terbaru, Honda U3-X. Setiap hari, seorang model akan memeragakan cara kerja U3-X yang tampak seperti sepeda beroda satu dan dapat digerakan ke berbagai arah hanya dengan memindahkan berat tubuh.

Di dalam area Honda Jazz juga terdapat “3 Cinta Lounge” yang khusus ditujukan untuk para penggemar drama radio 3 Cinta, dimana di area ini akan digelar meet and greet dengan para bintang 3 Cinta, serta berbagai aktivitas interaktif lainnya.

Berbagai acara menarik lainnya juga akan tampil untuk menghibur para pengunjung di booth Honda. Presentasi produk mobil Honda juga akan menjadi kegiatan menarik karena memberikan informasi secara detil bagi para pengunjung IIMS 2010 mengenai produk Honda, disertai kuis-kuis dengan hadiah menarik.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Honda kembali akan menyisihkan keuntungan dari hasil penjualan di ajang IIMS untuk mendanai program sosial untuk lingkungan hidup. Setelah sukses dengan program penghijauan :

“Hijau Jakartaku I” pada tahun 2005 di bantaran kali Banglio, Cilincing Jakarta Utara. “Hijau Jakartaku Ke-II” pada tahun 2006 dengan mendirikan sebuah taman kota di sepanjang jalan Galunggung, Jakarta Selatan. “Hijau Jakartaku Ke-III” dengan program di bantaran Banjir Kanal Barat. ‘Hijau Jakartaku Ke-IV” di pinggir rel kereta daerah rel kereta api Permata Hijau.

Tahun 2010 ini Honda akan mengumumkan peresmian Hijau Jakartaku Ke-V di daerah Tebet, Jakarta Selatan, serta melanjutkan program Hijau Jakartaku VI dari hasil penjualan di IIMS 2010.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

Leave a Reply