Betulkah Honda Scoopy Laris Manis?

Jakarta, 25 Juni 2010. Coba anda iseng-iseng datang ke PRJ (Pekan Raya Jakarta) 2010 yang berlangsung di Kemayoran, Jakarta. Dan mohon anda lebih extra waspada kalau anda ingin datang diakhir pekan, karena pengunjung PRJ 2010 bakal  membludak dan bisa jadi anda  akan mengalami kesulitan parkir jika datang sudah menjelang sore/malam hari.

Kepadatan PRJ tidak seperti biasa, karena disana sebenarnya ada pameran otomotif sepeda motor yang menjadi sumber utama keramaian PRJ secara keseluruhan. Tercatat pabrikan motor Honda, Suzuki, Yamaha, Kawasaki, Minerva, Bajaj, TVS dan juga sejumlah pabrikan helm dan ban sepeda motor meramaikan PRJ 2010 ini. Nah, kalau mau bicara jujur, untuk kali ini booth Honda terasa jauh lebih ramai dan padat pengunjung karena kehadiran motor baru Honda Scoopy 110cc.

Respon Masyarakat Sangat Baik

Respon  warga masyarakat atas kehadiran Honda Scoopy di PRJ sangat tinggi. SL.com sendiri mengalami kesulitan saat mau memotret dengan sudut yang diinginkan karena semua motor display Honda Scoopy dikerumunin orang. Sepertinya ada yang lain, ada sosok motor yang memikat untuk didekati. Foto yang satu ini diambil didepan Bank BNI Jakarta International Expo PRJ Kemayoran sebagai hadiah tabungan Bank BNI.

Menurut kabar dari seorang kenalan yang bekerja di PT Astra Honda Motor (AHM), bahwa motor skutik retro modern Honda Scoopy sudah mendapat pesanan lebih dari angka 6 ribuan sejak diperkenalkan pada tanggal 20 Mei 2010 yang lalu. Angka ini sudah termasuk dengan hitungan pesanan dari calon konsumen selama ajang PRJ 2010 Kemayoran. “Mudah-mudahan data sementara ini bisa menjawab pertanyaan kenapa Honda Scoopy laris manis,” ujarnya yang tak ingin namanya ditulis.

Pesanan selama ajang PRJ saja, disebutkan dengan angka sekitar 3 ribuan. Wah.. berarti dalam waktu sebulan setelah peluncuran resmi, angka total pesanan khusus untuk Honda Scoopy saja sudah mencapai 6 ribuan. Luar biasa! Pesanan dilakukan oleh calon konsumen yang tinggal di Jobodetabek dan beberapa kota besar di Indonesia, seperti Bandung, Medan, Yogyakarta, dan Surabaya. Namun untuk pastinya kita tunggu saja laporan akhir dari data penjualan selama acara PRJ 2010 yang akan berakhir 11 Juli 2010.

Honda Sccopy Motor Retro Modern

Senior General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), Sigit Kumala mengatakan besarnya animo ini menggambarkan adanya kerinduan dari masyarakat terhadap model sepeda motor baru yang memang belum pernah dipasarkan di Tanah Air.

“Honda Scoopy ini merupakan motor retro Honda pertama di Indonesia. Dengan desain retro-modern yang unik nampaknya memberikan jawaban. Kami optimistis, Scoopy tak hanya menciptakan segmen pasar baru tapi akan memberikan kontribusi yang baik terhadap penjualan skutik Honda,” ujarnya.

Sigit menyatakan tampilan Scoopy yang unik dengan tampilan retro-modern ini akan mudah dipercantik dengan memasangkan beragam aksesoris. AHM sedang berupaya melakukan penambahan aksesoris lain seperti jok dan windshield. “Kami berencana menyiapkan paket aksesoris baru setelah tiga bulan nanti,” ungkapnya.

Karena desain dan tampilannya yang unik, kehadiran model sepeda motor baru Honda Scoppy dipasarkan dengan harga Rp13,5 juta on the road DKI Jakarta ini memang diyakini mampu menciptakan segmen motor baru yang belum ada di pasar sepeda motor nasional. Hal ini memang benar terbukti dari sekilas pandang apa yang terjadi di PRJ Kemayoran, dimana terlihat para pengunjung PRJ selalu berdesakan masuk ke booth Honda.

Honda Scoopy Pas Buat Modif

Tiga warna body Scoopy dapat menjadi alternatif untuk mendukung gaya hidup anak muda yang menjadi sasaran utama model baru ini, yaitu Classic white (tampil mewah bergaya klasik), Retro Pink (tampil ceria bergaya retro), dan Vintage Violet (tampil eksklusif bergaya vintage).

AHM juga melengkapi Scoopy dengan kunci pengaman bermagnet otomatis (auto secure keys shutter), tuas pengunci rem (brake lock), dan standar samping otomatis (side stand switch), dan choke otomatis. Sebagai trend-setter skutik retro, AHM membekali Scoopy dengan desain serba membulat yang terlihat hampir di seluruh desain skutik baru ini, yaitu mulai dari bodyline, desain lampu depan, lampu sein, hingga sepasang spion kembarnya.

Lampu bulat Scoopy dilengkapi dengan lampu senja dengan multireflektor yang membuat pencahayaannya terang dan jangkauannya luas.

Dua lampu sein bertekstur yang dipasang terpisah dari bodi, mempertegas kesan retro-modern dan sekaligus membuat Scoopy ini akan mudah dilihat dari arah depan maupun samping.

Untung saja SL.com dan rekan-rekan blogger KoBOI (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia) sudah pernah menjajal motor ini dalam acara “Honda Scoopy Ride Experience With Bloggers” yang berlangsung Sabtu 5 Juni 2010 lalu. Baca juga artikel tentang pengalaman test-ride Honda Scoopy dari SL.com.

Honda PCX 125

Jika tidak ada halangan, SL..com bersama rekan-rekan blogger KoBOI mendapat kesempatan baik menjajal motor skutik Honda PCX 125 yang dikenal sebagai motor baru PT AHM (motor CBU) yang akan berlangsung hari Sabtu, 26 Juni 2010. Nantikan artikelnya.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

15 thoughts on “Betulkah Honda Scoopy Laris Manis?

  1. Perilaku pengunjung di stand PRJ lain-lain. Waktu itu Bodats juga ngomong, pengunjung yang masuk ke Honda untuk beli dan nego kreditan!

    Sementara ada beberapa booth lain, pengunjung terlihat agar ramai untuk foto-foto mejeng bersama motornya (saja).

  2. powerpuffgirlz says:

    Yakin deh ini scoopy bakal jd trend..di daerah saya, yang blm launching dan hanya di pamerkan di mall aja, sudah menyita perhatian dan elusan tangan dari orang2 yang seliweran…emg lucu si scoppy neegh..like it dah..:)

  3. Kayaknya ini bukan Scoopy deh seharusnya. Mungkin sama yang ada di Thailand, yang menurut saya jauh beda sama Scoopy sebenarnya yg spec Jepang. Coba bedain dari foto2 yang ada di atas. Itu bukan Scoopy semua lho… Ada yang Crea Scoopy / Metropolitan (nama buat pasar Amerika). Menurut saya Crea Scoopy/Metropolitan jauh lebih bagus dibanding Scoopy yang di Indonesia.

    Scoopy model Indonesia itu lebih cungkring karena pake velg 14 dan maksa terlihat sporty, yg mustinya bukan scooter yang “Sporty”. Jadi kalopun mau ngambil pasar “Retro” ya ambillah pasar retro… tapi jangan mau pasar “Sporty”nya juga. Dan kalo soal retro, sebenernya apanya yang retro? Sticker2nya gak retro. Lampunya gak retro. Tameng depannya gak retro. Spakbor nya gak retro. Engine cover blakangnya mungkin udah bagus, tapi belakangnya kepotong jadi lancip, which is, jadi gak retro. Mesinnya pun kan seharausnya 50cc Injection. Kok 110cc air cooled? Pertanyaanya, retronya yg dimaksud AHM itu seperti apa? Mungkin belum jelas.

    Tapi yang jelas, di Indonesia ini memang orang diberikan pilihan motor yang sangat sedikit, sangat mahal, dan sangat “murahan”. Tapi apa peduli AHM. Yang penting jual motor apa aja dari jaman dulu, frame nya itu2 aja, rubah2 warna dikit, orang pasti beli. Kenapa gak berani sih bikin Honda Scoopy/Metropolitan yang beneran? Atau Zoomer aja sekalian. Seakan2 ada faktor pembodohan di sini.

  4. Dimanapun acara Honda pasti rame bro…
    Apalagi Motornya….setelah dilihat, dijamin pasti jatuh cinta dehhh

  5. Rezz………..anda sales yamaha ya………….koment lu selalu mgejelekin honda,,,,,,,,,,,,,,,,emang yamaha bisa apa,,,,,,,,,,,,,,,,,tai loe rezz

  6. HONDA MEMANG SELALU LEBIH UNGGUL :pertamax

  7. Memang gaul dan keren… pantes aja kalo banyak peminatnya nih scoopy…

  8. olala…. it’s so cool… pantes aja kalo banyak peminatnya :):)

  9. aank wijaya says:

    yoyoyo…..keren2 bgd modif2nya……….and warnax juga cool abiez!!!!!!!!!!!!,,,,bagi satu duunnkkzzzzz..
    he…he…he…

  10. sepertinya bkal terjual habis ini scoopynya…siap aja AHM buat scoopy yang banyak ya……..kwkwkwkwkwkwkwk

  11. scoopy bentuknya imut banget kayak aku..hhehehehe
    set mode : PD +ON :malu

  12. scoopy emang dahsaaat,anak kecil aja punya……….

  13. scoopy didadaku………..

  14. prtma x akku lyat mottor scoopy d’tv udh trtarikk bgt pengen belli ,akhir’a d’belliin jugga . puuaass bgt dah punya scoopy 🙂

  15. benar REZZ saya juga kecewa dengan scoopy yang ada di indonesia….dalam bayangan saya scoopy yang ditunggu peluncuran sama dengan scoopy yang ada di jepang yang retro abis….eh ternyata sungguh mengecewakan jadi urung untuk membelinya….pokoknya kecewa deh..

Leave a Reply