Q & A Honda PCX 125

Jakarta, 28 Juni 2010. Jika blogger KoBOI (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia) menghadiri sebuah perkenalan produk baru, maka sudah pasti acara tanya-jawab merupakan sesi yang ditunggu-tunggu. Hal yang sama terjadi pada acara “Riding Experience Honda PCX 125 With Blogger” pada hari Sabtu 26 Juni 2010 di Bondies Cafe & Lounge, Jakarta.

Untuk menjawab rasa penasaran para blogger, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen motor Honda pada acara tersebut hadir secara lengkap dengan para eksekutifnya untuk “meladeni” para blogger KoBOI yang dikenal cukup kristis dalam menulis di masing-masing artikel blognya. Untung saja, sebelum masuk dalam sesi tanya-jawab, para blogger lebih dulu dikasih kecempatan untuk menjajal Honda PCX 125.

“Silahkan dicoba dulu motor baru AHM Honda PCX 125-nya, nanti kita kembali lagi diruangan ini dan silahkan bertanya jika masih ada yang penasaran atau kurang jelas,” demikian ajakan Nyoman Kesawa dari HC3 PT AHM.

Honda PCX, singkatan dari Personal Comfort Xaloon adalah motor skutik Honda dengan simbol sebagai motor prestis dan elegan. Singkat kata akhirnya para blogger mendapat kesempatan melakukan uji-coba Honda PCX 125 di jalan umum di sekitar Jakarta Selatan, dan setelah itu para blogger masuk kembali kedalam ruangan bersama eksekutif PT AHM.

Menurut keterangan Julius Aslan, Marketing Director PT AHM bahwa motor ini bakal menjadi flagship Honda sebagai motor skutik masa kini. Setidaknya masyarakat mengenal lebih dalam lagi bahwa brand Honda adalah pemain motor skutik yang memiliki kelas dan target pasar kelas atas.

“Kami punya target penjualan hanya 250 unit per bulan, karena pasar yang dituju adalah pasar kelas premium, dengan harga jual motor Rp. 32 juta. Para konsumen motor Honda PCX 125 ini lebih cocok buat kalangan menengah ke atas yang memiliki jiwa emosional dan ketertarikan dengan motor skutik masa kini,” ujar Julius dalam kata sambutan singkatnya dihadapan para blogger KoBOI.

Usai kata sambutan dari Julius Aslan, acara dilanjutkan dengan pemaparan soal skala penjualan motor Honda di Indonesia yang dijelaskan oleh Agustinus Indraputra selaku GM Marketing Planning PT AH. Menurut pandangan SL.com makin jelas bahwa setiap harga produk motor yang diproduksi oleh PT AHM ternyata masing-masing punya kelas. Dimulai dari kelas 10-15 juta, kemudian kelas 16-20 juta, kemudian kelas 21-25 juta, dan terkahir kelas 30 jutaan.

Yang pasti masing-masing dari setiap produk PT AHM punya target pasar yang berbeda, maka tak heran kalau Honda PCX 125 ini dikenal sebagai motor skutik CBU yang memiliki target pasar kelas premium. Jadi, kehadiran motor skutik Honda PCX 125 jelas tidak bisa dibandingkan dengan motor skutik lainnya yang beredar lebih dulu di Tanah Air.

Setelah Agustinus Indraputra, kini giliran Handy Hariko sebagai Deputy GM Technical Service Division yang memberikan pemaparan secara spesifik keunggulan dan fitur-fitur yang ada dari Honda PCX 125.  Secara ringkas, kelebihan dari Honda PCX 125 adalah:

Memiliki Prestigious Style

  • Tampilan motor skutik sporty, trendy, stylish
  • Lampu depan ganda menyatu dengan bodi
  • Lampu belakang ganda dengan sein terpisah
  • Ban tapak lebar 14 inchi (ban tubeless)

Memiliki Prestigious Comfort

  • Riding position dan jok yang lebar
  • Memiliki console box
  • Isi bensin tak perlu turun dari motor
  • Membuka jok dan buka tangki bensin dengan smart controller switch
  • Ruang bagasi dibawah jok dengan volume 6.2 liter

Memiliki Prestigious Performance

  • Idling Stop System (hemat bensin 51.5 km/liter)
  • Altenator start mesin bersuara halus
  • Teknologi injeksi mesin 125 cc PGM-FI (programmed fuel injection)
  • V-Matic Technology (teknologi sistem transmisi)
  • Mesin ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3
  • Built-in liquid cooled (pendingin cairan)

Memiliki Prestigious Convinience

  • Sistem Alarm otomatis
  • Sistem combi brake hidrolis dengan 3 caliper
  • Suspensi depan dan belakang ganda
  • Intelligent key shutter
  • Side stand switch

Tabel Spesifikasi Honda PCX 125.

Saatnya sesi tanya jawab (Q&A question and answer) yang dipandu oleh Istiyani Susriyati sebagai Head Division HC3 PT AHM. Istiyani memberikan beberapa sesi, kalau tidak salah sampai empat sesi. Masing-masing setiap sesi diisi dengan dua pertanyaan blogger KoBOI. Namun demikian, pertanyaan-pertanyaan yang ingin “dihujani” oleh para blogger, tampaknya sudah kehabisan peluru. Artinya, tidak ada pertanyaan yang membuat ATPM Honda ini sampai menjadi kebingungan.

Q&A Session

Satu persatu setiap pertanyaan dijawab oleh eksekutif AHM dengan jelas dan bergantian. Soal kenapa harus mendatangkan motor CBU dan kapan Honda PCX 125 akan diproduksi di dalam negeri. Dijawab dengan  jelas bahwa motor PCX ini ditujukan untuk kelas premium, dengan target pasar kelas atas. Oleh karena itu, motor ini dibawa dari Thailand.

Untuk lokaliasi atau produksi dalam negeri agar harga menjadi turun, masih akan dipikirkan oleh AHM dengan catatan jika pesanan motor Honda PCX 125 ini sudah mencapai angka 2.000 unit  per bulannya. Namun untuk sementara ini PT AHM punya target penjualan per bulan hanya 250 unit saja, walaupun yang pesan sudah mencapai angka 115 unit (hingga 26 Juni 2010). Kabar terakhir pesanan Honda PCX 125 dari ajang PRJ sudah mencapai 88 unit (Senin 28/6/10).

Singkat kata pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh blogger KoBOI sebenarnya bisa terjawab dengan sendirinya, karena produk Honda PCX 125 ini memang memiliki keunikan dalam strategi pasar yang jelas beda dengan motor skutik yang lain. Ini merupakan suatu terobosan baru dari PT AHM untuk mengangkat dan menjaga brand/image Honda tetap eksis.

By the way, terdengar sejumlah blogger KoBOI ada yang langsung tertarik ingin membeli Honda PCX 125. Katanya ingin menjadi yang pertamax!

Jika pembaca blog ingin bertanya soal Honda PCX 125 silahkan saja tuliskan di kolom komentar dibawah ini. Semoga saja SL.com bisa memberikan jawaban (sebisanya).

PHOTO GALLERY

[nggallery id=141]

Please follow and like us:

11 thoughts on “Q & A Honda PCX 125

  1. pertamaxx..

    mantap bener.. bener2 menunjukkan kelas yang beda..

    salut..

  2. Supra '01 says:

    Kalo dealernya yang mana aja??
    Punya daftarnya??

  3. oww berarti kemaren test drive esklusive alias tertutup yah? hari jumat ke prj,trus orang honda bilang hari sabtu ada test drive pcx di daerah kemang tapi dia lupa nama tempatnya..akhirnya sabtu siang2 saya telusurin sepanjang kemang mulai dari bangka raya sampai de la rosa bolak balik, satu persatu diperhatiin mana nih penampakan pcx..
    eeeh ternyata di bondies toh,itu mah udh masuk ampera ya?ckckck..tapi percuma juga yah klo umum gak bisa coba

    *koq pas test drive di parkiran pada gak pake spion dan perlengkapan berkendara?*

  4. oww berarti kemaren test drive exclusive alias tertutup yah? hari jumat ke prj,trus orang honda bilang hari sabtu ada test drive pcx di daerah kemang tapi dia lupa nama tempatnya..akhirnya sabtu siang2 saya telusurin sepanjang kemang mulai dari bangka raya sampai de la rosa bolak balik, satu persatu diperhatiin mana nih penampakan pcx..
    eeeh ternyata di bondies toh,itu mah udh masuk ampera ya?ckckck..tapi percuma juga yah klo umum gak bisa coba

    *koq pas test drive di parkiran pada gak pake spion dan perlengkapan berkendara?*

  5. satu pertanyaan dunk .
    ada gak yah yang bisa nyaingin pcx ini? heheheh 😀

  6. satu pertanyaan bro .ada gak sih yg lebih canggih dari pcx ini?
    kyanya smuanya udah ada di pcx deh tipe motor idaman pria modern .hehehe

  7. Melihat fitur-fitur canggih yang ada di Honda PCX 125 ini, bagaimana dengan pelayanan servisnya Boss…. Apakah ada bengkel khusus yang menangani motor Skuter mewah ini ? atau bisa service disemua bengkel AHASS ??

  8. widiiiih sesinya sampe siang yah.. aku pulang duluan.. maklum master rem belakang nggak fungsi, sein nggak fungsi.. jadi harus ke bengkel deh

  9. Kok sepintas mirip sama Sky*&ve ya …
    Memang untuk kelas yang berbeda …
    Kelas biker kere mohon maaf 🙁

  10. Aank wijaya says:

    itu yang Q dan A to pa’an ya artinya kagak ngarti gua!!!!!
    tapi salam one heart jha dagh!!!!!!!!
    hehehehehehe….

  11. […] “Riding Experience Honda PCX 125” pada bulan Agustus 2010.  Waktu itu, dalam acara Q & A (Question and Answer) pihak PT AHM sudah janji jika nantinya ada workshop bedah Honda PCX 125 […]

Leave a Reply