Sekilas Indonesian Series Of Motorsport 2010 Round-3

21 Juni 2010. Seru dan berkesan! Itulah pandangan penulis blog SL.com ketika menyaksikan balapan mobil tingkat nasional “Indonesian Series Of Motorsport 2010 Round 3” (ISOM 2010-3) yang berlangsung hari Minggu, 20 Juni 2010 di Sirkuit Sentul, Jawa Barat. Balapan diikuti oleh pembalap kawakan tingkat nasional, senior, dan pemula.

Race program yang dibuat oleh pihak panitia sirkuit Sentul lumayan padat, balapan dimulai pukul 09.00 WIB dengan jumlah perlombaan racing sebanyak sembilan race yang diikuti oleh berbagai kategori, antara lain VW Car Race, Mercedes-Benz Car Race, Honda Jazz Speed Challenge, GT Radial BMW Alta Touring Championship, Retro Car Race, GT Radial Touring Championship, Indonesian Classic Race Championship, GT Radial Super Touring Car, dan GT Radial Super Car Championship.


SL.com sayang datang ke Sentul agak terlambat, sehingga dua balapan pertama tak dapat diliput secara langsung, yaitu kelas VW Car dan Mercedes Benz Car yang banyak diikuti oleh anak-anak klub mobil VW, dan Mercedes Benz. Padahal kedua kelas ini, balapan diikuti oleh mobil unik yang mampu berlari kencang menjajal lintasan Sirkuit Sentul.

Cuaca hari itu di kawasan Sentul lagi cerah, dan udara pun sangat panas. Para peserta harus mempersipkan ban yang pas, dan yang juga membawa air minum selama di lintasan. Memang benar-benar lagi panas banget hari itu.

Namun demikian, untung saja SL.com tidak terlambat menyaksikan balapan yang sangat seru yaitu Honda Jazz Speed Challenge. Ternyata mobil Honda Jazz lumayan memukau ketika melewati tikungan di Sentul. Manuver mobil ini terlihat sangat kencang dan lincah.

Kemudian tak kalah seru ketika menyaksikan balapan dikelas BMW dengan sebutan GT Radial BMW Alta Touring Championship. Pada balapan ini seluruh pembalap pakai mobil BMW dengan kelir warna-warni cerah sehingga lintasan Sentul jadi semarak. Ketangguhan mobil BMW benar lagi diuji.

Retro Car Race juga tak kalah menarik penampilan mobil buatan tahun 1980-an seperti Toyota DX, Mitubishi Lancer, Nissan, Datsun, Daihatsu, Alfa Romeo dan masih banyak lagi mobil jaman dulu yang sempat ngetop diajang rally dan slalom. Peminat di kelas ini sangat banyak, terlihat barisan mobil retro saat digaris start. Wuih.. panjang banget!

Sekitar pukul 13.00 adalah gelaran acara  Opening Ceremonial “Indonesian Series of Motorsport Road 2010 – Round 3” yang dihadiri oleh sejumlah para petinggi, antara lain mewakili pihak pengelola lintasan Sirkuit Sentul, kemudian mewakili pihak sponsor GT Radial, Media, dan juga para pembalap kelas utama.

Disaksikan oleh media, dan kata sambutan diberikan oleh masing-masing pihak dan sekaligus pelepasan balon sebagai tanda resminya balapan ISOM 2010-3 ini.

Balapan kerjurnas (Kejuaraan Nasional) kelas Touring Car, dengan sebutan GT Radial Touring Car Championship mungkin salah balapan yang paling menarik. Ada tiga pembalap kelas master saling bersaing dengan “sangat ketat”, yaitu Roy Haryanto dari Tim HSC Djarum Black yang dikepung atau dikawal secara ketat oleh Danindro Arionindito dan Sunny T.S keduanya dari tim hijau Petronas Honda Jakarta Center. Akhirnya pembalap Roy Haryanto yang menjadi juara pertama.

Kalau menyukai mobil klasik atau mobil kuno, jangan heran melihat mobil lawas ikutan balap. Tak tanggung-tangung ada mobil VW tahun 1960 ikut pula dijajal di lintasan sirkuit Sentul. Ya mereka adalah anggota PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia) ikut meramaikan balapan ISOM 2010-3 bertajuk Classic Car Race.

Lumayan.. Sentul akhirnya jadi makin rame, lagian mobil yang ikut serta memang sudah kuno (red=klasik).

Pada bagian akhir sebelum SL.com meninggalkan lintasan balap Sirkuit Sentul, masih ada dua balapan yang tersisa, namun demikian hanya satu balapan yang bisa disaksikan, yaitu GT Radial Super Touring Car Championship. Pada seri ini, balapan akhirnya dimenangkan oleh Fitra Eri dari Garda Oto TOP 1 Racing Team dengan mobil Toyota Yaris.

Fitra Eri yang start dari urutan ke-tiga akhirnya bisa meninggalkan Robert Paul dari Garden Speed TOP 1 Racing Team (Nissan Primera), dan Harry Pahlawan dari R Speed (Honda Ferio). Akhirnya, Fitra Eri dinobatkan sebagai juara utama Kejuaraan Nasional kelas Super Touring Car Championship 2010 Round 3.

GT Radial Indonesian Series of Motorport 2010 Round 3

Oh ya.. kalau belum puas dengan artikel ini, silahkan klik Umbrella Girls Part-1 dan Umbrella Girls Part-2 untuk melihat gadis-gadis cantik bohay, aduhai, dan seksi dengan pakaian ketat.


Please follow and like us:

One thought on “Sekilas Indonesian Series Of Motorsport 2010 Round-3

Leave a Reply