IIMS 2010: Mercedes-Benz Tampilkan Teknologi Mobil Premium

23 Juli 2010. Perusahaan besar PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) sebagai ATPM mobil premium Mercedes-Benz ikut hadir di ajang pameran mobil “The 18th Indonesia International Motor Show (IIMS 2010)”. Ada empat poin penting yang bisa direkam oleh SL.com ketika melihat dari dekat booth Mercedes-Benz asal Jerman, yaitu:

  1. PT MBI memperkenalkan Mercedes-Benz SLS AMG terbaru kepada publik di hari pertama / pembukaan The 18th  Indonesia International Motor Show 2010.
  2. PT MBI memperkenalkan pula E 250 CGI Cabriolet, Premium MPV V 350, dan Premium SUV GL 350 CDL
  3. PT MBI mengusung terra The Future Sustainable Mobility sejalan dengan motto IIMS 2010 Eco-Technology Motoring.
  4. Sampai dengan bulan Juni 2010, PT MBI kembali menguasai pasar mobil premium di Indonesia.

Hal ini semakin jelas jika PT MBI sebagai ATPM mobil Mercedes-Benz  di Indonesia dapat menunjukkan eksistensinya sebagai pemimpin pasar kendaraan premium dan kali ini PT MBI kembali mengikuti pameran otomotif terbesar yang dapat dilihat langsung oleh publik yang berlangsung hingga tanggai 1 Agustus 2010 di Jakarta International Expo (Jiexpo), Kemayoran, Jakarta.

Mercedes-Benz menempati areal pameran seluas 480 meter persegi, dan menampilkan total 5 unit mobil premium terbaik, termasuk sebuah sportcar legenda terbaru, yaitu Mercedes-Benz SLS AMG. Kemunculan mobil Mercedes-Benz model Gullwing terbaru ini sekaligus menjadi debut perdana SLS AMG di tengah publik nasional. Wouw.. terlihat sepintas mirip mobil jadul (jaman dulu) tapi modern.

“Hari ini kami kembali menunjukkan eksistensi Mercedes-Benz sebagai merek premium dengan mengikuti pameran otomotif paling bergengsi di Indonesia,” ujar President & CEO Mercedes-Benz Indonesia, Rudi Borgenheimer pada pembukaan booth Mercedes-Benz hari Jumat 23 Juli 2010 yang lalu.

“Mercedes-Benz selalu memperkenalkan model-model mobil premium terbaru yang terbaik dalam kegiatan besar di setiap negara. Teknologi dan keseriusan Mercedes-Benz terhadap lingkungan menjadi bagian dari setiap pameran yang diikuti Mercedes-Benz. Kali ini yang terbaik yang dimiliki Mercedes-Benz kami hadirkan untuk Indonesia International Motor Show,” tambah Borgenheimer.

Beliau juga mengatakan, “Selain menampilkan produk-produk terbaik dari Mercedes-Benz, kehadiran Mercedes-Benz di Indonesia International Motor Show 2010 merupakan bukti komitmen kami dalam mendukung kesuksesan kegiatan GAIKINDO yang berskala Internasional ini untuk meraih perhatian dunia terhadap perkembangan industri otomotif di Indonesia”.

Pada IIMS 2010 Mercedes-Benz mengusung tema “The Future Sustainable Mobility” yaitu Pergerakan Masa Depan yang Berkesinambungan. Tema ini sejalan dengan EcoTechnology Motoring yang menjadi isu besar di ajang IIMS 2010 tahun ini. Tema tersebut tidah hanya tercermin melalui desain booth Mercedes-Benz yang tertata sedemikian elegan dan teduh, tapi juga menjiwai semangat mobil-mobil premium Mercedes-Benz yang hadir kali ini.

Pada perhelatan IIMS 2010 kali ini, Mercedes-Benz terlihat memboyong beberapa produk-produk andalan, yaitu mobil premium C-Class Race Prototype, E 250 CGI Cabriolet, V 350, GL 350 CDI dan SLS AMG. Semua model terbaik Mercedes-Benz itu telah dilengkapi terknologi canggih yang memungkinkan tercapainya performs maksimal.

Mercedes-Benz SLS AMG

Mercedes-Benz SLS AMG sendiri merupakan sebuah mahakarya fenomenal. Selain dinobatkan sebagai “The Most Attractive Car Worldwide”, juga memiliki mesin AMG 6.3-liter V8 (6.208 cc) yang dibenamkan pada SLS AMG yang telah meraih “The International Engine of the Year Awards 2010”. Kemenangan mesin ini sekaligus membuktikan evolusi puncak performa Mercedes-Benz.

Mesin AMG 6.3-liter V8 meraih penghargaan yang bergengsi tersebut setelah menyisihkan para pesaingnya dari Jerman, Italia, Inggris, Amerika Serikat, dan Jepang. Sebanyak 65 juri dari 32 negara memilih mesin M 159 ini lantaran dinilai telah menciptakan efisiensi melalui bobotnya yang ringan dan tenaganya yang kuat.

Bobot mesin AMG 6.3-liter V8 lebih ringan 3 kilogram dari model sebelumnya. Mesin ini juga hanya membutuhkan pasokan bahan bakar 13,2 liter per 100 km. Sementara kadar emisi CO2 yang dihasilkan cuma 308 gram per kilometer.

Mobil Simbol Kelas Atas

“Semua model Mercedes-Benz yang kami tampilkan selama sepuluh hari ke depan dalam Indonesia International Motor Show 2010 adalah simbol dari setiap model yang sangat digemari konsumen mobil premium di dunia, termasuk Indonesia,” lanjut Borgenheimer.

Borgenheimer juga menyatakan bahwa Mercedes-Benz Indonesia telah mencatat kesuksesan besar di tengah persaingan merek premium di Tanah Air yang semakin tinggi. Selama bulan Juni 2010 Mercedes-Benz mencatat pertumbuhan 46 persen menjadi 1.887 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu (Year on Year, YoY).

Total penjualan ritel mobil penumpang premium ini sekaligus menempatkan Mercedes-Benz sebagai salah satu pemimpin segmen pasar kendaraan mewah di Indonesia dengan market share sebesar 69 persen dari total penjualan mobil premium di Indonesia yang diisi enam merek selama Juni 2009 mencapai 2.741 unit.

All New Mercedes-Benz E-Class yang turun di kelas sedan menengah premium menjadi penyumbang terbesar penjualan ritel selama Juni 2010 dengan total 884 unit atau tumbuh 76 persen dibandingkan Juni 2009. Jumlah ini menjadikan E-Class memimpin di kelasnya dengan penguasaan pasar 85 persen.

C-Class yang memperoleh penjualan sebesar 692 unit atau naik 30 persen YoY jugs mendominasi kelas small sedan premium dengan penguasaan pasar mencapai 71 persen. Sementara penjualan S-Class yang mencatat 235 unit, naik 101 persen YoY semakin memantapkan posisi Mercedes-Benz sebagai pemimpin segemen sedan premium di Indonesia. S-Class sendiri selama bulan Juni 2010 menguasai market share sebesar 72%.

“Kami berharap masih akan terjadi pertumbuhan penjualan Mercedes-Benz di sepanjang bulan kedepan tahun 2010 ini. Ajang pameran IIMS 2010 ini tentunya bisa meningkatkan gairah pasar, khususnya terhadap produk-produk premium terbaru Mercedes-Benz,” ujat Borgenheimer.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

One thought on “IIMS 2010: Mercedes-Benz Tampilkan Teknologi Mobil Premium

  1. […] SLS AMG pada tahun Indonesia International Motor Show 2010 lalu sudah sempat bikin heboh (artikel ini) dan kini Super Sportscar ini dipastikan akan memberikan debut yang tak kalah menarik dengan […]

Leave a Reply