Sekedar Memberikan Tips Beli Motor Baru

Blogger Alon Rider minta pendapat: Ini cocok nggak sih?

Jakarta, 22 Juni 2010. Sebuah e-mail masuk ke inbox milik SL.com dan setelah dibaca dengan seksama isinya merupakan “curhat” seorang bikers yang merasa kecewa dengan sepeda motor yang ia miliki selama setahun. Ia menjelaskan berbagai kekurangan tentang sepeda motor yang semula ia banggakan, dan singkat kata ia sangat kecewa dengan motornya sendiri.

Alasan kekecewaan-nya berbagai macam, sebut saja antara lain kualitas atau mutu dari produk sepeda motornya, masalah suku cadang (spare-parts), masalah jaringan bengkel, dan yang pasti adalah masalah after sales services-nya, yaitu soal pelayanan sesudah penjualan motor itu terjadi yang mana diperlukan untuk perawatan motor yang dimilikinya.

Memprotes atau Menuntut

Blogger Rebornes minta kepastian: Mantap gak nih?

Lah.. masalahnya motor sudah dibeli dan dimiliki oleh konsumen, kemudian hal ini menjadi salah siapa?

Yang menjadi masalah apakah konsumen bisa protes terhadap pihak penjual? Bisakah konsumen melakukan penuntutan secara hukum kepada pihak penjual? Bolehkah konsumen meminta perbaikan dan pelayanan extra?

Jawaban-nya semua diatas bisa dan diperbolehkan. Sebagai konsumen kitapun seharusnya tidak menjadi “korban” atas produk yang kita beli. Nah, untuk melanjutkan proses protes, menuntut secara hukum, dan minta pelayanan extra (lebih banyak) harus didahului dengan bukti-bukti otentik yang terjadi dilapangan. Konsumen harus bisa mengumpulkan semua bukti atau fakta yang terjadi, barulah proses protes dan penuntutan tadi bisa dilanjutkan.

Hanya masalahnya adalah waktu. Maukah anda menyiapkan waktu untuk melanjutkan proses tadi? Jawabannya berada dipihak konsumen.

Yang pasti pihak produsen sebagai perusahaan besar, apalagi memproduksi sepeda motor untuk tingkat nasional biasanya punya standard operasional dan proses kerja tentang kualitas dan mutu produk. Bahkan mereka punya tim R & D (research and development) untuk mempelajari dengan seksama atas produk yang bakal diluncurkan. Jika memang terjadi sesuatu yang bakal merugikan perusahaan, atau ada pihak-pihak yang akan menuntut secara hukum, maka perusahaan sudah pasti punya tim kuasa hukum.

Wah.. persoalannya memang bakal ribet deh kalau sudah begini, kalaupun konsumen ingin menggunakan YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) sebagai media untuk melakukan protes dan penuntutan, maka kita pun sebagai konsumen harus mempersiapkan data-data yang diperlukan oleh pihak YLKI. Kalau perlu motornya diserahkan dulu kepada YLKI yang harus dipelajari dulu oleh YLKI. Lagi-lagi proses ini memerlukan waktu, dan jelas bakal ribet banget!

Kalaupum kekecewaan ini tetap mau diperjuangkan, ya silahkan. Itupun adalah hak dari setiap konsumen, dan juga merupakan kewajiban dari setiap produsen untuk memberikan pelayanan bagi konsumennya atas produk yang telah dijualnya.

Tips Membeli Motor Baru

Bagaimana solusinya untuk menghindari urusan diatas? Maksudnya jangan sampai ada konsumen baru yang bakal menjadi “korban-korban” berikutnya.Β  Inilah dia soal tips bagaimana konsumen membeli motor baru antara lain:

  1. Pelajari dengan seksama produknya (secara detail)
  2. Pastikan maksud dan tujuan beli motor (buat harian, gaya, balapan)
  3. Diskusikan dengan keluarga dan teman
  4. Tanyakan kepada mereka yang sudah pernah beli (kualitas dan servis)
  5. Pelajari secara seksama nama perusahaan/produsennya
  6. Dapatkan informasi soal after sales servisnya (yang pasti-pasti aja)
  7. Dapatkan referensi melalui media koran atau majalah
  8. Dapatkan referensi “pembanding” melalui milis, blog, website
  9. Dapatkan informasi dari klub motornya (jika sudah ada)
  10. Bandingkan dengan merek lain dan kunjungi pameran motor.
  11. PENTING: Test-ride! Lakukan pengetesan motor tersebut.

Pendapat Orang Lain

Bicara soal harga, model, desain, dan merek yang bakal dipilih adalah subjektifitas dari masing-masing calon konsumen. Setiap orang berhak memberikan penilaian dan pendapat yang berbeda atas sebuah produk. Namun kita perlu menghargai dan menerima setiap pendapat dan masukan dari orang lain, walaupun itu berbeda dengan perasaan atau hati nurani.

Pada akhirnya keputusan pembelian produk menjadi tanggung jawab dari konsumen itu sendiri. Artinya, jika nantinya ada kekurangan/kekecewaan yang muncul dibelakang hari, maka hal itu adalah menjadi tanggung-jawab konsumen. Jangan salahkan siapa-siapa!

Sekedar saran: Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2010 yang berlangsung di Kemayoran adalah tempat yang sangat tepat untuk mendapatkan informasi. Silahkan kunjungi PRJ yang akan berakhir 11 Juli 2010.

Foto gallery dibawah ini adalah beberapa motor yang lagi dipamerkan di PRJ, dan beberapa teman Blogger Jayadi Rebornes, Alon Rider, dan SL.com pun sempat merasakan sensasi duduk di motor baru tersebut. Ya.. walaupun cuma iseng-iseng tapi siapa tau cocok? :-))

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

28 thoughts on “Sekedar Memberikan Tips Beli Motor Baru

  1. Wah, kok saya cocok dengan D-Tracker 250 ya? Baru tahu nih. :mrgreen:

    • suudah sesuai dgn anggaran bro?? pusing kan??

      • beli off the road aja, cuma dipakai ke ladang kok :mrgreen:

      • Bro SL.. boleh tnya dunk!!! itu Suzuki GSX 6R K9 , ATPM nya cuma ngejual warna yg di atas yak??? ga jual varian warna putih ama hitamnya??
        tq

        • Bro Alqa.. pameran is pameran.. terkadang ATPM bawa motor jenis CBU ke pameran buat pajangan/display dengan tujuan bikin rame booth-nya. SL.com tidak bertanya soal harga dan warna produk CBU karena konsumen yg serius motor kelas CBU sangat jarang. Kalau pun ada yang serius biasanya langsung kontak ke dealer ATPM-nya. Harga motor CBU mahal!

          Jika niat mau beli, silahkan catat nomor telpon dealer CBU SUZUKI dari tabel ini.

  2. Very helpful posting bro…saya kok tertarik utk beli si putih yg bro Stephen naikin di foto itu… Tapi kok msh jarang dealer & bengkelnya ya..

  3. nice share nie om…

    tpi kok ga ada gambar motor Yamahanya ya πŸ˜€

    http://www.yamaha-friends.com/

  4. weeeeeeeeeeh
    mantab sekali
    full

  5. yg paling atas gak cocok, kurang tinggi motornya
    cocoknya husqy 125 πŸ˜€

  6. wah artikel yg bner2 bikin orng yg baca sadar untuk ngk keburu nafsu beli motor idamannya..nice post om

  7. arif rakhman a.k.a. penerjemah says:

    terkadang berita-berita mengenai ulasan motor hanya menampilkan keunggulan-keunggulan sebuah produk dari merek tertentu. ini yang membuat calon pembeli yang membacanya langsung tertarik membelinya. sayangnya, begitu sudah dipegang secara nyata, dikendarai, dan diulik-ulik dan didapati ada beberapa kelemahan yang mendasar, kecewa dan kesal sajalah yang didapatkan.

    • Setuju bro.. ulasan biasanya didapat dari data press-release atau tanya jawab saat launching, dan itu sudah pasti yg bagus2 saja. Kulit luarnya saja.

      Nah, blogger berharap dapat kesempatan test-ride utk beberapa hari, kalau perlu touring. Contohnya saja SL.com pernah diundang test-ride di sirkuit Sentul, sirkuit Lippo, atau touring ke Bandung, touring di Minahasa Sulut, dan tentu saja data dan ulasan dari blog SL.com hanya sesuai fakta pada saat itu saja.

      Ngomong2 sekarang kan sudah banyak ATPM yang bikin touring masal keliling Indonesia dengan waktu berhari-hari untuk memberikan kepastian kualitas produknya. Mungkin ini bisa menjadi referensi bagus sebelum kita mutusin beli motor baru.

  8. kalau ulasan motor baru d tabloid kok saya ragu y? kadang terlalu fantastis (bahkan sampe cover tabloid yang bersankutan full bergambar motor tersebut…pernah tahu kan?)

  9. Ade Ersyad says:

    Bro SL… apakah br waktu itu menanyakan, pas di booth kawasaki, motor2 supermotonya yang besar dan kecil itu bagaimana?? dalam hal aftersalesnya, mengingat kedua motor tersebut cukup mahal,a pakah sebanding dengan apa yang kita bayarkan dengan fasiitas yang di berikan ATPMnya.. salam

    • hmm.. gimana ya? soal after-sales tergantung dari kesiapan ATPM-nya.. gak bisa dijamin bakal bisa dilayani oleh semua jaringan bengkelnya.. pastinya utk motor mahal hanya ada di beberapa kota/bengkel tertentu. Sebelum motor di beli sebaiknya ditanyakan dulu kepada pihak penjual dengan sejelas-jelasnya soal after-sales service-nya.

  10. bener bgd bro .referensi dari orang emang yang paling tepat sebelum kita beli motor .
    good tips bro πŸ˜€

  11. mau tanya bro .
    klo ciri ciri fisik motor yang awet tuh gmna yah?
    emang referensi dari orang yang sudah pernah beli emang tepat .tapi lebih puas kan klo bisa mengetahui sendiri? thx

  12. Wah, pas banget nih artikelnya. Thanks ya bro Stephen.

    Kebetulan weekend ini mau baik ke jakarta, mau mampir ke PRJ buat cari motor operasional buat di site lampung. Masih bingung juga milih apa.
    Pertimbangannya harus kuat kaki2nya (beban extra + buat boncengan sama temen kost yang beban extra juga πŸ™‚ ), tenaga harus lumayan kuat karena beban extra, service gampang di daerah, penggunaan sebagian besar buat di dalam kota aja karena ke site ada mobil jemputan, tapi sekali2 harus bisa diajak ke site yang jalannya jelek, nilai jual kembali ga jatuh banget karena ane cuma rencana pake setahun sebelum ane jual lagi.
    Berkaitan dengan hal terakhir, mungkin mau cari kreditan ringan, nanti pas setahun udah ga pake lagi tinggal over kredit.

    Mungkin bro Stephen ada masukan buat ane?

  13. gmna sih mas kita bisa tau ciri2 fisik motor bagus tuh?
    referensi dari orang lain emang paling tepat .
    tp kan lebih puas klo kita tau sendiri .
    so far this good tips .thx πŸ™‚

  14. tambahan sedikit…….
    periksa dengan teliti motor yg akan kita beli, baik kualitas plastik cover body, cetakan mesin, suara mesin dll. soalnya menurut pengalaman & pengamatan dari kualitas cetakan mesin saja bisa terlihat halus atau kasar juga dari cover body (lemah/letoy atau kuat) dan dari salah satu itu saja bisa menjadi indikasi motor tsb bagus atau jelek (nantinya)…….

  15. Bro, sy naksir Kawasaki Athlete nya tp denger2 bengkel resminya jarang ya ? dan harga jual kembalinya jg jatuh ya ? Rencananya sy mau buat harian, sebaiknya ambil atau cari merek lain aja ya Bro ? thx ya atas masukkannya ….

  16. z x emang top daah

  17. Aank wijaya says:

    gmn caranya dari km????
    kayag pinter amat sigh pilih”….
    mau au jadi murid km gmn?????
    boleh ga????
    byar pas aku moo beli bagus pilihanku!!!!
    haseeek tu kan!!! :2thumbup

Leave a Reply