Penjualan Honda di PRJ 2010 Tembus 8 Ribu Unit

Jakarta, 13 Juli 2010. Ajang tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2010 yang sudah berlangsung selama sebulan penuh baru saja berakhir. PRJ ditutup secara resmi hari Minggu 11 Juli 2010, namun sehari sebelumnya (Sabtu 10/7/) ada ajang  Miss PRJ yang telah dimenangkan oleh SPG cantik Anggraini. Foto dan liputan Miss PRJ  2010 akan dimuat di media blog www.potretkota.com.

Catatan PRJ sudah tentu adalah penjualan. Terbukti jumlah pengunjung PRJ selalu membludak dan tentu saja dimanfaatkan oleh pemilik stand/booth yang menjual produk-nya dengan gencar. Laporan yang diterima oleh SL.com bahwa booth sepeda motor Honda mencatat penjualan mengesankan selama perhelatan yang digelar satu bulan penuh tersebut.

Booth Honda di PRJ tahun 2001 ini menampilkan beragam motor Honda yang mampu membuat daya tarik pengunjung untuk mampir sekedar melihat-lihat dan akhirnya banyak yang serius melakukan transaksi penjualan. SL.com sendiri sudah beberapa kali datang ke booth Honda ini dan memang selalu ramai dan bahkan sulit mendapatkan sudut pemotretan yang bagus. Lihat tulisan SL.com sebelumnya tentang booth Honda PRJ 2010 disini.

Lampaui Target

Ragam motor Honda yang ditampilkan semua varian, yaitu jenis sport, bebek, hingga motor skutik yang menjadi trend dan diserbu pengunjung PRJ. Terlihat besarnya animo pengunjung PRJ terhadap motor Honda sangat tinggi. Laporan Honda menyebutkan bahwa selama 32 hari PRJ (10 Juni-11 Juli 2010), penjualan motor Honda capai 8.264 unit.

Wauw.. kabarnya angka ini sudah melampaui target penjualan yang telah dicanangkan PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer motor Honda Jakarta-Tangerang. Semula WMS hanya menargetkan angka penjualan selama PRJ 2010 sebanyak 6.000 unit.

Statistik Penjualan

Menurut PT WMS Secara statistik penjualan motor Honda selama PRJ 2010 lebih tinggi 97 % dibandingkan penjualan PRJ tahun 2009, yakni di level 4200 unit. Tingginya penjualan motor Honda makin terlihat di sepekan terakhir PRJ 2010. Pada pekan terakhir, dealer PT Wahanaartha Harsaka yang menjadi pelaksana penjualan motor Honda di PRJ 2010.

Selain PRJ, WMS juga mencatat penjualan mengesankan selama bulan Juni 2010. Bulan lalu, penjualan ritel WMS mencapai 31.934 unit. Angka ini lebih tinggi 58 % dibandingkan Juni 2009, yakni sebanyak 20.237 unit. Secara kumulatif, penjualan ritel WMS semester pertama di 2010 juga mengalami kenaikan dibandingkan periode yang sama tahun 2009. Pada Januari-Juni tahun ini, penjualan WMS tercatat 177.101 unit. Angka ini lebih besar 71% daripada periode sama tahun 2009, yakni 103.580 unit.

Puncak Penjualan

Penjualan Honda 1 minggu terakhir PRJ mencapai 2.318 unit, bahkan pada hari penutupan  (Minggu, 11/7) berhasil membukukan 522 unit dalam 1 hari. Jelas disini dapat dibaca kebiasaan konsumen dimana-mana sama, yaitu mengambil keputusan pembelian menjelang acara ditutup. Pengalaman ini sama dilakukan oleh SL.com, biasanya kunjungan pertama untuk melihat-lihat dan keputusan baru diambil jelang acara penutupan.

Disebutkan pula bahwa Honda Scoopy menjadi motor terlaris selama acara PRJ 2010. Motor skutik bergaya retro ini laris sebanyak 4.361 unit. Penjualan Scoopy memberi kontribusi 53% dari keseluruhan penjualan motor Honda di PRJ 2010. Berarti pendapat SL.com dengan artikel yang ini boleh dibilang benar juga, yaitu Honda Scoopy Laris Manis.

188 unit Honda PCX 125

Sementara itu, motor skutik terbaru yaitu Honda PCX 125 yang sudah pernah dites oleh SL.com (melalui artikel ini) juga mendapat sambutan positif dari masyarakat. Motor skutik Honda bermesin 125 cc yang sarat teknologi mutakhir ini terjual sebanyak 188 unit. Padahal, target penjualannya selama PRJ 2010 hanya 50 unit sejak dirilis 16 Juni lalu.

Secara keseluruhan, seri motor skutik Honda (Beat, Vario, Scoopy, dan PCX) terjual sebanyak 6.591 unit. Angka ini mengambil porsi 80% dari keseluruhan penjualan motor Honda selama PRJ 2010. Namun yang pasti para pengunjung booth Honda memperoleh nilai lebih saat membeli motor Honda selama PRJ, antara lain ada hadiah langsung, hadiah cabutan dan berbagai paket program promosi, yang semuanya tersedia selama PRJ.

Selain beragam hadiah menarik, potongan harga unit motor, spare parts, dan aksesoris lainnya juga tersedia. Bahkan tidak hanya penjualan motor, booth Honda juga menampilkan layanan lainnya selama PRJ 2010. Sebut saja misalnya web corner, trade-in, painting shop, dan cutting machine.

Unsur Edukasi

Honda juga tetap memasukkan unsur edukasi selama acara PRJ 2010 berlangsung dan pemantauan SL.com melihat Safety Riding memang selalu digelar oleh Honda dimana saja. Kids playground menjadi sarana anak-anak belajar sekaligus bermain. Pengunjung juga bisa menjajal Honda Riding Trainer (HRT), simulator cara berkendara yang aman dan nyaman.

Selain itu, untuk enteratinment booth Honda juga menyajikan aksi band-band terkenal tiap akhir pekan. Sejumlah band, seperti Naif, Cokelat, Drive, J-Rocks, Alexa, Utopia, dan lain-lain, tampil bergantian pada Sabtu dan Minggu malam khusus di booth Honda.

SPG Honda Raih Miss Fotogenik PRJ 2010

Di penghujung PRJ 2010, booth Honda terpilih menjadi stand terbaik kedua untuk kategori umum/swasta outdoor.  Penyerahan penghargaan ini dilakukan Minggu malam (11/7) oleh Prijanto, wakil Gubernur DKI Jakarta. Selain itu dalam acara pemilihan SPG terbaik atau Miss PRJ 2010. Wanita cantik Yolanda peserta nomor 10 merupakan SPG Honda yang masuk ke-10 besar untuk pemilihan finalist. Akhirnya ia terpilih sebagai Miss Fotogenik PRJ 2010 Kategori SPG.

Wah.. jangan-jangan angka 8 ribu unit berkah kehadiran SPG Yolanda ya.. :-))

Please follow and like us:

12 thoughts on “Penjualan Honda di PRJ 2010 Tembus 8 Ribu Unit

  1. artikelx mantab bro….oiya,artikel brand yg laen mana nih..??khususx produk non jepun

  2. memang honda gak da matinya dah, yang lain kalah launching produk semua., memang waktu di prj, stand honda udah banyak keunggulannya juga sih,.
    lanjutkan dahh.
    hehe

  3. irvie_cix says:

    Honda memang luar biasa!! Dalam waktu sebulan di PRJ pnjualan bs tembus 8 ribu lebih.. ckckck..

  4. powerpuffgirlz says:

    Goooo Honda, megang banget dah!

  5. selamat yah buat Honda atas penjualannya 🙂

  6. mas stephen……acara nobar motogp sepang blm ada yahhh..
    klo udah ada kabarin secepatnya yah…

  7. Wonderful site and theme, would really like to see a bit more content though!
    Great post all around, added your XML feed! Love this theme, too!

  8. anakalimantan says:

    selamat dan sukses ya buat Honda..

  9. mantabb buat honda .
    sukses terus yaaaa .
    love at the first sight buat scoopy 🙂 hehehe

  10. Derry/donny says:

    wowww……spektakuler penjualan bisa tembus sampai 8 Ribu…
    SUKSES BUAT HONDA…

  11. aank wijaya says:

    wuih…ajieb….hebat bgd!!!!!!!spektakuler bgd…
    jual produk ampe 8 ribu unit hebat neh honda,,,tu baru d’satu tempat…blom dtempat laen….!!!
    10 jempol dagh bwad HONDA!!

Leave a Reply