Sekilas Honda Racing Championship 2010 Di Bandung

Jakarta, 19 Juli 2010. Pembaca blog SL.com barangkali sudah pernah lihat  kegiatan balapan “Honda Racing Championship (HRC)” putaran pertama atau balapan pembukaan HRC di Kemayoran, Jakarta  11-12 April lalu. Acara nasional milik PT Astra Honda Motor (AHM) ini kembali digelar di Kota Bandung, Jawa Barat 17-18 Juli 2010.

Kali ini PT AHM berkerjasama dengan PT Daya Adira Mustika (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda Jawa Barat yang memiliki hampir 300 cabang dealer Honda di seluruh Jawa Barat. Dengan semangat, kedua perusahaan ini menggelar balap motor Honda Racing Championship (HRC) untuk mewadahi minat para pecinta olahraga motor sport di Indonesia. HRC 2010 seri Bandung tersebut berlangsung di kawasan Cimahi.

Komitment Honda

Sebagaimana kita ketahui bahwa HRC tahun 2010 ini merupakan ajang balap tahunan yang sudah menjadi agenda rutin digelar AHM. Tahun ini merupakan tahun yang kedelapan sejak kegiatan balap ini diadakan pertama kali pada tahun 2003. Hal ini menunjukkan komitment Honda di Indonesia dalam ajang motorsport, dengan maksud membuka kesempatan bagi para pembalap pemula dan senior untuk memperoleh jam terbang.

AHM menetapkan enam kota besar sebagai tempat penyelenggaran ajang balap motor yang mengusung terra Break Your Limit with Honda Blade ini. Putaran pertama akan digelar di Kemayoran, Jakarta diikuti dengan kota lain yaitu Yogyakarta, Lampung, Bandung, dan Bali. Putaran final nantinya akan diselenggarakan di Kenjeran Park, Surabaya.

Kadiv Promosi PT DAM, Teddy Ramly mengatakan bahwa HRC merupakan salah satu bentuk komitmen Honda dalam mendukung pengembangan olahraga motorsport di Indonesia, selain mendukung beberapa tim balap di ajang balapan nasional seperti Indoprix dan Motoprix.

Perhelatan balap motor Honda tahunan ini diharapkan akan mampu menjadi peluang dan kesempatan yang baik dalam rangka melahirkan pembalap yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional di masa depan.

“Event seperti ini diharapkan akan dapat mengurangi balapan liar karena kami telah menyediakan wahana khusus bagi mereka yang memang hobi balapan. Tidak hanya itu, Ajang HRC ini juga menjadi salah satu sarana pembuktian buat ketangguhan dan kehandalan mesin motor Honda di arena balap motor, termasuk model motor jenis skutik” ujarnya.

Kelas/Jenis Balapan HRC

HRC 2010 melombakan 7 kelas balap, yaitu:

1. Honda Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up Seeded (MP1)
2. Honda Bebek 110 cc 4 Langkah Tune Up Seeded (MP2)
3. Honda Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up Pemula (MP3)
4. Honda Bebek 110 cc 4 Langkah Tune Up Pemula (MP4)
5. Honda Matic 130 cc 4 Langkah Standard Pemula
6. Honda Matic 130 cc 4 Langkah Tune Up Terbuka (Seeded+Pemula)
7. Honda Blade 110 cc 4 Standard Pemula Lokal – usia maks.16 tahun

Untuk lomba balap tahun ini, disediakan hadiah utama 6 unit sepeda motor Honda yang terdiri dari 4 unit Honda Blade dan 2 unit Honda BeAT. Di samping itu, juga disediakan apresiasi menarik bagi setiap pemenang dalam bentuk ragam hadiah yang bernilai puluhan jutaan rupiah.

Khusus kelas Honda Blade Pemula Lokal (point 7) maka penyelenggaran menetapkan persyaratan yang relatif mudah, yaitu cukup dengan membawa kelengkapan balap (wearpack dan sepatu balap), membayar uang pendaftaran dan mendapat ijin pengurus daerah IMI dan orang tua. Usia peserta dibatasi maksimum 16 tahun (akte kelahiran 1994).

AHM menyediakan unit motor balap Honda Blade untuk maksimum jumlah starter 24 peserta. Pembalap lokal yang berusia antara 12 – 16 tahun akan lebih diprioritaskan.

Pembalap Jawa Barat

Wilayah Jawa Barat sendiri diwakili oleh lima tim balap dengan total pembalap yang berjumlah 13 orang pembalap.

Pertama, DAM SBM INK SND IRC RT dengan pembalapnya Benny Pria, Arie Octane, dan Prasetianto.

Kedua, DAM Golden BBS RT diwakili Marsholandi, Dadan Alamsyah, Angga PA, Sandy Agung, Asep Bedun.

Ketiga, DAM Project F1 RT dengan Ahmad Fauzi.

Keempat, Honda DAM Adira Motors RT diwakili Ivan Atmaja dan Bima Octavianus.

Kelima, DAM Helmi Motor RT diwakili Ade Nandang dan Ade Samsudin.

Acara Hiburan & Klub Motor Honda

Pada acara penyelenggaraan balapan HRC selama dua hari, babak kualifikasi di hari pertama dan babak final di hari kedua, kalangan masyarakat umum juga mendapat hiburan dan berpartisipasi dalam kegiatan lain yang berada di sekitar arena balap HRC tersebut.

Bahkan PT AHM dan PT DAM tak pernah lupa mengisi acara dengan berbagai kegiatan klub dan komunitas sepeda motor Honda tingkat lokal dan nasional. Pada ajang HRC Bandung antara lain acara anak-anak klub motor Honda diisi dengan deklarasi klub motor Honda Scoopy “SCUBA” dan juga perayaan “The 1st Anniversary Paguyuban Honda Vario Jawa Barat (PHVJB)”. Wouw seru!

Sebagai pendukung acara HRC, panitia mengisi ragam aneka pameran produk sepeda motor Honda, pameran produk industri pendukung racing, pameran teknologi mesin Honda mutakhir, kampanye keselamatan berkendara, kontes modifikasi, games-doorprize serta acara panggung hiburan yang sarat dengan artis, antara lain Matta Band, Keyla, Arians, Evolet, G.I.S.Y.A, dan Bie Culture turut memeriahkan acara di panggung hiburan.

Jadwal Balapan HRC 2010

1. Putaran 1 Kemayoran Jakarta: 10-11 April 2010
2. Putaran 2 Lampung: 3-4 Juli 2010 (ditunda)
3. Putaran 3 Bandung: 17-18 Juli 2010
4. Putaran 4 Yogyakarta: 7-8 Agustus 2010
5. Putaran 5 Bali: 16-17 Oktober 2010
6. Putaran 6 Grand Final Surabaya: 6-7 Nopember 2010

Kegiatan HRC 2010 disponsori oleh berbagai nama perusahaan, antara lain:

1. PT Federal Karyatama (Pelumas)
2. PT Tarakusuma Indah (Helm)
3. PT GS Battery (Aki / batteray)
4. PT Yutaka Manufacturing Indonesia (Knalpot Et Piringan Rem Cakram)
5. PT Suryaraya Rubberindo Industries (Ban)
6. PT Showa Indonesia Manufacturing (Peredam Kejut)
7. PT Denso Sales Indonesia (Busi)
8. PT Federal Izumi Mfg (Piston)
9. PT Musashi Auto Part Indonesia

PHOTO GALLERY

  1. Part 1: Paddock Peserta Balap HRC 2010
  2. Part 2: Pembukaan HRC 2010 Seri Bandung
  3. Part 3: Balapan HRC 2010 Seri Bandung
  4. Deklarasi Klub Motor Honda Scoopy “SCUBA”
  5. The 1st Anniversary PVJB (Paguyuban Vario Jawa Barat)
Please follow and like us:

15 thoughts on “Sekilas Honda Racing Championship 2010 Di Bandung

  1. Beuuuhh,,,mantabs cing. ternyata motor honda ga kalah sama merk yg laen buat balapan…

  2. Ini dia ajang lahirnya para pembalap nasional. Ayoooooo Honda tunjukan kecepatanmu…….. You’r no 1

  3. buktikan nyalimu…. go.. go… honda….

  4. Wah …. lomba yg satu ini pasti ditunggu-tunggu sama pecinta moto mania, termasuk aku nih…Sebagai orang Bandung pasti ga bakal ngelewatin acara yg satu ini. Terutama aku salut sama Honda bisa ngadain Event setahun sekali ini. Jadi khn event ni bisa jadi ajang bagi para pembalap di Indonesia.
    Salam Sayap Honda

  5. Penggemar balap pasti seneng banget nih dengan gelaran seperti ini, dan pasti sudah menjadi event yang ditunggu-tunggu, terutama bagi pembalapnya Honda gitu loh, maju terus deh buat Honda, banyakin acara kaya gini, agar dapat menemukan bibit-bibit pembalap baru yang muda dan berbakat.

  6. HONDAA JELASS PALING NOMORR SATUUU !!!! :ngacir2

  7. :ngakak merupakan event keren dari honda untuk menciptakan pembalap muda indonesia :tkp

  8. :peluk betul sekali..event seperti yang dilakukan honda ini adlah cara yang terbaik untuk melakukan pencarian pemblapa berbakat di indonesia…… :rate

  9. Aank wijaya says:

    gimana acaranya seruuuu ya????
    pastinya…honda punya!!!!!!!!!
    good job bwat Honda…

  10. ku mau jadi pemblap yamaha….
    bisa ngga…

  11. extensa86 says:

    kegiatan positif seperti ini mesti terus digelar agar tumbuh bibit-bibit baru yg dapat mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional. amiin…!

  12. luar biasaa..! HONDA emang rajanya event! bravo Honda!

  13. goldenboy says:

    kalo Honda yang ngadain mh, pasti seru abiiis…!

  14. siapa yang menjadi juara satunya

    andre

Leave a Reply